VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

Apabila Kita Lupa Tasyahud Awal Dan Ingat Setelah Berdiri Maka Kita Disunahkan

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran B. Arab pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Ketika Melaksanakan Salat Dan Mengalami Kelebihan Dalam Jumlah Rakaat, Maka Disunahkan Untuk

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Ketika Lupa TASYAHUD AWAL saat Sholat| Best Moment #IslamItuIndah (8/3/21) - Ketika Melaksanakan Salat Dan Mengalami Kelebihan Dalam Jumlah Rakaat, Maka Disunahkan Untuk jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Ketika Melaksanakan Salat Dan Mengalami Kelebihan Dalam Jumlah Rakaat, Maka Disunahkan Untuk Semangat Belajar Sob !!


Ketika Lupa TASYAHUD AWAL saat Sholat| Best Moment #IslamItuIndah (8/3/21) - Apabila Kita Lupa Tasyahud Awal Dan Ingat Setelah Berdiri Maka Kita Disunahkan

SantuySamaSaya #BestMomentTransTV.

Jawaban 1 : Ketika Melaksanakan Salat Dan Mengalami Kelebihan Dalam Jumlah Rakaat, Maka Disunahkan Untuk


Jawaban:
Pertama, jika kasus lupanya berupa kelebihan rakaat, maka dia langsung wudhu dan sujud sahwi. Karena fungsi sujud sahwi di sini adalah menghina setan. Demikian keterangan Syaikhul Islam dalam Majmu' al-
Fatawa.
Penjelasan:
Kami jelaskan bahwa bila dalam solat terdapat keraguan dalam jumlah rekaat baik kekurangan atau pun kelebihan jumlah rekaat, maka bisa melaksanakan sujud sahwi.
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena meninggalkan pekerjaan atau bacaan tertentu dalam sholat.
Kami jelaskan bahwa bila dalam solat terdapat keraguan dalam jumlah rekaat baik kekurangan atau pun kelebihan jumlah rekaat, maka bisa melaksanakan sujud sahwi.
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena meninggalkan pekerjaan atau bacaan tertentu dalam sholat.
Hal-hal yang menyebabkan sujud sahwi adalah karena lupa dan meninggalkan sunnah ab'adh (bila dilakukan secara sengaja maka sholatnya batal) atau ragu-ragu bilangan rakaat shalat.
Jika seseorang ragu-ragu terhadap rakaat sholat maka yang ditetapkan ialah rakaat yang jumlahnya lebih sedikit.
Dari Ibni Mas`ud ra. Bahwa Rasulullah SAWb  "
Bila kamu lupa dalam shalat, maka sujudlah dua kali (sujud sahwi)" (HR. Muslim)"
Bila seseorang merasa ragu dalam shalatnya, dan tidak tahu sudah berapa rakaat, tiga atau empat, maka hendaklah membuang ragunya itu dan lakukan apa yang diyakini. Kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam." (HR. Muslim)
Cara sujud shawi sama dengan sujud pada umumnya. Jumlahnya sebanyak dua kali diselingi duduk diantara dua sujud.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Sujud sahwi
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena sebab-sebab berikut ini
Tertinggal rakaat karena lupa keduan ada yang mengingatkannya setekah shalat
Apabila sebab sujud sahwi karena kurang rakaat karena lupa, maka cara melakukannya adalah melengkapi rakaat yang masih kurang kemudia sujud sahwi di akhir shalat sebelum salamفَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ
Artinya“
Lalu beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar