Hewan Endemic Yang Terdapat Di Provinsi Kalimantan Timur Adalah

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran PPKn pada tingkat Sekolah Dasar apakah pertanyaan tentang Tuliskan 3 Hewan Khas Kaltim​

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Si Burung Cantik Endemik Pulau Kalimantan - Tuliskan 3 Hewan Khas Kaltim​ jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Tuliskan 3 Hewan Khas Kaltim​ Semangat Belajar Sob !!


Si Burung Cantik Endemik Pulau Kalimantan - Hewan Endemic Yang Terdapat Di Provinsi Kalimantan Timur Adalah

Di alam ini banyak sekali jenis burung dengan keunikan dan ciri khas tersendiri. Akan tetapi banyak juga burung yang saat ini populasinya menurun dan sudah ...

Jawaban 1 : Tuliskan 3 Hewan Khas Kaltim​


Jawaban:

1.bekatan                 

2. trenggiling malaya                 

3.macan dahan 

Penjelasan: 

1. Bekantan
Bekantan merupakan salah satu hewan endemik penghuni pulau Kalimantan. Hewan yang memiliki nama ilmiah Nasalis Larvatus ini mirip dengan monyet. Perbedaan terletak pada bagian hidung Bekantan yang jauh lebih panjang dan besar dibandingkan monyet.
Habitat dari primata berhidung besar ini ada di hutan bakau, rawa dan hutan dekat pantai Kalimantan. Makanan yang biasa dikonsumsi Bekantan antara lain buah, biji-bijian, dan dedaunan. Hewan ini memiliki ukuran 75 cm dan berat mencapai 24 kg untuk Bekantan Jantan. Sedangkan untuk Bekantan Betina hanya berukuran 60 cm dengan berat 12 kilogram. 

 2. Trenggiling Malaya
Trenggiling Malaya merupakan salah satu hewan yang tergolong unik. Kalimantan Timur memiliki lahan hutan yang luas, maka dari itu habitat dari Trenggiling Malaya ada di Kalimantan Timur.
Lidahnya yang panjang membuat hewan ini mudah dalam memperoleh makanan. Lidah yang dijulurkan dapat mencapai sepertiga panjang tubuhnya. Trenggiling biasa memakan serangga khususnya semut.  
Mamalia lucu ini sudah masuk dalam daftar Convention on International Trade in Endangered SpeciesCITES) tahun 2008. 3. Macan Dahan
Macan Dahan dapat dikatakan sebagai hewan endemik Kalimantan. Macan ini tidak memiliki hubungan kerabat dengan macan tutul. Kucing liar berukuran cukup besar ini diberi nama ilmiah Neofelis Diardi. Ia dipisahkan dari Neofelis Nebulosa, spesies kerabat dekatnya pada tahun 2006.
Hewan ini mempunyai berat sekitar 12- 25 kilogram serta panjang tubuh sekitar 90 cm dan memiliki gigi taring sepanjang 2 cm. International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) pada tahun 2008 mengatakan hewan ini terancam punah, dengan ukuran populasi efektif total diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter