Notifikasi

Partikel Inti Atom Yang Tidak Bermuatan Adalah

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Kimia pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Partikel Bermuatan Positif Yang Terdapat Dalam Inti Atom Adalah?

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang PARTIKEL PENYUSUN ATOM (isotop, isoton, isobar & isoelektron) - Partikel Bermuatan Positif Yang Terdapat Dalam Inti Atom Adalah? jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Partikel Bermuatan Positif Yang Terdapat Dalam Inti Atom Adalah? Semangat Belajar Sob !!


PARTIKEL PENYUSUN ATOM (isotop, isoton, isobar & isoelektron) - Partikel Inti Atom Yang Tidak Bermuatan Adalah

Video ini berisi penjelasan lengkap dan contoh-contoh soal tentang partikel penyusun atom, cara menentukan nomor atom, ...

Jawaban 1 : Partikel Bermuatan Positif Yang Terdapat Dalam Inti Atom Adalah?


Mata pelajaran : Kimia
Kelas : X SMA
Kategori : struktur atom
Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP : 10.7.2
Kata kunci : partikel sub atomik, proton
Jawaban :
Partikel bermuatan positif yang terdapat di dalam inti atom disebut proton. Selain proton, di dalam inti atom juga terdapat partikel tidak bermuatan yang disebut neutron.
PEMBAHASAN: 
Atom merupakan bagian terkecil penyusun unsur. Menurut teori atom Bohr, suatu atom terdiri dari dua bagian yaitu inti atom dan kulit atom. Di dalam inti atom terdapat dua partikel yaitu proton dan neutron. Partikel proton adalah partikel yang bermuatan positif sedangkan neutron adalah partikel tidak bermuatan (netral). Pada kulit-kulit atom terdapat elektron yang mengelilingi inti atom. Partikel proton, neutron dan elektron di dalam suatu atom disebut partikel sub atomik.
Di dalam satu atom, jumlah proton dan elektron harus sama agar atom berada dalam keadaan netral. Oleh karena itu, di dalam inti atom harus ada neutron yang bertujuan menjaga agar proton dan elektron tidak saling tarik menarik. Jumlah proton dan jumlah elektron dalam atom dapat ditentukan dari nomor atom suatu unsur. Sedangkan jumlah neutron ditentukan dari selisih massa atom dengan nomor atom.
Sebagai contoh 11
Na23 artinya unsur natrium memiliki nomor atom 11 dan massa atomnya 23. Di dalam inti atom terdapat 11 proton dan 12 elektron dan di kulit atom terdapat 11 elektron.(SL).

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Jawaban 2 : Partikel Bermuatan Positif Yang Terdapat Dalam Inti Atom Adalah?

materi: struktur atom kelas: x jawaban partikel yang bermuatan positif disebut dengan proton.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Kimia Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.