Sumber Energi Untuk Berlangsungnya Seluruh Reaksi Kimia Dalam Sel Berasal Dari

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Rangkaian Reaksi Metabolisme Terjadi Didalam... Dan Dapat Dikelompokkan Menjadi Katabolisme Yaitu... Dan Anabolisme Yaitu...

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Transformasi Energi dan Metabolisme di dalam Sel - Energi dalam Sistem Kehidupan - Rangkaian Reaksi Metabolisme Terjadi Didalam... Dan Dapat Dikelompokkan Menjadi Katabolisme Yaitu... Dan Anabolisme Yaitu... jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Rangkaian Reaksi Metabolisme Terjadi Didalam... Dan Dapat Dikelompokkan Menjadi Katabolisme Yaitu... Dan Anabolisme Yaitu... Semangat Belajar Sob !!


Transformasi Energi dan Metabolisme di dalam Sel - Energi dalam Sistem Kehidupan - Sumber Energi Untuk Berlangsungnya Seluruh Reaksi Kimia Dalam Sel Berasal Dari

transformasienergi #metabolisme #guruIPA Seperti yang kita ketahui dalam proses penyediaan energi, baik pada tumbuhan ...

Jawaban 1 : Rangkaian Reaksi Metabolisme Terjadi Didalam... Dan Dapat Dikelompokkan Menjadi Katabolisme Yaitu... Dan Anabolisme Yaitu...


Metabolisme merupakan reaksi-reaksi kimia untuk mengubah zat-zat yang menghasilkan energi maupun memerlukan energi yang terjadi di dalam sel-sel tubuh makhluk hidup. Dalam proses metabolisme tersebut diperlukan enzim untuk mempercepat terjadinya reaksi. Setiap reaksi memerlukan enzim-enzim yang spesifik, sementara senyawa kimia berupa ATP diperlukan sebagai penyedia energi untuk berlangsunya reaksi.
Rangkaian reaksi metabolisme terjadi didalam sel-sel tubuh. Dan dapat dikelompokkan menjadi katabolisme dan anabolisme. Katabolisme yaitu reaksi pernguraian senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana dan menghasilkan energi. Sedangkan, anabolisme yaitu reaksi penyusunan dari senyawa-senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks dan memerlukan energi.
Pembahasan Lebih Lanjut
1. Katabolisme
Katabolisme disebut juga reaksi eksergonik karena proses ini menghasilkan energi yang dapat digunaka oleh makhluk hidup.
Contoh dari katabolisme adalah respirasi sel (respirasi internal).
Senyawa yang diuraikan pada proses katabolisme seperti karbohdirat, lemak, dan protein. Karbohidrat untuk respirasi sel berupa gula heksosa, yaitu glukosa. Glukosa akan dioksidasi (reaksi yang memerlukan oksigen) untuk menghasilkan energi secara bertingkat melalui serangkaian proses reaksi yang disebut repirasi aerob. Namun, jika di dalam sel tubuh persediaan oksigen kurang mencukupi maka akan terjadi respirasi an-aerob.
Reaksi kimia pada respirasi aerob dibagi menjajdi empat tahapan yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif (reaksi antara), siklus krebs (siklusasam sitrat), da sistem trasnpor elektron.
Sedangkan, pada respirasi anaerob hanya terjadi melalui dua tahapan reaksi yaitu glikolisis dan traspor elektron.
Respirasi anaerob disebut juga fermentasi. Fermentasi dapat terjadi pada jamur bersel satu, sel hewan maupun sel manusia. Beberapa bakteri hidup secara aerob pada lingkungan yang cukup oksigen, tapi pada saat lingkungan miskin oksigen respirasi aka terjadi secara anaerob. Fermentasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu: 

a. Fermentasi alkohol
Dilakukan oleh bakteri anaerob dan ragi (yeast).
Proses ini dapat terjadi pada proses pembuatan minuman anggur (bir) dan tapai.
Jamur yang melakukan fermentasi contohya adalah Saccharomyces cereviceae yang digunakan dalam pembuata tapai.
Dalam pembuata tapai, wadah harus ditutup rapat agar tidak ada oksigen sehingga jamur dapat melakuka respirasi anaerob secara sempurna.
Jika wadah terbuka, proses fermentasi akan terganggu dan memungkinkan tumbuhya mikroorganisme lain sehingga rasa tapai asam dan tidak manis b.
Fermetasi asam laktat
Terjadi pada sel otot hewan dan manusia ketika kekurangan oksigen.
Hal ini terjadi jika katabolisme gula untuk membentuk ATP melebihi dari pasokan oksigen dalam darah.
Eritrosit bersifat anaerob dan menghasilkan asam laktat karena tidak memiliki mitokondria (organel sel yang berfungsi untuk respirasi)
Fermentasi ini juga dilakukan oleh jamur ataubakteri yang sering diguakan dalam pembuatan keju dan yoghurt seperti Streptococcus sp
Pada katabolisme protein , protein akan dihidrolisis mejadi molekul lebih sederhana yaitu asam amino . Asam amino dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar setelah megalami deaminasi (pelepasan nitrogen) dan bahan yang tersisa akan masuk ke jalur respirasi sama seperti respirasi karbohidrat. Pada katabolisme lemak, lemak akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol kemudian diubah menjadi senyawa yang dapat masuk ke siklus krebs. Pada katabolisme karbohidrat dan protein jumlah ATP yang dihasilkan sama yaitu 38
sedangkan lemak dapat menghasilkan 46 ATP

2. Anabolisme
Disebut juga reaksi endergonik karena proses ini memerlukan energi dari lingkungannya. Contoh anabolisme adalah fotosintesis dan kemosintesis. Fotosintesis adalah proses yang sumber energi berasal dari cahaya, sedagkan kemosintesis sumber energinya berupa zat kimia.
Semoga penjelasan di atas cukup membantu kalian dalam memahami materi ini ya.
Mata pelajaran: Biologi
Kelas: 3 SMA
Kategori: Metabolisme
Kata kunci: Katabolisme, anabolisme
Kode kategori berdasar kurikulum K13: 12.4.2

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter