Notifikasi

Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Lengan Dalam Aktivitas Jalan Cepat

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Penjaskes pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Dalam Jalan Cepat

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang TUGAS PENJAS - TUTORIAL JALAN CEPAT #XIMIA2 - Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Dalam Jalan Cepat jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Dalam Jalan Cepat Semangat Belajar Sob !!


TUGAS PENJAS - TUTORIAL JALAN CEPAT #XIMIA2 - Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Lengan Dalam Aktivitas Jalan Cepat

Jawaban 1 : Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Dalam Jalan Cepat


Jawaban:
Dalam teknik dasar olahraga jalan cepat ada beberapa tahapan yang harus dipelajari, antara lain:

1. Tahap pertama adalah melangkahkan 

Satu kaki ke depan saat melakukan jalan cepat, secepat apapun ketika berjalan, tidak ada saat melayang di udara. Kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang diangkat.
Kesalahan yang sering terjadi pada tahap ini adalah sikap badan terlalu kaku, langkah kaki yang kurang pas, tergesa-gesa, lutut ditekuk, masih terlihat lari karena masih ada saat melayang diudara, kurang adanya keseimbangan dan tidak diikuti gerak lanjut.

2. Tahap dua melakukan tarikan kaki belakang ke depan
Pada tahap ini kaki setelah kaki depan menyentuh tanah segera kaki belakang ditarik ke depan untuk melanjutkan langkah-langkah jalan cepat. Bagian tumit menyentuh tanah terlebih dahulu.
Yang harus dihindari dalam fase ini adalah jangan terlalu kaku ketika melakukan tarikan kaki belakang adalah langkah kaki jangan terlalu kecil-kecil dan jangan terlalu lebar. Jangan sampai kehilangan keseimbangan.

3. Tahap relaksasitahap relaksasi adalah tahap antara tahap awal ketika melangkahkan kaki ke depan dan ketika akan melakukan tarikan kaki belakang. Pada tahap ini pinggang berada pada posisi yang sama dengan bahu, sedangkan lengan vertika dan paralel disamping badan.

4. Tahap Dorongan
Pada tahap ini adalah gerakan ketika ketiga tahap diatas selesai dilakukan. Tahap dorongan ini adalah mempercepat laju jalan kaki dengan dorongan tenaga penuh untuk mendapatkan rentang waktu yang sesingkat-singkatnya ketika melakukan langkah-langkah kaki, namun langkah kaki jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang, jaga keseimbangan tubuh.
Yang perlu diperhatikan dalam melakukan jalan cepat adalah:

1. Pada saat berjalan usahakan badan tetap tegak, jangan condong ke depan atau ke belakang. Pundak jangan terangkat, agar ketika melakukan ayunan tangan tidak cepat lelah.

2. Pada saat gerak maju kebanyakan atlet olah raga jalan kaki menggelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri. Jangan sampai gerakan tersebut mengganggu kecepatan jalan kaki.

3. Saat melangkah ke depan pandangan lurus ke depan dan melangkah lurus satu garis antara kaki kanan dan kiri. pada saat menumpu, tumit harus mendarat terlebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teratur

4. Posisi lengan dan bahu, Gerakan lengan dan bahu ke depan dan kebelakang secara bergantian kanan dan kiri. Siku ditekuk tidak kurang dari 90 derajat. Kondisi ini dipertahankan hingga akhir perlombaan, jaga keseimbangan dan gerakan tetap rileks.

Itulah beberapa teknik dasar dalam latihan gerak olahraga jalan cepat. Latihan dapat dilakukan dilapangan atau di jalan yang rata. agar gerakan lebih mudah dan tidak khawatir tersandung. Latihan ini sebaiknya dilakukan secara rutin. Ini dimaksudkan untuk melatih kekuatan fisik secara performa agar kuat melakukan perjalanan yang cukup jauh. Mislnya 10 sampai 15 kilometer.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Pendidikan Penjaskes Sekolah Menengah Pertama
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.