Notifikasi

Wajib Tau, Macam-Macam Bukti Transaksi dan Contoh Nota Kontan

Kali ini kita akan mambahas beragam tipe teladan bukti transaksi seperti kwitansi, Nota Kontan, Faktur ( Invoice ), Nota Kredit , Nota Debet, Cek (Cheque) dan banyak lagi lainnya. Selamat membaca

Macam – Macam Bukti Transaksi

Dibawah ini kami akan memberikan teladan beragam-tipe format dari bukti transaki, lengakap dengan penjelasanya dan juga contohnya.

Nota Kontan

Nota Kontan adalah sebuah bukti pembayaran atau dokumen pembayaran yang dikeluarkan oleh penjual terhadap pembeli. 



Lembaran pertama atau autentik akan disimpan oleh pembeli walaupun lembaran kedua atau copy-anya akan disimpan oleh penjual sebagai bukti transaksi atas penjualan barang secara tunai.

Dalam nota kontan memuat sebuah kabar mengenai hal-hal sebagai berikut:

Nama perusahaan/nama warung sebgai yang mengeluarkan nota
  • Nomor nota
  • Tanggal transaksi
  • Tipe barang
  • Jumlah barang yang diambil/dibeli
  • Harga satuan barang
  • Jumlah harga

Nota Kredit


Nota Kredit ialah sebuah bukti transaksi penerimaan barang yang sudah dipasarkan atau pengambilan barang. 
Nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual, salah satu fungsi dari nota kredit ini ialah sebagai alat persetujuan dari pihak penjual atas permohonan pengurangan harga yang dipinta oleh pihak pembeli sebab barang yang diterima mengalami kerusakan atau tak cocok dengan apa yang diorder oleh pembeli.


Kwitansi

Kwitansi ialah ialah sebuah bukti dari transaksi pada saat penerimaan sejumlah uang. Kwitansi ini dijadikan dan ditanda tangani oleh pihak penerima uang lalu kemudian diserahkan kepada yang melaksanakan pembayaran.

Lazimnya kwitansi terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama akan dikasih kepada pihak yang membayar sebagai buktin pencatatan pengeluaran uang, sedang bagian yang kedua dapat dijadikan sebagai bukti pencatatan penerimaan uang.

Faktur atau Invoice

Invoice atau Faktur merupakan sebuah pernyataan tertulis mengenai barang yang sudah dijual, baik dalam jumlah dan harganya. 


Faktur dikeluarkan oleh penjual terhadap pembeli. Salah satu fungsi dari faktur merupakan sebagai bahan pertimbangan pembeli dalam meneliti kembali akan barang-barang yang sudah dibelinya.

Bukti faktur ini juga dibutuhkan jika nantinya akan terjadi retur pembelian atau retur penjualan. Faktur dibedakan kedalam dua variasi, merupakan faktur pembelian dan faktur penjulan.

Untuk pihak pembeli, faktur yang diterima merupakan faktur pembelian, begitu pula bagi penjual, faktur yang ada ditangannya merupakan faktur penjualan barang dagangannya.

Nota Debet


Pengertian Nota debet yakni dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga terhadap pihak penjual atau bukti yang berisi berita yang menyuarakan perihal pengiriman kembali barang yang tak cocok dengan pesanan (rusak).

Nota debet yakni pemberitahuan atau perhitungan yang dikirimkan suatu perusahaan atau badan usaha terhadap konsumennya, bahwa akunnya sudah di debet dengan jumlah nominal tertentu. Nota debit dihasilkan oleh pihak pembeli.

Hal-hal yang tercantum pada nota debit dan nota kredit pada prinsipnya yakni sama, cuma terdapat perbedaan pada berita yang tercantum di dalam masing-masing nota.

Bukti Memorandum

Pengertian Bukti memo adalah bukti transaksi yang dijadikan oleh pimpinan perusahaan atau orang yang diberi wewenang untuk suatu kejadian-kejadian yang berlangsung didalam internal perusahaan bersangkutan. Figur memo seperti untuk mencatat gaji pegawai yang masih harus dibayar pada akhir jangka waktu.

Bilyet Giro

Pengertian Bilyet Giro adalah sebagai surat instruksi untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah suatu bank ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain (berbeda).

Perlu diingat bahwa penerima bilyet giro tak dapat menukarkannya dengan uang tunai kepada bank yang bersangkutan. Namun dapat menyetorkan bilyet giro kepada bank untuk menambah simpanan di rekeningnya.


Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.