VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

8+ Kumpulan Soal SOAL ESSAY EVALUASI Terbaru dengan Kunci Jawaban

Halo.. teman, Di website caktekno.com hari ini 24-Apr-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang SOAL ESSAY EVALUASI | Contoh Soal Essay yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 10 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal SOAL ESSAY EVALUASI | Contoh Soal Essay 2022/2023 Lengkap



1. Apa yang kamu ketahui tentang jaringan computer dan kenapa jaringan computer sangat diperlukan ?

a. Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data-informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan lain sebagainya. Awalnya networking atau jaringan komputer adalah sambungan komputer ke komputer dalam bentuk topologi bus.Karena jaringan computer tersebut digunakan sebagai media transmisi atau sebagai media komunikasi, yang dimana gar dapat saling berbagi data dan informasi.
[Jawaban Benar]



2. Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data-informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan lain sebagainya. Awalnya networking atau jaringan komputer adalah sambungan komputer ke komputer dalam bentuk topologi bus.

Karena jaringan computer tersebut digunakan sebagai media transmisi atau sebagai media komunikasi, yang dimana gar dapat saling berbagi data dan informasi.

a. 3 Protokol yang dikenal di jaringan computer :NetBEUI (NetBIOS Extended User Interface) menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter, dimana 15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk tipe dari entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga jaringan dengan NetBEUI bersifat lokal, atau tidak bisa menghubungkan 2 jaringan NetBEUI. IPX/SPX (Internet/Sequence Packet eXchange), merupakan pengembangan dari NetBEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console. TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol), menggunakan aturan penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik (dot decimal). TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling banyak digunakan, karena didorong dari kenyataan bahwa Internet menggunakan protokol TCP/IP. 
[Jawaban Benar]



3. Di jaringan computer terdapat 4 jenis jaringan, Sebutkan dan berikan juga penjelasan nya

a. PAN ( Personal Area Network ) adalah jaringan telekomunikasi antara satu perangkat dengan perngkat lain dalam jarak yang sangat dekat.LAN (Local Area Network) adalah Jaringan computer yang jaringan hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan computer kampus, Gedung,kantor, dalam rumah, sekolah atu lebih kecil. 
[Jawaban Benar]



4. Model OSI adalah sebuah model yang artitekural jaringan yang dikembangkan oleh badan Internation Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada Tahun 1977. Sebutkan layer yang ada di Model OSI. ?

a. Layer Model OSILayer AplicationLayer PresentionLayer SessionLayer TransportLayer NetworkLayer Data LinkLayer Physical
[Jawaban Benar]



5. Pada awalnya Model OSI diluncur yang sebagai basis pengembangana protokol – protokol jaringan, namun tiba tiba ada kegagalan. Sebutkan factor kegagalan dari Model OSI tersebut. ?

a. Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa factor berikut :Standart model refrensi ini, jika dibandingkan dengan model refrensi DARPA (Model Internet) yang dikembangkan oleh internet Engginering Task Force (IETF), sangat berdekatan. Model DARPA adalah model basis protocol TCP/IP yang popular digunakan.Model ini dianggap sangat kompleks. Beberapa fungsi (seperti halnya metode komunikasi connectionless) dianggap kurang bagus, sementara fungsi lainnya ( seperti flow control dan koreksi kesalahan) diulang-ulang pada beberapa lapisa.Pertumbuhan internet dan protocol TCP/IP (sebuah protocol jaringan dunia nyata) membuat OSI Model kurang diminati.
[Jawaban Benar]



6. Layer ke paling atas yaitu layer application , maka layaer ke dua di Model OSI adalah ?

a. Layer Data Link
[Jawaban Benar]



7. Layer yang mengontrol dan mengakhir suatu percakapan, disebut layer berapa ?

a. Layer Sesion
[Jawaban Benar]



8. Topologi jaringan yang sederhana disebut topologi ?

a. Topologi Bus
[Jawaban Benar]



9. Sebutkan jenis topologi jaringan dan jelaskan ?

a. Jenis Topologi :Topologi BusTopologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa computer dihubungkan pada kabel tersebut.Topologi StarTopologi star atau disebut juga dengna topologi bintang adalah topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya memakai hub atau switch untuk koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan. Topologi RingTopologi ring atau sering disebut dengan topologi cincin merupakan suatu topologi jaringan yang dipakai untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan LAN card agar masing-masing komputer terkoneksi. Topologi MeshTopologi mesh adalah sebuah topologi yang bisa digunakan untuk rute yang banyak. Jaringan pada topologi ini menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat tanpa melalui hub atau switch.Topologi TreeTopologi tree merupakan salah satu bentuk kombinasi karakteristik antara topologi star beserta dengan topologi bus. Topologi ini terdiri atas beberapa kumpulan topologi star yang terhubung dalam 1 (satu) topologi bus sebagai jalur backbone. Komputer-komputer yang saling terhubung dengan hub, sementara itu hub lainnya dihubungkan sebagai salah satu jalur backbone.
[Jawaban Benar]



10. Di media jaringan tersebut terdapat 2 buah tipe kabel jaringan yaitu straight dan Crossover. Sebutkan warna apa saja terdapat kabel Straight dan Crossover.

a. Kabel StraightPutih orange-orange-putih hijau-biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklatKabel CrossoverPutih orange-orange-Putih Hijau-biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklat 
[Jawaban Benar]



Demikian Kumpulan Soal SOAL ESSAY EVALUASI | Contoh Soal Essay Terbaru dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar