Notifikasi

Macam-Macam Contoh Distribusi dan Cirinya

Salah satu aspek terpenting dalam pemasaran adalah distribusi. Distribusi dapat didefinisikan sebagai suatu cara yang memfasilitasi perpindahan barang dari produsen ke konsumen. Distributor biasanya digunakan untuk menggambarkan mereka yang terlibat dalam kegiatan distribusi ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, distributor adalah orang atau badan yang bertugas mendistribusikan barang dagangan atau dikenal dengan istilah distributor. Definisi ini tentunya memiliki arti yang luas yang harus kita pahami dan perluas pemahaman kita tentang distributor.

Macam-Macam Contoh Distribusi dan Cirinya



Distributor dituntut untuk membantu kelancaran perekonomian perusahaan. Distributor memainkan peran penting bagi produsen. Tanpa adanya distributor, seorang produsen akan kebingungan dalam memasarkan produk yang telah dibuatnya.

Macam-Macam Distribusi
Pada dasarnya jenis distribusi dibagi menjadi tiga jenis yaitu;

Distribusi langsung
Distribusi semi langsung
Distribusi tidak langsung.


Dari pintu ke pintu / Door to door

Kegiatan pendistribusian dilakukan langsung ke rumah-rumah calon pembeli. Distributor biasanya disebut sebagai tenaga penjual. Distributor tidak mengambil dari pemilik produk asli, melainkan dari perusahaan yang bekerja sama dengan pemilik produk.

Kegiatan pendistribusian ini biasanya dilakukan secara individu maupun kelompok dengan membawa brosur atau barang langsung kepada pelanggan. Kemampuan individu diperlukan agar barang yang ditawarkan dapat dijual dan target penjualan dapat terpenuhi.

Pengecer / Retailer

Salah satu cara pendistribusiannya adalah dengan menjual benih secara individu atau dalam jumlah besar. Distributor bekerja sama dengan pemilik ritel. Distributor dapat mengambil barang dari bisnis tertentu dan mengirimkannya ke pemilik toko ritel.

Distributor jenis ini biasa disebut dengan shop supplier. Jangka waktu pengiriman barang dapat disepakati oleh kedua belah pihak. Selama tidak ada distributor lain yang menawarkan barang yang sama, distributor jenis ini dapat dengan mudah menjalin kerjasama dengan pengecer. Pengecer akan memiliki kontak langsung dengan konsumen akhir.

Drop Shipping

Distribusi ini, yang merupakan salah satu jenis saluran distribusi terbaru, dikenal sebagai distribusi tidak langsung. Tidak ada pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli; sebagai gantinya, pengirim barang digunakan.

Konsumen memesan barang melalui pihak ketiga, tetapi barang tersebut diserahkan oleh produsen atau pemilik barang. Distributor hanya bertindak sebagai orang yang mempresentasikan produk kepada calon pembeli. Jenis transaksi ini sering dilakukan oleh seseorang yang menggunakan platform belanja online.


Agen

Salah satu jenis distribusi di mana barang atau jasa dapat didistribusikan. Agen di sektor jasa sering disebut dalam kaitannya dengan agen perjalanan dan paket wisata. Agen barang sama dengan orang atau badan usaha yang mendistribusikan barang dalam jumlah besar. Agen biasanya diberikan izin khusus.

Agen adalah perantara atau perwakilan. Biasanya, agen memiliki jaringan yang luas dengan pihak terkait. Dalam pendistribusian barang dan jasa, jasa agen banyak digunakan.

Komisaris / Komisioner

Komisaris adalah orang yang bertindak sebagai penyalur atas namanya sendiri. Ketika tawaran diterima, komisaris akan menghubungi pemilik produk. Transaksi jual beli dilakukan bekerjasama dengan distributor ini.

Jika ada cacat atau kerusakan pada barang, distributor akan bertanggung jawab atas transaksi tersebut. Ketika suatu barang terjual, penjual diberi kompensasi dalam bentuk komisi. Komisi dapat diambil sesuai dengan ketentuan perjanjian.

Makelar / Broker

Broker adalah seseorang yang menjual langsung kepada pembeli potensial. Seorang broker akan menawarkan produk atas nama perusahaan, dan jika ada yang tertarik, mereka akan menghubungi produsen dan menghubungkan pembeli dengan pemilik produk.

Pialang ini sering digunakan untuk menyediakan berbagai barang dan jasa. Seorang broker menerima kurasi atau reward ketika seseorang berhasil menawarkan barang dan terjadi transaksi jual beli.

Dealer

Dealer bertindak sebagai perantara dalam transaksi jual beli untuk barang tertentu. Pemilik dealer menangani transaksi secara langsung. Dealer, selain menjual produk tertentu, membawa suku cadang dan kebutuhan pelengkap lainnya untuk barang yang dijual.

Ketika berbicara tentang jual beli sepeda motor, istilah "dealer" biasa digunakan. Dealer biasanya akan bekerja sama dengan pihak leasing untuk membuat semua transaksi pembiayaan berjalan semulus mungkin. Dealer sering memberikan layanan selain barang yang mereka jual.

Eksportir

Distribusi tidak langsung adalah salah satu jenisnya. Kegiatan distribusi ini memiliki jangkauan global. Dimana suatu perusahaan menjual produk baik dari dalam maupun luar negeri, yang biasanya juga diakomodasi oleh organisasi profesi.

Eksportir bertindak sebagai penanggung jawab penjualan dengan pihak asing. Meskipun pembayaran barang yang dibeli dapat dilakukan melalui eksportir atau pemilik produk sendiri, namun eksportir akan menangani semua kegiatan transaksi dengan pihak asing.

Importir

Pihak asing yang masuk ke dalam negeri melakukan kegiatan distribusi importir. Importir akan membantu pembeli produk tertentu dalam menangani segala jenis transaksi dengan pihak asing.

Pembayaran atas transaksi ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai fasilitas internasional. Importir diperlukan karena mereka memiliki otorisasi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini. Anda akan kesulitan jika melakukannya sendiri karena Anda tidak akan tahu cara menggunakannya.

Multi Level Marketing

Kegiatan distribusi MLM (Multi Level Marketing) melibatkan banyak orang dan melibatkan rantai pasok yang sangat panjang. Semakin besar jumlah orang yang terlibat dalam transaksi, semakin besar keuntungannya.

Perusahaan MLM biasanya merekrut sejumlah orang, yang kemudian mencari anggota lain untuk melakukan kegiatan yang sama. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan jenis ini sangat beragam, mulai dari kecantikan hingga perawatan kesehatan.
Ekonomi Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.