Notifikasi

Tahap Metafase Dan Profase Dalam Proses Pembelahan Sel

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Pembelahan Mitosis Terbagi Menjadi Empat Fase. Jelaskan Keempat Fase Tersebut Beserta Ciri Yang Paling Menonjol Dari Setiap Fase!

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang PEMBELAHAN SEL, Ciri-Ciri dan Tahapan Pembelahan Mitosis dan Meiosis - Pembelahan Mitosis Terbagi Menjadi Empat Fase. Jelaskan Keempat Fase Tersebut Beserta Ciri Yang Paling Menonjol Dari Setiap Fase! jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Pembelahan Mitosis Terbagi Menjadi Empat Fase. Jelaskan Keempat Fase Tersebut Beserta Ciri Yang Paling Menonjol Dari Setiap Fase! Semangat Belajar Sob !!


PEMBELAHAN SEL, Ciri-Ciri dan Tahapan Pembelahan Mitosis dan Meiosis - Tahap Metafase Dan Profase Dalam Proses Pembelahan Sel

Pembelahan sel #pembelahansel #pembelahanselkelas9SMP #pembelahanmitosisdanmeiosis #pembelahanmitosisdanmeiosiskelas9SMP Video ini ...

Jawaban 1 : Pembelahan Mitosis Terbagi Menjadi Empat Fase. Jelaskan Keempat Fase Tersebut Beserta Ciri Yang Paling Menonjol Dari Setiap Fase!


Pembelahan sel secara mitosis dibagi ke dalam empat tahap pembelahan, profase (prophase), metafase (metaphase), anafase (anaphase), dan telofase (telophase). Untuk sitokinesis yang bertumpang tindih dengan fase akhir dari tahapan pembelahan sel secara mitosis, menjadi akhir berdasarkan fase mitotik.  
Ciri yang paling menonjol berdasarkan setiap fase: profase: Membran inti melebur; Kromosom berduplikasi menjadi kromatid.
Metafase : Kromatid berjejer pada bidang equator; Masing-masing kromatid menempati benang-benang spindel.
Anafase: Pemendekan benang spindel; Kromatid mulai terpisah ke arah kutub masing-masing.
Telofase : Kromosom pada kutub masing-masing; Membran inti & nukleolus muncul kembali; Kromosom menipis membentuk kromatin kembali; Sitokinesis (pembagian sitoplasma) terjadi selesainya telofase.
Penjelasan lebih lanjut tentang pembelahan sel secara mitosis merupakan menjadi berikut.
Pembahasan:
Profase
Pada fase ini serat-serat kromatin akan terkumpul lebih rapat, inti selnya akan menghilang, setiap kromosom yang terduplikasi terlihat sebagai dua kromatid sama yang terhubung dalam bagian sentromernya dan sepanjang lengannya. Gelondong mitotik juga mulai terbentuk, yang terdiri atas sentrosom dan mikrotubulus yang menjulur dari sentrosom. Sentrosom-sentrosom tersebut berkiprah saling menjauh menjauh, yg didorong sang mikrotubulus yang memanjang diantaranya.
Di antara tahap profasae ke metafase, dikenal tahap prometafase. Prometafase kadang-kadang dianggap sebagai akhir profase dan metafase awal. Selama tahap awal prometafase membran nuklir hancur & mikrotubulus memasuki ruang nuklir. Hal ini dikenal sebagai “mitosis terbuka” dan itu terjadi pada kebanyakan organisme multisel. Organisme misalnya jamur, beberapa protisa seperti Alga menjalani “mitosis tertutup” di mana pembentukan spindle yang terjadi pada dalam nukleus. Membran nuklir permanen utuh & mikrotubulus tidak sanggup menembus membran nuklir utuh. Selama prometafase, dalam sentromer berdasarkan setiap kromosom membangun dua kinetokor. Kinetokor adalah struktur protein kompleks, itu adalah titik di mana mikrotubulus menempel pada kromosom.
Metafase
Metafase merupakan fase pembelahan mitosis yang paling lama, berlangsung kurang lebih 20 menit. Dalam tahap ini ditandai menggunakan kromosom akan berkiprah menuju ekuator sel atau yang sering dikenal menggunakan lempeng metafase. Pada termin ini, membran akan benar-benar menghilang serta benang-benang gelondong akan mencapai sentromer kromosom.
Anafase
Berkebalikan dengan metafase, termin anafase ini merupakan tahap mitosis yang paling pendek, hanya berlangsung selama beberapa menit.
Pada tahap anafase ini, kromatid-kromatid yg bersaudara akan memisahkan diri berdasarkan sentromernya sehingga dianggap kromosom. Setiap kromosom akan ditarik kearah kutub oleh benang-benang mitosis atau yang tak jarang disebut serabut kinetokor. Pada tahap ini sel akan memanjang ketika mikrotubulus nonkinetokor memanjang, dan pada akhir anafase, kedua ujung sel akan memiliki koleksi kromosom yang sama & lengkap.
Telofase
Pada fase ini, dua nukleus anakan akan terbentuk di dalam sel, kromosom akan mulai terlepas. Telofase sendiri tak jarang ditandai dengan dimulainya sitokinesis. Pada sel hewan, sitokinesis dimulai menggunakan terbentuknya pembelahan atau lekukan pada bagian tengah yg membagi sel menjadi 2.
Sedangkan dalam sel tumbuhan, sitokinesis ditandai menggunakan serangkaian vesikula yang terbentuk pada bagian ekuator sel, yang terus terjadi sampai sel terbagi dua. Pada akhir tahap telofase dihasilkan dua sel anakan yg sama dengan sel pada induknya.

Detail jawaban :
Kelas: XII
Mapel: Biologi
Bab: Pembelahan sel
Kode: 12.4.4

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Jawaban 2 : Pembelahan Mitosis Terbagi Menjadi Empat Fase. Jelaskan Keempat Fase Tersebut Beserta Ciri Yang Paling Menonjol Dari Setiap Fase!


Biologi Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.