Notifikasi

Virus Dapat Dianggap Sebagai Makhluk Hidup

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Tuliskan Alasan Virus Dikatakan Sebagai Makhluk Hidup

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang VIRUS termasuk makhluk hidup atau benda mati? | Tanya Biologi - Tuliskan Alasan Virus Dikatakan Sebagai Makhluk Hidup jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Tuliskan Alasan Virus Dikatakan Sebagai Makhluk Hidup Semangat Belajar Sob !!


VIRUS termasuk makhluk hidup atau benda mati? | Tanya Biologi - Virus Dapat Dianggap Sebagai Makhluk Hidup

VIRUS termasuk makhluk hidup atau benda mati? | Tanya Biologi Ms. Steviana Amalia Ratih, S.Pd Come And Join Us ! Instagram ...

Jawaban 1 : Tuliskan Alasan Virus Dikatakan Sebagai Makhluk Hidup


Kelas: X
Mata pelajaran: Biologi
Materi: Virus
Kata kunci: Ciri-ciri virus
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:


Jawaban pendek:
Virus dikatakan sebagai makhluk hidup karena virus dapat berkembang biak (berreproduksi) sebagaimana makhluk hidup lainnya.
Meski demikian virus tidak dapat berkembang biak sendiri dan harus menginveksi sel inang tertentu agar bisa melakukan reproduksi dengan replikasi.
Virus juga memiliki materi genetik seperti makhluk hidup lain berupa DNA atau RNA dan dapat mengalami mutasi.


Jawaban panjang:
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang hidup di sel makhluk hidup lain. Virus berukuran sangan kecil dan lebih kecil dari makhluk hidup bersel satu seperti bakteri.
Virus memiliki karakteristik makhluk hidup dan benda tak hidup. Karakteristik virus yang merupakan karakteristik makhluk hidup adalah kemampuan virus untuk bereproduksi dan kemampuan untuk bermutasi.
Tetapi virus hanya bisa bereporduski dengan menginveksi sel induk yang hidup, dan tidak bisa memperbanyak diri sendiri. Hal ini karena virus tidak memiliki struktur sel sebagaimana makhluk hidup lainya.
Sebagian besar virus hanya mengandung satu jenis asam nukleat: D
NA atau RNA, tapi tidak keduanya. Dalam melakukan reproduksi, virus akan mencari sel inang. Virus akan menempel dan kemudian menginveksi dengan memasukkan materi genetik virus ke dalam sel inang. Materi genetik ini akan diperbanyak untuk menghasilkan virus baru dengan menggunakan sel inang untuk memperbanyak RNA dan DNA virus.
Karakteristik virus yang merupakan karakteristik benda yang tidak hidup adalah virus tidak memiliki sel, tidak memiliki organ sel seperti sitoplasma atau organel seluler, dan tidak melakukan metabolisme sendiri dan oleh karena itu harus melakukan replikasi menggunakan kemampuan sel inang.
Virus bisa menginfeksi hewan, tumbuhan, dan bahkan mikroorganisme lainnya. Virus yang menginveksi bakteri disebut bakteriophage.
Contoh virus yang menginveksi manusia adalah virus flu. Influenza atau flu mengakibatkan suhu tubuh naik dan hidung meler, dan disebabkan oleh virus dari jenis virus Orthomyxoviridae.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..



Biologi Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.