Bintang Sila Ke Berapa

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran PPKn pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Sebutkan Urutan Sila Dan Bunyi Sila Dari Lambang Pancasila

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Lambang Pancasila - Makna dari 5 Lambang Sila Pancasila - Sebutkan Urutan Sila Dan Bunyi Sila Dari Lambang Pancasila jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Sebutkan Urutan Sila Dan Bunyi Sila Dari Lambang Pancasila Semangat Belajar Sob !!


Lambang Pancasila - Makna dari 5 Lambang Sila Pancasila - Bintang Sila Ke Berapa

Lambang Pancasila - Makna dari 5 Lambang Sila Pancasila Indonesia adalah sebuah negara dengan wilayah yang luas.

Jawaban 1 : Sebutkan Urutan Sila Dan Bunyi Sila Dari Lambang Pancasila


Jawaban:1. Lambang Pancasila
Dalam situs resmi Badan Intelijen Negara (BIN) , Pancasila merupakan dasar negara. Lambang negara Indonesia berbentuk Burung Garuda. Pada bagian Burung Garuda terdapat 5 lambang Pancasila. Berikut lambang Pancasila: 

 a. Bintang
Bintang melambangkan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Lambang bintang tersebut dianggap sebagai sebuah cahaya, seperti cahaya kerohanian yang dipancarkan oleh Tuhan kepada setiap manusia.
Di bagian bintang, terdapat latar berwarna hitam. Latar tersebut melambangkan warna alam yang asli yang memiliki Tuhan, bukanlah sekadar rekaan manusia, tetapi sumber dari segalanya dan telah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada. 

 b. Rantai
Rantai melambangkan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai tersebut terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. 

 c. Pohon Beringin
Pohon Beringin melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin merupakan pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat berteduh di bawahnya.
Hal tersebut dikorelasikan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah naungan Negara Indonesia. Tak hanya itu saja, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

d. Kepala Banteng
Kepala Banteng melambangkan sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Kepala Banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan. 

 e. Padi dan Kapas
Lambang tersebut melambangkan sila ke lima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Lambang tersebut dianggap dapat mewakili sila kelima, karena padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yakni pangan dan sandang, sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran. Hal itu sesuai dengan tujuan utama dari sila kelima ini.

Nya Jan Tengok Aja Yaa Njing

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter