Metode Pemisahan Campuran Berdasarkan Prinsip Perbedaan Ukuran Partikel Adalah

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Kimia pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Jelaskan Prinsip Kerja Dan Prinsip Kerja Dari Pemisahan Campuran Berikut:

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Pemisahan Campuran | Filtrasi (penyaringan), Sentrifugasi, Destilasi, Kromatografi, Sublimasi - Jelaskan Prinsip Kerja Dan Prinsip Kerja Dari Pemisahan Campuran Berikut: jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Prinsip Kerja Dan Prinsip Kerja Dari Pemisahan Campuran Berikut: Semangat Belajar Sob !!


Pemisahan Campuran | Filtrasi (penyaringan), Sentrifugasi, Destilasi, Kromatografi, Sublimasi - Metode Pemisahan Campuran Berdasarkan Prinsip Perbedaan Ukuran Partikel Adalah

Pemisahan Campuran | Filtrasi (penyaringan), Sentrifugasi, Destilasi, Kromatografi, Sublimasi Tayangan ini berisikan tentang ...

Jawaban 1 : Jelaskan Prinsip Kerja Dan Prinsip Kerja Dari Pemisahan Campuran Berikut:


Prinsip kerja dari pemisahan campuran: Filtrasi 

(Penyaringan): penyaringan lumpur dari air, penyaringan santan dari air parutan kelapa. 
Sentrifugasi: Pemisahan sel darah dan emurnian uranium Distilasi 

(Penyulingan): penyulingan air murni dari air laut, penyulingan minyak mentah
Kromatografi: Percobaan klorofil 


PEMBAHASAN: 
Campuran adalah hasil pencampuran dua zat atau lebih secara kimia atau fisika, yang masih dapat terlihat secara kasat mata perbedaan antara zat-zat yang tercampur ini.
Untuk memisahkan zat-zat dalam campuran dapat dilakukan berbagai cara seperti: 

 1. Filtrasi (Penyaringan):
Filtrasi adalah pemisahan zat-zat dalam campuran dengan melewatkan campuran pada penyaringan lumpur dari air, dengan memanfaatkan perbedaan ukuran partikel antara zat-zat dalam campuran.
Zat dengan ukuran partikel lebih besar dari por-pori saringan akan terhalang tidak bisa melewati saringan, sehingga terpisah dari campuran.
Contoh filtrasi adalah penyaringan santan dari air parutan kelapa.   

2. Sentrifugasi:
Sentrifugasi adalah pemisahan zat-zat dalam campuran dengan menggunakan gaya sentrifugal, yaitu gaya yang terjadi bila suatu benda diputar. Akibat pergerakan ini, maka zat-zat dalam campuran yang terkena gaya sentrifugal lebih besar akan mengendap.
Contoh sentrifugasi adalah pada pemisahan sel-sel dalam darah, serta pemurnian zat uranium dari campurannya, untuk dibuat menjadi bahan bakar reaktor nuklir.  

3. Distilasi (Penyulingan):
Distilasi atau penyulingan adalah pemisahan zat-zat dalam campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih. Dengan memanaskan campuran maka zat dalam campuran dengan titik didih lebih rendah akan menguap lebih dahulu dan terpisah dari campuran.
Contoh penyulingan adalah penyulingan air murni dengan memisahkan garam dari air laut, atau penyulingan minyak bumi mentah menjadi bensin, pelumas, avtur, hingga aspal dengan pemanasan minyak mentah.   

4. Kromatografi:
Kromatografi adalah memisahkan zat dalam campuran dengan memanfaatkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam. Dalam kromatografi, zat-zat akan bergerak melalui medium kromatografi dengan kecepatan berbeda, sehingga berada dalam posisi yang berbeda.
Contohnya adalah kromatografi dengan kertas untuk melihat adanya zat klorofil dalam larutan rebusan daun. 
Detail Jawaban
Kelas: VII
Kode: 7.7.5
Mata pelajaran: Fisika
Materi: Bab 5 - Karakteristik Zat
Kata kunci: Destilasi, Penyulingan, Filtrasi, Sentrifugasi

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter