Penampilan Musik Daerah Berkaitan Dan Menyatu Dengan Pertunjukan Tari, Digunakan Sebagai

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Seni pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang #.Penampilan Musik Daerah Di Indonesia Sering Berkaitan Dengan Musik Tradisi. Penampilanmusik Daerah Kadang-kadang Menyatu Dengan Pertujukkan Tari, Digunakan Sebagaipengiring Dalam Upacara-upacara Adat Dan Sebagai Ilustrasi Pergelaran Teatertradisi Dan Lain Sebagainya. Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Fungsi Musik Bagi Masyarakatadalah Sebagai.........Tolong Bntu Iyh Tpi Jngan Ngasalokhiy Please

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Pertunjukan Musik Tradisional yang Mengiringi Tarian dan Teater || Seni Budaya - #.Penampilan Musik Daerah Di Indonesia Sering Berkaitan Dengan Musik Tradisi. Penampilanmusik Daerah Kadang-kadang Menyatu Dengan Pertujukkan Tari, Digunakan Sebagaipengiring Dalam Upacara-upacara Adat Dan Sebagai Ilustrasi Pergelaran Teatertradisi Dan Lain Sebagainya. Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Fungsi Musik Bagi Masyarakatadalah Sebagai.........Tolong Bntu Iyh Tpi Jngan Ngasalokhiy Please jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang #.Penampilan Musik Daerah Di Indonesia Sering Berkaitan Dengan Musik Tradisi. Penampilanmusik Daerah Kadang-kadang Menyatu Dengan Pertujukkan Tari, Digunakan Sebagaipengiring Dalam Upacara-upacara Adat Dan Sebagai Ilustrasi Pergelaran Teatertradisi Dan Lain Sebagainya. Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Fungsi Musik Bagi Masyarakatadalah Sebagai.........Tolong Bntu Iyh Tpi Jngan Ngasalokhiy Please Semangat Belajar Sob !!


Pertunjukan Musik Tradisional yang Mengiringi Tarian dan Teater || Seni Budaya - Penampilan Musik Daerah Berkaitan Dan Menyatu Dengan Pertunjukan Tari, Digunakan Sebagai

Jawaban 1 : #.Penampilan Musik Daerah Di Indonesia Sering Berkaitan Dengan Musik Tradisi. Penampilanmusik Daerah Kadang-kadang Menyatu Dengan Pertujukkan Tari, Digunakan Sebagaipengiring Dalam Upacara-upacara Adat Dan Sebagai Ilustrasi Pergelaran Teatertradisi Dan Lain Sebagainya. Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Fungsi Musik Bagi Masyarakatadalah Sebagai.........Tolong Bntu Iyh Tpi Jngan Ngasalokhiy Please


PEMBAHASAN: 

setiap suku bangsa di Indonesia memiliki lagu-lagu dan alat-alat musik yang beraneka ragam yang disebut musik daerah lagu adalah salah satu karya musik yang terdiri atas nada dan syair. A. kedudukan dan fungsi musik dalam tradisi masyarakat. musik daerah atau tradisional merupakan karya musik yang ide penciptanya berdasarkan atas budaya dan adat istiadat dari suatu daerah tertentu bentuk musik tersebut sangatlah sederhana dan mencerminkan budaya setempat.fungsi musik bagi masyarakat adalah:

1. sebagai media upacara adat : musik digunakan sebagai pengiring upacara-upacara adat yang bersifat religius misalnya musik gamelan untuk mengiringi upacara sekaten 

2. sebagai sarana komunikasi : suatu hubungan antar individu atau kelompok dengan Tuhan dan hubungan antar anggota masyarakat.

3. sebagai media pengiring pertunjukan : musik tradisional seringkali dijadikan sebagai pengiring Pertunjukan daerah seperti tari atau pentas teater. bisa juga untuk wayang kulit ketoprak ludruk, drama,dan sebagainya.

4. sebagai media pendidikan : generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya baik secara formal maupun nonformal untuk menghargai dan melestarikan musik tradisional.

5. sebagai media budaya bangsa : peranan musik dalam menggiring Tari Daerah, seperti gamelan Sunda untuk mengiringi Tari Sunda.

6. sebagai hiburan musik tradisional yang memiliki alunan khas dari daerah masing-masing mampu memberi suasana tersendiri bagi pendengarnya.

7. sebagai media apresiasi masyarakat setempat : setiap daerah diharapkan memiliki rasa menghargai, cinta, dan bangga untuk melestarikan dan mengembangkan musik tradisional sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat setempat maupun di luar daerah tersebut.

8. sebagai media ekspresi : musik bagi seniman merupakan sarana untuk mengaktualisasikan potensi yang ada pada dirinya. melalui musik pula mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri sendiri, masyarakat, Tuhan, dan dunia. 

Sumber : BSE seni budaya 

Smp kelas VIII.


Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter