Notifikasi

Tahukah Kamu? Kelebihan dan Kekurangan Pancasila pada Masa Orde Baru


Kali ini admin akan membahas materi tentang kelebihan dan kekurangan Pancasila pada masa orde baru, untuk itu mari disimak yaa..
Dengan ambisi kamu untuk melakukan isi dari Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam orde baru.
Motivasi hal yang demikian timbul berdasarkan pengalaman sejarah dari pemerintahan yang sebelumnya.
Penerapannya pun berdasarkan kelebihan dan kelemahan Pancasila pada masa orde baru dimana kamu patut meluruskan hal – hal yang sudah tidak bagus.

Kelebihan Pancasila Pada Masa Orde Baru


1.Lebih baik untuk banyak orang

Sering kamu melihat sebagai bentuk pemerintahan yang lebih adil dan kurang sewenang – wenang.
Sampai taraf tertentu, ini mencegah skenario seperti minoritas yang akan kuat mengeksploitasi mayoritas yang akan kehilangan haknya.

2.Desentralisasi kekuasaan

Tidak ada orang termasuk kamu yang banyak memegang kekuasaan sehingga dapat dikurangi taraf tertentu dengan kontrol informasi contohnya media yang menggunakan banyak kekuatan politik di sebagian negara demokrasi

3.Mempromosikan rasa keterlibatan

Banyak dari warga Indonesia dan salah satunya kamu yang merasa bagian aktif dalam masyarakat yang berarti keuntungan pancasila pada masa orde baru ini memberikan kekuatan yang jelas dan berdampak besar.

Kelemahan Pancasila Pada Masa Orde Baru

1. Kurangnya pengetahuan antara orang – orang

Karenanya adanya orang – orang yang memiliki kekuatan untuk memilih penjabat ke kantor, mereka akan sering tidak diberitahu tentang isu – isu politik dengan cara yang seharusnya sehingga menjadi tidak relevan.
Sehingga kamu pun harus berjuang lebih keras untuk meluruskannya.

2. Sulit menghindari kekurangan

Memang bukanlah sistem yang sempurna karena posisi pemerintahan yang didasarkan pada jangka pendek juga terfokus tidak akan bekerja untuk pertumbuhan warga indonesia.
Sehingga setidaknya kamu bisa meminimalisir kerugian.

3. Eksploitasi minoritas

Untuk alasan ini, kekurangan pancasila pada masa orde baru perlu diperhatikan keseimbangan pemerintahan dengan struktur yang demokratis yang dapat mencegah eksploitasi mayoritas.
Untuk itu pentik bagi kamu untuk menjaga kerukunan satu sama lain.
Kecenderungan orde baru dalam memandang Pancasila sebagai doktrin yang komprehensif terlihat pada anggapan bahwa ideologi kelebihan dan kelemahan Pancasila pada masa Orde Baru harus ditangani melalui upaya indoktrinasi yang terpusat.

Akhirnya pandangan tersebut juga bermuara pada keadaan yang merasa benar tahu apa yang benar dan apa yang salah bagi masyarakat Indonesia.
Pendidikan PPKN
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.