Tujuan Reproduksi Sel

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Jelaskan Perbedaan Tujuan Reproduksi Sel Pada Organisme Uniseluler Dan Multiseluler

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang PEMBELAHAN SEL: BIOLOGI KELAS 12 SMA - Jelaskan Perbedaan Tujuan Reproduksi Sel Pada Organisme Uniseluler Dan Multiseluler jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Perbedaan Tujuan Reproduksi Sel Pada Organisme Uniseluler Dan Multiseluler Semangat Belajar Sob !!


PEMBELAHAN SEL: BIOLOGI KELAS 12 SMA - Tujuan Reproduksi Sel

pembelahansel #biologi12sma #sell Ebook video ini bisa kalian download di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.

Jawaban 1 : Jelaskan Perbedaan Tujuan Reproduksi Sel Pada Organisme Uniseluler Dan Multiseluler


Kelas: XII
Mata pelajaran: Biologi
Materi:  Pembelahan Sel
Kata kunci: reproduksi, uniseluler, multiseluler  
Saya akan mencoba menjawab dengan dua jawaban:  
Jawaban pendek:  
Tujuan reproduksi sel pada organisme uniseluler adalah untuk memperbanyak diri atau berreproduksi.  
Sedangkan tujuan reproduksi sel pada organisme multiseluler adalah untuk memperbanyak sel di dalam tumbuh untuk melakukan pertumbuhan dan mengganti sel yang rusak.  
Jawaban panjang:  
Baik makhluk hidup uniseluler (bersel satu) seperti amuba, maupun makhluk hidup multiselular (bersel banyak) seperti manusia, melakukan pembelahan sel. Namun perbedaan ada pada kedua jenis makhluk hidup ini.  
Pada makhluk hidup uniseluler, pembelahan adalah cara berkembang biak atau reproduksi. Misalnya, bakteri dan amuba melakukan reproduksi melalui pembelahan sel dengan pembelahan biner. Pada makhluk hidup uniseluler, pembelahan sel menghasilkan makhluk hidup baru.  
Pembelahan pada makhluk hidup uniseluler dimulai dengan penggandaan DN
A. Kemudian kromosom di dalam sel membelah, diikuti oleh organ sel lainya. Pada akhir proses pembelahan terbentuklah dua makhluk hidup dari proses ini.  
Sementara itu pada makhluk hidup multiseluler, pembelahan adalah cara melakukan pertumbuhan. Misalnya, sel tulang dan otot tumbuh saat kita berkembang dari anak kecil menjadi dewasa. Pada makhluk hidup multiseluler, pembelahan sel tidak menghasilkan makhluk hidup baru.  
Selain untuk pertumbuhan, makhluk hidup multiseluler melakukan pembelahan sel untuk menggantikan sel yang rusak. Misalnya untuk mengganti sel tulang yang rapuh.  
Pembelahan sel yang tidak normal pada makhluk hidup multiseluler menyebabkan apa yang disebut sebagai kanker.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter