Notifikasi

Pengertian Achieved Status (STATUS SOSIAL) dan Contohnya

Pengertian Ascribed Status (STATUS SOSIAL)

Ascribed status adalah perolehan status sosial seseorang yang ditentukan sejak lahir karena diasumsikan secara tidak sengaja di masa depan sehingga hal ini tidak tercapai berdasarkan prestasi, keterampilan, atau kemampuannya.

Individu ditugaskan peran sosial tersebut berdasarkan jenis kelamin, ras, asal keluarga, dan latar belakang etnis di semua masyarakat. Misalnya, seseorang yang lahir dalam keluarga kaya memiliki status tinggi hanya berdasarkan jaringan sosial dan manfaat ekonomi yang didapat dengan dilahirkan dalam keluarga dengan sumber daya lebih banyak daripada yang lain.

status sosial

Contoh status sosial (Ascribed Status)

Sebagai contoh status sosial yang dianggap berasal dari status dalam masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan hal-hal berikut:

Jenis Kelamin: Pria

Bahkan saat ini, kita dapat melihat ketidaksetaraan yang ada antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat, meskipun faktanya banyak orang telah memeluk kesetaraan gender.

Namun, dalam masyarakat yang menganggap status sosial laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, laki-laki menerima lebih banyak rasa hormat, kesempatan, dan kekuasaan daripada perempuan.

Royalti

Anggota keluarga kerajaan memiliki status tinggi karena garis keturunan, ikatan politik dan ekonomi, dan kekuasaan atau kekuasaan yang mereka miliki. Meskipun dia tidak melakukan apa pun untuk mendapatkannya, setiap anggota keluarga baru diberi status yang dianggap tinggi.

Pekerjaan keluarga

Dalam beberapa budaya, orang diharapkan hanya mengambil pekerjaan yang telah dipilihkan nenek moyang mereka untuk mereka. Meskipun skenario ini telah berubah, skenario sebelumnya telah mempertahankan kesenjangan antara kelas atas dan bawah.

Mereka yang lahir dengan status lebih tinggi memegang posisi kekuasaan dan kepemimpinan, sedangkan mereka yang lahir dengan status lebih rendah bekerja dalam pekerjaan yang dikendalikan oleh mereka yang berkuasa. Tidak peduli apakah mereka yang lebih berkuasa pantas mendapatkannya atau tidak; posisi mereka menentukan apa yang mereka dapatkan.

Sistem Kasta

Kasta adalah suatu sistem sosial pengelompokan bertingkat berdasarkan garis keturunan seseorang sejak lahir, di mana individu tidak memiliki mobilitas karena adat atau hukum. Bagi umat Hindu, sistem kasta adalah cara untuk membagi masyarakat menjadi empat kelompok besar: Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

Para Brahmana adalah kasta tertinggi karena banyak yang percaya bahwa kelompok tersebut adalah keturunan Brahma, Dewa Penciptaan Hindu. Yang terendah adalah Sudra, yang berasal dari kaki Brahma dan bekerja dalam pekerjaan kasar.

Suku dan ras

Penting untuk dipahami bahwa definisi ras dan etnis masing-masing terkait dengan elemen biologis dan sosial budaya. Ras mengacu pada ciri fisik seseorang, seperti struktur tulang, warna kulit, warna mata, dan bentuk rambut. Sementara etnisitas adalah aspek budaya, tetapi juga mencakup kebangsaan, budaya daerah, keturunan, dan bahasa.

Cokelat, putih, atau hitam (semua dari berbagai belahan dunia) adalah contoh ras, sedangkan asal Jerman atau Spanyol (tidak tergantung warna) atau Han Cina adalah contoh etnis.

Pendidikan Sosiologi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.