Notifikasi

Musik Yang Berkembang Secara Universal Karena Memiliki Standar Estetika Yang Baku Adalah Musik

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Seni pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Musik Modal, Tonal, Dan Atonal?

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Pengantar Estetika Modern & Posmodern - Apa Yang Dimaksud Dengan Musik Modal, Tonal, Dan Atonal? jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Musik Modal, Tonal, Dan Atonal? Semangat Belajar Sob !!


Pengantar Estetika Modern & Posmodern - Musik Yang Berkembang Secara Universal Karena Memiliki Standar Estetika Yang Baku Adalah Musik

Jawaban 1 : Apa Yang Dimaksud Dengan Musik Modal, Tonal, Dan Atonal?


Mapel: Seni musik
Kelas: 11 SMA
Kategori: Jenis-jenis musik
Kata kunci: musik modal, musik tonal, musik atonal

Pembahasan:

1. Musik modal
Musik modal adalah karya musik yang berasal dari satu jajaran nada dengan jarak interval tertentu dan masing-masing not tangga nadanya tidak memiliki hubungan khusus kecuali nada dasar yang merupakan pusat (finalis).
Ciri ciri musik modal yaitu : memiliki pusat nada yaitu nada dasar, bersifat monofon, masing-masing not tangga nadanya tidak memiliki hubungan khusus, menggunakan tangga nada pentatonic dan bersifat horizontal.
Musik Modal memiliki 7 Tangga nada : Ionian, Dorian, Frigia, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan mode Locrian. Masing-masing tujuh skala modal terdiri dari pengaturan tertentu dari nada diatonis dari satu oktaf.## Contoh musik modal : Iringan gereja, Musik monofon abad ke-7 yang namanya "
Lagu Gregorian",
Karya Claude Debussy yang berjudul "
Epigraphes Antique", Karya Franz Schubert yang berjudul "
Fruhlingstraum".

2. Musik Tonal
Musik Tonal merupakan sistem musik yang memandang bunyi secara vertikal dan horizontal, memiliki pusat nada yang di dengar atau dirasakan. Hal ini berarti suatu rangkaian not tidak hanya memiliki hubungan secara horizontal saja setiap not itu tidak berdiri sendiri, memiliki Tanga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis minor.
Karakteristik musik : Polifonik/banyak suara, Vertikal dan horizontal, Ada iringan, Harmonis, tidak memiliki nada dasar, sistem 12 nada.## Contoh Musik Tonal : Musik klasik (Fur Elise karya Beethoven, Don Giovanni karya mozart), musik jazz3. Musik Atonal
Musik atonal merupakan musik yang ditulis dan dimainkan tanpa memperhatikan setiap kunci tertentu. Musik yang tidak memiliki nada spesifik, tidak dalam kunci spesifik dan karena itu tidak memilki not induk atau kord spesifik.
Karakteristik Musik :tidak memiliki nada dan kunci spesifik, tidak memiliki akor, tidak enak didengar jika dimainkan oleh orang yang bukan ahlinya## Contoh Musik atonal: Musik abad kedua puluh (Histoire du Soldat)

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Pendidikan Sekolah Menengah Atas Seni
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.