Plasma Darah Adalah Bagian Darah Yang Berfungsi Untuk Pengangkutan

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Bagian Dari Darah Yang Membantu Mengedarkan Zat Sekret Kelenjar Endokrin Adalah

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Apa Itu Plasma Darah? - Bagian Dari Darah Yang Membantu Mengedarkan Zat Sekret Kelenjar Endokrin Adalah jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Bagian Dari Darah Yang Membantu Mengedarkan Zat Sekret Kelenjar Endokrin Adalah Semangat Belajar Sob !!


Apa Itu Plasma Darah? - Plasma Darah Adalah Bagian Darah Yang Berfungsi Untuk Pengangkutan ....

TRIBUN-VIDEO.COM - Plasma darah adalah bagian cair dari darah yang berfungsi mengangkut nutrisi ke sel-sel organ tubuh.

Jawaban 1 : Bagian Dari Darah Yang Membantu Mengedarkan Zat Sekret Kelenjar Endokrin Adalah


Kelas: VIII
Mata Pelajaran: Biologi
Materi: Sistem peredaran Darah pada Manusia
Kata Kunci: Plasma Darah

 
Jawaban: 
Bagian dari darah yang membantu mengedarkan zat sekret kelenjar endokrin adalah “plasma darah”.

PEMBAHASAN: 
Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang berada di dalam tubuh yang berguna sebagai pengatur hormon-hormon yang dihasilkan dari kelenjar lainnya. Kelenjar ini terdiri atas kelenjar pineal, kelenjar pituitari, pankreas, ovarium (pada wanita), testis (pada pria), kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, hipotalamus dan kelenjar adrenal.
Hormon yang dikeluarkan (disekresikan) oleh kelenjar endokrim langsung mengalir ke pembuluh darah, dan tidak diedarkan melalui saluran khusus. Tepatnya hormon ini dialirkan di dalam plasma darah.
Plasma darah adalah bagian cairan pada darah yang berfungsi melarutkan sel-sel darah dan zat lain dalam bentuk suspensi. Plasma darah disebut sebagai matriks ekstraselular darah. Plasma darah menyusun sekitar 55% dari total volume darah di dalam tubuh.
Plasma darah bila terisolasi sendiri, berbentuk cairan berwarna kuning muda. Plasma darah tersusun lebih dari 90 persen berupa air.
Tujuan utama plasma adalah untuk mengangkut nutrisi, hormon, enzym dan protein ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Plasma mengandung albumin (penyusun utama protein tubuh), fibrinogen (berfungsi untuk pembekuan darah saat tubuh terluka) dan globulin (berbungsi sebagai antibodi untuk melawan infeksi di tubuh).
Plasma I juga berfungsi sebagai media untuk pertukaran mineral vital seperti natrium dan kalium dan membantu menjaga keseimbangan pH (asam-basa) yang tepat dalam tubuh, yang sangat penting untuk fungsi sel tubuh.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter