Untuk Menjaga Keseimbangan Lingkungan, Penggunaan Bahan-bahan Kimia Dalam Rumah Tangga Harus Dikurangi Karena

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Bagaimanakah Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup?

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Economic and Environment: MBM, Residu, and Pollutan - Bagaimanakah Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup? jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Bagaimanakah Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup? Semangat Belajar Sob !!


Economic and Environment: MBM, Residu, and Pollutan - Untuk Menjaga Keseimbangan Lingkungan, Penggunaan Bahan-bahan Kimia Dalam Rumah Tangga Harus Dikurangi Karena

Mata Kuliah: Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (ESDAL) Dosen Pengampu: Dwi Rahmayani, S.E., M.Si.

Jawaban 1 : Bagaimanakah Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup?


Mengurangi penggunaan bahan kimia pencemar lingkungan
Ada banyak bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan seperti detergen rumah tangga dan plastik yang membutuhkan waktu lama agar bisa terurai. Contoh nyata yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan adalah menggunakan detergen ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik pada saat berbelanja dengan cara membawa kantong/tas belanja dari rumah yang dapat digunakan berkali- kali.
Mengurangi produksi sampah rumah tangga
Produksi sampah rumah tangga dapat dikurangi dengan berbagai cara. Misalnya, mengurangi sampah kemasan produk dengan membeli produk berukuran besar yang dapat digunakan per bulan dan membeli produk yang dapat diisi ulang.
Memilah sampah
Kegiatan memilah sampah dapat dilakukan dengan cara memisahkan sampah menjadi 3 kategori yakni organik, anorganik, dan logam/ kaca. Setelah dipilah, sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik jika memungkinkan dapat didaur ulang (recycle) atau digunakan kembali (reuse). (baca : Cara Pemanfaatan Sampah)
Menghemat penggunaan air
Penghematan air dapat dilakukan dengan cara mematikan kran air yang sedang tidak digunakan, mencuci pakaian atau peralatan makan apabila jumlahnya sudah memenuhi, serta mandi dengan air secukupnya. (baca : Cara Menjaga Kelestarian Air)
Menghemat penggunaan listrik
Penghematan listrik dapat dilakukan dengan cara beralih menggunakan barang- barang elektronik yang mempunyai daya rendah misalnya lampu LED atau TEL, mematikan lampu ketika tidak memerlukan cahaya penerangan seperti saat di siang hari dan mematikan lampu jika hendak tidur. Selain itu kita juga dapat mengurangi atau menghindari penggunaan listrik yang tidak diperlukan pada jam 5 sore sampai jam 10 malam. Hal itu dikarenakan pada jam- jam tersebut penggunaan listrik global sedang meningkat lebih banyak dari pada siang hari.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

1)membuang sampah pada tempatnya 2) menyaring limbah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai 3)melakukan reboisasi

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter