Dibawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Pembukaan Uud Nri Tahun 1945 Alinea Ke 3 Adalah

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran PPKn pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Di Bawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Adalah … Tolong D Jaeab Ya

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Makna Alinea Pembukaan UUD NRI 1945 ... - Di Bawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Adalah … Tolong D Jaeab Ya jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Di Bawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Adalah … Tolong D Jaeab Ya Semangat Belajar Sob !!


Makna Alinea Pembukaan UUD NRI 1945 ... - Dibawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Pembukaan Uud Nri Tahun 1945 Alinea Ke 3 Adalah

Jawaban 1 : Di Bawah Ini Yang Merupakan Makna Alinea Ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Adalah … Tolong D Jaeab Ya


Jawaban:
Alinea ketiga memuat bahwa kemerdekaan oleh motivasi spiritual, yaitu kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa.
Ini merupakan perwujudan sikap dan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Penjelasan:
Alinea ketiga memuat bahwa kemerdekaan oleh motivasi spiritual, yaitu kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa.
Ini merupakan perwujudan sikap dan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Alinea ketiga menurut pernyataan yang menyatakan kemerdekaan Indonsia telah diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945.
Melalui alinea ketiga ini, bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, bangsa Indonesia tidak akan merdeka.
Kemerdekaaan yang dicapai tidak sendirian-mata hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia, tetapi juga atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa.
Alinea ketiga Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga memuat motivasi riil dan materi, yaitu keinginan luhur bangsa berkehidupan yang bebas.

Kemerdekaan merupakan keinginan dan tekad seluruh bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas merdeka.
Bebas dari segala bentuk penjajahan, bebas dari penindasan, bebas menentukan nasib sendiri.
Niat yang luhur ini menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk berjuang melawan penjajahan dan kemerdekaan.
Keyakinan dan tekad yang kuat untuk mencapai kemerdekaan dan keyakinan akan kekuasaaan Tuhan menjadi kekuatan yang menggerakkan bangsa Indonesia.
Persenjataan sederhana dan tradisional tidak menjadi halangan untuk berani melawan penjajah yang memiliki senjata lebih modern.
Para pejuang bangsa yakin bahwa Tuhan akan memberikan bantuan umat-Nya yang berjuang di jalan kebenaran.
Banyak peristiwa sejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, kemenangan walaupun dengan keterbatasan senjata, organisasi dan sumber daya manusia.
Hal ini menunjukkan bahwa tekad yang kuat dan keyakinan pada kekuasaan Tuhan dapat menjadi faktor pendorong dan penentu percaya sesuatu.
Alinea ketiga mempertegas pengakuan dan kepercayaan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Manusia merupakan makhluk Tuhan yang terdiri atas jasmani dan rohani.
Manusia tulisan mesin yang tidak memiliki jiwa.
Berbeda dengan pandangan yang beranggapan bahwa manusia hanya bersifat fisik belaka.
Ini prinsip keseimbangan dalam kehidupan material dan spiritual, kehidupan dunia dan akhirat, jasmani, dan rohani

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Penjelasan:
Makna dari alinea ketiga pembukaan UUD 1945 adalah motivasi spiritual leluhur serta suatu pengukuhan dari proklamasi kemerdekaan, serta ketaqwaan bangsa Indonesia Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Ridho-Nya lah bangsa Indonesia yang berhasil dalam perjuangan mencapai kemerdekaannya. 

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter