Berikut Adalah Faktor Eksternal Kemunduran Belanda Di Nusantara Kecuali

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Sejarah pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Keruntuhan Voc Di Indonesia

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang #GaskeunBelajar : SEJARAH - Perkembangan Islam di Indonesia dan Masuknya Kolonialisme Eropa - Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Keruntuhan Voc Di Indonesia jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Keruntuhan Voc Di Indonesia Semangat Belajar Sob !!


#GaskeunBelajar : SEJARAH - Perkembangan Islam di Indonesia dan Masuknya Kolonialisme Eropa - Berikut Adalah Faktor Eksternal Kemunduran Belanda Di Nusantara Kecuali

Jawaban 1 : Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Keruntuhan Voc Di Indonesia


Jawaban:
Faktor-faktor penyebab keruntuhan voc di indonesia 1.
Besarnya hutang VOC

 2. Banyaknya korupsi di antara pegawai VOC. 

3. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membayar tentara 4.
Berkurangnya keuntungan dari perdagangan rempah-rempah
Pembahasan:
VOC atau singkatan dari Vereenigde Oost-
Indische Compagnie, adalah Perusahan Dagang Hindia Belanda. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1602 setelah suksesnya ekspedisi ke Indonesia oleh Cornelis De Houtman.
VOC awalnya menjadi perusahaan yang sangat menguntungkan bagi bangsa Belanda. Namun kemudian bangkrut karena kerugian akibat maraknya korupsi di kongsi dagang itu. Setelah VOCs resmi dibubarkan, wilayah kekuasaannya menjadi langsung di bawah Pemerintahan Belanda.
Penyebab utama mengapa VOC sangat rawan korupsi adalah karena lokasi penempatan karyawan VOCyang jauh dari Belanda dan karena karyawan VOCd sangat sedikit. Akibatnya, pengawasan pegawai yang melakukan korupsi tidak ada dan terjadi penyalahgunaan fasilitas VOC  seperti kapal dan gudang, oleh pejabat tinggi untuk kepentingan bisnis pribadi.
Selain korupsi, kerugian VOCj disebabkan karena keuntungan dari perdagangan rempah-rempah selalu berkurang. Pada awalnya, VOC bisa mendapat keuntungan besar dari monopoli karena rempah-rempah hanya tumbuh di kepulauan maluku yang di kuasai VOC Namun, Inggris dan Perancis berhasil menyelundupkan biji rempah-rempah dan menanamnya di koloninya. Ini membuat monopoli VOC hancur dan keuntungan VOC menurun.
Karena keuntungan yang menurun, VOCk membiayai tentara bayaran dan perawtan berbagai benteng dan armada kapalnya, yang membuat kebangkrutan VOC. VOC akhirnya dibubarkan pemerintah Belanda pada 31 Desember 1799, dan wilayah jajahannya diambil alih langsung oleh pemerintah Belanda.
Kode: 11.3.1
Kelas: X
I
Mata Pelajaran: I
P
S/
Sejarah
Materi: Bab 1 - Bangsa Eropa di Indonesia
Kata Kunci: Bankrutnya VOC

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter