Teknik Analisis Data Kualitatif Menurut Sugiyono

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Geografi pada tingkat Sekolah Dasar apakah pertanyaan tentang Tuliskan Dan Jelaskan 4 Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Teknik analisis data kualitatif (Part 1) - Tuliskan Dan Jelaskan 4 Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Tuliskan Dan Jelaskan 4 Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Semangat Belajar Sob !!


Teknik analisis data kualitatif (Part 1) - Teknik Analisis Data Kualitatif Menurut Sugiyono

Cekidot gaess.. Semoga bermanfaat Tag : analisis data kualitatif pdf analisis data kualitatif dan kuantitatif analisis data kualitatif ...

Jawaban 1 : Tuliskan Dan Jelaskan 4 Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian

4 teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah sebagai berikut :
Wawancara, merupakan teknik pengumpulan data dengan bertemu langsung dengan narasumber.
Observasi, merupakan teknik pengumpulan data dengan melihat langsung obyek penelitian. Jika memerlukan juga dilakukan wawancara dengan narasumber.
Angket, merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan sebuah kuesioner kepada narasumber.
Studi Dokumen, merupakan teknik penelitian dengan melakukan analisis terhadap dokumen yang sudah ada. 


PEMBAHASAN:
Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah tantangan dari kajian geografi dengan tema data penelitian.
Dalam pengumpulan data penelitian terdapat beberapa teknik. Setiap teknik ini mempunyai cara dan kegunaan masing-masing. Setidaknya terdapat 4 teknik atau metode dalam pengumpulan data yaitu :
Wawancara, terdapat 2 jenis teknik wawancara yaitu wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Wawancara terstruktur adalah wawancara dengan pertanyaan yang sudah tersedia dan tertata dengan baik. Sedangkan wawancara tidak terstruktur adalah wawancara dengan cara yang bebas. Tidak terfokus pada pedoman yang ada.
Observasi, terdapat 2 macam cara observasi yaitu participant observation dan non participant observation. Participant observation merupakan observasi dengan terlibat langsung dengan obyek yang akan diobservasi. Cara seperti ini biasanya peneliti ikut terlibat dalam kehidupan sehari-hari. Non participant observation merupakan teknik observasi tapi tidak terlibat langsung dengan obyek.
Angket, teknik ini memiliki kelemahan yaitu jawaban bisa kurang valid atau mengalami kekurangan dalam menjawab.
Studi Dokumen, terdapat 2 macam dokumen yang digunakan yaitu dokumen primer dan dokumen sekunder. Dokumen primer merupakan hasil dari peneliti yang langsung melakukan penelitan. Sedangkan dokumen sekunder yaitu dokumen yang berasal dari cerita dari orang lain.
Detail jawaban
Kelas : 10
Mapel : Geografi
Bab 2 : Langkah-
Langkah Penelitian Geografi
Kode : 10.8.2002
Kata Kunci : Teknik Pengumpulan Data, Penelitian, Wawancara, Observasi #optitimcompetition

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter