Notifikasi

Tahap Tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran PPKn pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Tuliskan Empat Tahap-tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Dan Jelaskan​

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia - Tuliskan Empat Tahap-tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Dan Jelaskan​ jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Tuliskan Empat Tahap-tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Dan Jelaskan​ Semangat Belajar Sob !!


Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia - Tahap Tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia

Jawaban 1 : Tuliskan Empat Tahap-tahap Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia Dan Jelaskan​


Jawaban:1. Tahap pertama     : perasaan senasib sepenanggungan2. Tahap kedua        : kebangkitan nasional 19083. Tahap ketiga        : Sumpah Pemuda 19284. Tahap keempat    : Tahap kompromi dan bekerjasama dengan pemerintah Belanda5. Tahap kelima       : Proklamasi Kemerdekaan R
I 1945 
Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/15483#readmore
Penjelasan:

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Jawaban:
Tahap pertama : Perasaan Senasib
Tahap kedua : Kebangkitan Nasional
Tahap ketiga : Sumpah Pemuda
Tahap keempat : Proklamasi Kemerdekaan
Penjelasan:

1. Perasaan Senasib
Selama ratusan tahun Indonesia dibelenggu dalam kungkungan penjajahan. Seluruh rakyat Indonesia merasakan hal tersebut. Oleh karena itu, adanya perasaan senasib dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di antara segenap warga negara Indonesia. Perasan senasib kini semakin diperkuat dengan status Indonesia yang masih merupakan negara berkembang. Setiap warga negara tentunya menginginkan kemajuan di negaranya, maka hal ini menjadi persamaan nasib yang baru bagi bangsa Indonesia.
Persamaan nasib nantinya akan melahirkan persamaan tujuan. Tujuan pembangunan nasional Indonesia membutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh rakyatnya. Perasaan senasib juga terus dibina melalui usaha pendidikan bela negara dan wawasan nusantara. Dengan perasaan senasib, maka rasa saling memiliki terhadap tanah air dan seluruh komponennya juga semakin dirasakan oleh tiap-tiap warga negara Indonesia.

2. Kebangkitan Nasional
Keterpurukan negara Indonesia di saat masa-masa suramnya menjadi hilang ketika terjadi kebangkitan nasional. Saat ini, hari kebangkitan nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Hal ini dikarenakan kebangkitan nasional terjadi dengan ditandai lahirnya organisasi pemuda yang bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi pemuda ini didirikan oleh para mahasiswa STOVIA, sebuah sekolah tinggi kedokteran pada masa itu.
Lahirnya Boedi Oetomo menandai kebangkitan nasional karena semenjak saat itu muncul banyak organisasi dengan coraknya masing-masing yang sama-sama menghendaki kemerdekaan negara Indonesia. Bertahun-tahun berikutnya, kebangkitan nasional menyebabkan persatuan dan kesatuan di antara rakyat Indonesia. Hal ini ditandai dengan munculnya suatu organisasi yang reintegrasi secara nasional dengan fokus utama pada bidang politik. Organisasi tersebut bernama Perhimpunan Politik Kemerdekaan Indonesia.

3. Sumpah Pemuda
Pemuda merupakan tumpuan hidup suatu bangsa. Ia adalah generasi penerus sekaligus generasi penggerak. Peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan sangatlah penting bagi pemuda dan bangsa ini. Setelah terbentuk organisasi pemuda Boedi Oetomo, organisasi lainnya terus tumbuh hingga organisasi persatuan pemuda seluruh Indonesia memutuskan mengadakan kongres pemuda pada tahun 1928. Kongres ini menjadi wadah bagi para pemuda untuk membicarakan nasib bangsa Indonesia di masa depan.
Dalam kongres ini, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda merumuskan suatu sumpah yang menjadi pernyataan legitimasi atas persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Isi dari sumpah tersebut begitu menggugah seluruh rakyat Indonesia bahkan hingga saat ini. Mereka bersumpah bahwa sebagai putra dan putri tanah air Indonesia memiliki tanah air yang satu, yaitu Indonesia, memiliki bangsa yang satu pula, yaitu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa yang satu, yaitu bahasa Indonesia.

4. Proklamasi Kemerdekaan
Setelah berlalunya berbagai perjuangan selama masa penjajahan, akhirnya bangsa Indonesia menemukan titik bermulanya kemerdekaan bangsa dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Proklamasi ini merupakan titik puncak dari perjuangan rakyat di tanah air tercinta ini. Dengan adanya proklamasi, maka bangsa Indonesia menyatakan dirinya sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari rongrongan bangsa lain kepada seluruh mata dunia. Adanya proklamasi ini juga menjadikan persatuan di antara rakyat Indonesia semakin nyata. Hal ini terbukti dengan ditandatanganinya naskah proklamasi oleh Ir. Soekarno dan M. Hatta atas nama seluruh rakyat Indonesia.
Presiden pertama negeri ini, Ir. Soekarno, pernah berkata bahwa perjuangan pada masanya lebih mudah dibandingkan masa kini. Pada masa lalu, kita melawan para penjajah yang merupakan musuh nyata negeri ini. Namun, saat ini musuh terberat kita adalah mereka, sesama warga negara Indonesia yang berusaha merusak kedamaian negeri ini dengan melakukan banyak aksi kriminalitas yang terus mengganggu dan dapat merusak persatuan dan kesatuan di Indonesia. Rakyat adalah salah satu unsur bela negara yang perlu dipersatukan untuk mempertahankan negeri ini.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Pendidikan PPKN Sekolah Menengah Pertama
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.