VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

23+ Kumpulan Soal TEKS CERPEN KLS 9 Sederajat dengan Kunci Jawaban

Halo semuanya.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 09-May-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang TEKS CERPEN KLS 9 yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 12 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

23+ Soal TEKS CERPEN KLS 9 2022/2023 Lengkap



1. Sudah empat hari ini ia duduk di beranda rumah sore hari. Pandangannya tak lepas dari tangga gunung di pinggir desa. Tak ada lagi yang ia tunggu kecuali suaminya yang pergi ke seberang untuk mengais rezeki. Kalaupun ia bisa berlari, sepertinya ia ingin mengejar kepergian orang yang sangat dicintainya.

Unsur yang menonjol dalam kutipan cerpen di atas adalah …

a. tema
[Jawaban Salah]

b. karakter tokoh
[Jawaban Salah]

c. sudut pandang
[Jawaban Salah]

d. latar
[Jawaban Benar]



2. Terpaksalah Mbok Sutiyah mengeluhkan perasaannya kepada Nining sendiri.

“Kapan sekolahmu selesai, Nduk! Aku tak melihat apa gunanya sekolah terlalu lama seperti yang kau jalani itu!” Katanya di antara keluhan-keluhannya.

“Hanya tinggal berapa bulan lagi, Mbok. Selesai Ujian SMA, tamatlah sekolahku,” Jawab nining.

Kutipan teks cerpen di atas adalah bagian struktur orientasi berupa …

a. Penciptaan gambaran visual latar
[Jawaban Salah]

b. Penentuan waktu kisah, latar tempat, dan latar waktu
[Jawaban Salah]

c. Pengenalan tokoh dan penentuan peristiwa
[Jawaban Salah]

d. Penentuan peristiwa dan atmosfer
[Jawaban Benar]



3. Ruang pameraan itu tidak begitu penuh dikunjungi orang hingga tempat yang kecil itu tak hendak meledak. Berulang kali Pri melayangkan pandangannya ke sudut sana. Pokoknya, gadis itu punya pesona tersendiri, punya daya tarik tersendiri, punya magnet yang bisa mengajak mata untuk selalu menatapnya. Sebenarnya sih, sederhana saja penampilanya. Tetapi ia tampak istimewa dengan pakaian seragam seperti itu.


Ciri kebahasaan yang ditonjolkan dalam kutipan cerpen di atas adalah…

a. Penggunaan majas
[Jawaban Salah]

b. Penggunaan kata benda khusus
[Jawaban Salah]

c. Penggunaan ungkapan deskriptif untuk menggambarkan keadaan
[Jawaban Benar]

d. Penggunaan kata/kalimat emotif
[Jawaban Salah]



4. Karena terlalu banyak variasi, mobil Pian tidak sempat sampai di pecenongan. Agaknya pecenongan juga sudah sepi. Di samping itu, Pian sendiri sudah lupa mau ke mana. Setelah putar-putar nabrak sana nabrak sini, entah berapa korban yang jatuh, mobilnya mulai batuk-batuk. Periksa punya periksa rupanya bensinnya mulai habis.

Kalimat yang digarisbawahi merupakan ciri kalimat yang menggunakan majas …

a. Simile
[Jawaban Salah]

b. personifikasi
[Jawaban Benar]

c. metafora
[Jawaban Salah]

d. perbandingan tidak langsung
[Jawaban Salah]



5. Kalimat di bawah ini yang menggunakan majas simile adalah …

a. Dia memiliki hati batu
[Jawaban Salah]

b. Seekor burung pipit sedang berusaha mempertahankan nyawanya. Dia terbang bagaikan batu yang lepas dari ketapel sambil menjerit sejadi-jadinya
[Jawaban Benar]

c. Awan tertatih-tatih melintasi langit.
[Jawaban Salah]

d. Kerikil di jalan tampak pucat pasih.
[Jawaban Salah]



6. Menjelang malam, terdengar ketukan di pintu. Ayah lalu masuk sambil menenteng bungkusan yang sangat besar. Wajah ayah berseri-seri. Tetapi aku justru sembunyi dibalik bantal. Aku tak berani memandang wajah ayah yang berbinar-binar itu.


Kalimat yang bergaris bawah menggunakan majas …

a. Simile
[Jawaban Salah]

b. personifikasi
[Jawaban Salah]

c. perbandingan tidak langsung
[Jawaban Salah]

d. metafora
[Jawaban Benar]



7. Sedangkan Maura sudah mulai berburu menjelajahi toko-toko bermerk untuk membeli pashmina dengan motif yang disukai maminya. Hanya aku yang tak mempersiapkan apa-apa untuk Biyungku.“Kok Biyung, sih?” Tanya Maura dengan mimik lucu. “ Kenapa gak panggil mama, mami, atau ibu lah yang paling umum?” Ujarnya lagi. Aku hanya tersenyum.

“Orang Jawa zaman dulu memang kebanyakan memanggil ibu mereka dengan sebutan ‘Biyung’ sama saja, kok, artinya dengan mami, mother, mom, dan yang lainnya,” jelasku sambil tersenyum. Terlihat lirikan mata Yesha dengan senyuman yang membiasakan ejekan. Aku tak peduli.

Biyungku memang tak sebanding dengan mami dan mom-nya Maura dan Yesha yang memiliki gelar sarjana bahkan hingga Phd. Biyungku hanya seorang penjual tempe mendoan. Tapi sehari saja ia libur berjualan, seluruh desa akan merasa kehilangan pada racikan bumbu tempenya yang tiada duanya.


Kutipan teks cerpen di atas yang menonjolkan bagian struktur komplikasi adalah …

a. paragraf pertama
[Jawaban Salah]

b. paragraf kedua
[Jawaban Salah]

c. paragraf ketiga
[Jawaban Benar]

d. paragraf kedua dan ketiga
[Jawaban Salah]



8. Struktur teks cerpen adalah

a. Orientasi - insiden - interpretasi
[Jawaban Salah]

b. Orientasi - komplikasi - resolusi - koda
[Jawaban Salah]

c. Abstrak - orientasi - komplikasi - evaluasi - resolusi - koda
[Jawaban Benar]

d. Abstrak - orientasi - komplikasi - resolusi - interpretasi
[Jawaban Salah]



9. Ringkasan atau inti cerita pada cerpen terletak pada ...

a. abstrak
[Jawaban Benar]

b. orientasi
[Jawaban Salah]

c. evaluasi
[Jawaban Salah]

d. simpulan
[Jawaban Salah]



10. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...

a. abstrak
[Jawaban Salah]

b. orientasi
[Jawaban Benar]

c. komplikasi
[Jawaban Salah]

d. koda
[Jawaban Salah]



11. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...

a. Komplikasi
[Jawaban Benar]

b. abstrak
[Jawaban Salah]

c. orientasi
[Jawaban Salah]

d. evaluasi
[Jawaban Salah]



12. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...

a. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
[Jawaban Salah]

b. berbagai kerumitan bermunculan
[Jawaban Salah]

c. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
[Jawaban Salah]

d. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian
[Jawaban Benar]



13. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...

a. evaluasi
[Jawaban Salah]

b. resolusi
[Jawaban Salah]

c. komplikasi
[Jawaban Salah]

d. koda
[Jawaban Benar]



14. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...

a. alur progresif
[Jawaban Salah]

b. alur regresif
[Jawaban Benar]

c. alur campuran
[Jawaban Salah]

d. alur gabungan
[Jawaban Salah]



15. Bacalah teks berikut ini!

. . . .

“Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!”

“Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”

Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”

“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.


Kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian…..

a. orientasi
[Jawaban Salah]

b. resolusi
[Jawaban Salah]

c. koda
[Jawaban Salah]

d. komplikasi
[Jawaban Benar]



16. Berikut ini yang bukan struktur teks cerpen adalah …

a. rangkaian peristiwa
[Jawaban Salah]

b. komplikasi
[Jawaban Salah]

c. orientasi
[Jawaban Salah]

d. imajinasi
[Jawaban Benar]



17. Perhatikan data berikut ini!

1. Uraian deskriptif

2. Menggunakan sudut pandang pencerita

3. Menggunakan dialog

4. Menggunakan kata kerja teknis

5. Menggunakan kata kerja mental


Berdasarkan data di atas, yang merupakan ciri kebahasaan teks cerpen adalah …

a. 1,2,3,4, dan 5
[Jawaban Salah]

b. 1,2,dan 4
[Jawaban Salah]

c. 1,2,4, dan 5
[Jawaban Benar]

d. 2,4, dan 3
[Jawaban Salah]



18. Kali ini Karyamin tidak hanya tersenyum, melainkan tertawa keras-keras. Demikian keras sehingga mengundang seribu lebah masuk ke telinganya. Seribu lunang masuk ke matanya. Lambungnya yang kampong berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika melihat tubuh Karyamin jatuh terguling ke lembah Pak Pamong berusaha menahannya. Sayang, gagal.


Pada penggalan cerpen singkat di atas termasuk struktur teks cerpen bagian …

a. orientasi
[Jawaban Salah]

b. komplikasi
[Jawaban Salah]

c. rangkaian peristiwa
[Jawaban Salah]

d. resolusi
[Jawaban Benar]



19. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!

1. Menentukan perwatakan

2. Menentukan sudut pandang

3. Menyajikan peristiwa yang ditentukan dalam alur

4. Menentukan latar

5. Menentukan tema

Susunan yang tepat langkah menyusun teks cerpen adalah . . . .

a. 5,2,1,4,3
[Jawaban Benar]

b. 5,3,1,4,2
[Jawaban Salah]

c. 1,2,3,4,5
[Jawaban Salah]

d. 5,1,2,4,3
[Jawaban Salah]



20. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.

Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…

a. Mentari meredup
[Jawaban Salah]

b. Mentari di sebelah barat
[Jawaban Benar]

c. Ketika kerumunan tidak bersama
[Jawaban Salah]

d. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu
[Jawaban Salah]



21. (1)"Apakah peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari.


Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….

a. (1)
[Jawaban Salah]

b. (2)
[Jawaban Benar]

c. (3)
[Jawaban Salah]

d. (4)
[Jawaban Salah]



22. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama

Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)

"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)

Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)

”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)

Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...

a. (1)
[Jawaban Benar]

b. (2)
[Jawaban Salah]

c. (3)
[Jawaban Salah]

d. (4)
[Jawaban Salah]



23. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).


Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…

a. (1) dan (2)
[Jawaban Benar]

b. (2) dan (3)
[Jawaban Salah]

c. (3) dan (4)
[Jawaban Salah]

d. (4) dan (5)
[Jawaban Salah]



24. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.

Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….

a. Tingkah laku tokoh kamu
[Jawaban Salah]

b. Tingkah laku tokoh aku
[Jawaban Salah]

c. Dialog tokoh kamu
[Jawaban Salah]

d. Dialog tokoh aku
[Jawaban Benar]



25. Parjimin adalah tukang batu, tetangga Kurdi. Lumayan bagi mereka, mendapat proyek baru. Rupanya, proyek rumah gedong itulah yang selalu diperbincangkan Kurdi disetiap kesempatan. Di tempat perhelatan nikah, supitan, di tempat kerja bakti, sarasehan kampung, sampai ronda malam. Dia senantiasa tidak lupa menceritakan rencananya membangun rumah gedungnya itu.

Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, Kurdi bersifat …

a. pemberani
[Jawaban Salah]

b. baik
[Jawaban Salah]

c. egois
[Jawaban Salah]

d. sombong
[Jawaban Benar]



Demikian Kumpulan Soal TEKS CERPEN KLS 9 Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semoga bermanfaat

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar