Notifikasi

8+ Kumpulan Soal KUIS 1 Sederajat dengan Kunci Jawaban

Hai, Apa kabar?.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 13-Jun-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang KUIS 1 yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 8 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal KUIS 1 2022/2023 Lengkap



1. Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.


Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …

a. belakangan ini
[Jawaban Benar]

b. menjadikan
[Jawaban Salah]

c. tidak berlebihan
[Jawaban Salah]

d. berdampak
[Jawaban Salah]



2. Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia. Jadi, K-Pop telah dikenal di Indonesia lebih kurang 10 tahun terakhir.


Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksplanasi bagian ….

a. pernyataan umum
[Jawaban Benar]

b. deretan penjelas
[Jawaban Salah]

c. proses
[Jawaban Salah]

d. simpulan
[Jawaban Salah]



3. Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.


Struktur dalam teks eksplanasi di atas adalah...

a. Identifikasi persitiwa
[Jawaban Benar]

b. Rangkaian persitiwa/ kejadian
[Jawaban Salah]

c. Ulasan
[Jawaban Salah]

d. Kronologis
[Jawaban Salah]



4. Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia. Jadi, K-Pop telah dikenal di Indonesia lebih kurang 10 tahun terakhir.


Istilah populer berarti ….

a. tidak disukai oleh khalayak luas
[Jawaban Salah]

b. banyak dibicarakan orang
[Jawaban Salah]

c. mendapat perhatian orang banyak
[Jawaban Salah]

d. dikenal dan disukai orang banyak
[Jawaban Benar]



5. Kekeringan diklasifikasikan menjadi dua: kekeringan alamiah dan kekeringan antropogenik. Kekeringan alamiah terjadi akibat tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu musim, kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah, kekurangan kandungan air di dalam tanah sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman tertentu pada periode waktu tertentu pada wilayah yang luas, pasokan komoditi ekonomi kurang dari kebutuhan normal. Kekeringan antropogenik adalah kekeringan yang disebabkan oleh ketidakpatuhan pada aturan. Kekeringan antropogenik terjadi karena kebutuhan air lebih besar dari pasokan yang direncanakan akibat ketidak-patuhan pengguna terhadap pola tanam/pola penggunaan air dan kerusakan kawasan tangkapan air, sumber air akibat perbuatan manusia.


Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan pola pengembangan ….

a. kronologis
[Jawaban Salah]

b. kausalitas
[Jawaban Benar]

c. umum-khusus
[Jawaban Salah]

d. khusus-umum
[Jawaban Salah]



6. (1) Agar selalu terhindar dari bencana alam gempa bumi

(2) Penduduk dekat gunung berapi harus selalu waspada

(3) Gempa bumi sering terjadi di daerah gunung yang berapi

(4) Gempa bumi adalah getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan bumi


Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah ….

a. (4), (3), (2), (1)
[Jawaban Benar]

b. (3), (2), (4), (1)
[Jawaban Salah]

c. c. (1), (3), (2), (4)
[Jawaban Salah]

d. (1), (2), (3), (4)
[Jawaban Salah]



7. Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

Teks eksplanasi di atas berisi …

a. penyebab gempa
[Jawaban Salah]

b. penyebab terjadinya tsunami
[Jawaban Benar]

c. akibat tsunami
[Jawaban Salah]

d. proses terjadinya laut
[Jawaban Salah]



8. (1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.

(2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.

(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 30 kilometer per jam dilautan.

(4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.


Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ….

a. (1)
[Jawaban Salah]

b. (2)
[Jawaban Salah]

c. (3)
[Jawaban Salah]

d. (4)
[Jawaban Benar]



9. (1) Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). (2) Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. (3) Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. (4) Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. (5) Baik banjir yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, perlu diwaspadai dan diatasi.


Identifikasi fenomena dalam paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ... .

a. 1 dan 2
[Jawaban Benar]

b. 2 dan 3
[Jawaban Salah]

c. 3 dan 4
[Jawaban Salah]

d. 4 dan 5
[Jawaban Salah]



10. Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut.


Judul yang tepat untuk teks di atas adalah….

a. Gunung es tidak terlihat dari atas
[Jawaban Salah]

b. Proses terjadinya gunung es
[Jawaban Benar]

c. Pecahan gletser
[Jawaban Salah]

d. Air tawar membantu terjadinya es
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal KUIS 1 Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob

Kelas 8 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.