Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran B. Indonesia pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Jelaskan Teknik Pengumpulan Data Kualitatif?

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang #9 - Teknik Pengumpulan Data Penelitian KUALITATIF - Jelaskan Teknik Pengumpulan Data Kualitatif? jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Teknik Pengumpulan Data Kualitatif? Semangat Belajar Sob !!


#9 - Teknik Pengumpulan Data Penelitian KUALITATIF - Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Video ini menjelaskan langkah-langkah dalam pengumpulan data penelitian kualitatif. Harapannya, peneliti khususnya peneliti ...

Jawaban 1 : Jelaskan Teknik Pengumpulan Data Kualitatif?


Jawaban:
Ada beberapa teknik pengumpulan data kualitatif yang umum digunakan, yaitu wawancara, observasi, focus group discussion (FGD) dan studi dokumen.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Jawaban:teknik pengumpulan data kualitatif yang diartikan untuk mendapatkan data-data deskriptif. Penjelasan:teknik pengumpulan data kualitatif yang diartikan untuk mendapatkan data-data deskriptif. macam-macam tehnik pengumpulan data kualitatif:

1. Teknik Observasi
Teknik observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data kualitatif yang dianjurkan untuk mendapatkan data-data deskriptif. Teknik observasi berasal dari kata observation yang berarti pengamatan. Teknik observasi digunakan untuk memahami pola, norma, dan makna perilaku dari informan yang diteliti.

2. Wawancara Mendalam
Teknik wawancara mendalam bisa kamu lakukan jika kamu butuh data deskriptif yang cukup banyak. Metode ini sering digunakan bersamaan dengan penggunaan metode observasi. Untuk penelitian kualitatif, pertanyaan yang digunakan dalam wawancara merupakan pertanyaan terbuka, sehingga informan bisa menjawab dengan lebih komprehensif. 

3. Kajian Dokumen
Kamu juga bisa menggunakan kajian dokumen untuk mencari data penelitian kualitatifmu. Contoh kajian dokumen yang bisa digunakan antara lain meneliti naskah lama, foto-foto, film, maupun hasil penelitian sebelumnya atau buku yang terkait dengan penelitianmu. 

4. Focus Group Discussion
Metode terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh data kualitatif adalah Focus Group Discussion. Focus Group Discussion merupakan salah satu bentuk teknik wawancara kelompok yang dilakukan peneliti untuk memetakan masalah awal penelitian dan memahami fokus kelompok kecil yang sedang diteliti.semoga membantu

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter