Notifikasi

3+ Kumpulan Soal KABINET DJUANDA | HISTORY Terbaru dengan Kunci Jawaban

Halo.. sahabat, Di website caktekno.com hari ini 19-Sep-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang KABINET DJUANDA | HISTORY yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 5 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

3+ Soal KABINET DJUANDA | HISTORY 2022/2023 Lengkap



1. Terjadi percobaan pembunuhan terhadap Presiden Soekarno di depan perguruan Cikini saat sedang menghadiri pesta sekolah tempat putra-putrinya bersekolah pada tanggal 30 November 1957 sehingga menyebabkan keadaan negara semakin memburuk dan mengancam persatuan negara. Peristiwa ini terjadi pada masa kabinet ....

a. Sukiman
[Jawaban Salah]

b. Wilopo
[Jawaban Salah]

c. Burhanudin Harahap
[Jawaban Salah]

d. Djuanda
[Jawaban Benar]

e. Natsir
[Jawaban Salah]



2. Pada Desember 1956, militer di beberapa daerah mengambil alih kekuasaan sipil, seperti di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Saat itu PKI tidak setuju dengan pengambilan kekuasaan itu RG Squad, akibatnya mereka banyak yang ditangkap oleh militer. Akibat hilangnya kekuasaan atas Sumatera, sumber perekonomian pun ikut hilang. Akibat kejadian ini, Nasution terpaksa harus mengakhiri Demokrasi Liberal. Setelah kejadian itu, Nasution mendesak Soekarno untuk mengumumkan darurat perang. Presiden Soekarno setuju, dan pada 14 Maret 1957, Ali Sastroamidjojo mengundurkan diri, sekaligus berakhirnya kabinet Ali saat itu. Pada 9 April 1957, dibentuklah Kabinet baru bernama Kabinet Karya Djuanda di bawah komando seorang non-partai, yaitu Ir. Djuanda Kartawidjaja sebagai Perdana Menteri. Ir. Djuanda juga didampingi oleh 3 orang wakil, yaitu Mr. Hardi, Idham Chalid, dan dr. Leimana.

a. 1957-1958
[Jawaban Salah]

b. 1957-1959
[Jawaban Benar]

c. 1957-1960
[Jawaban Salah]

d. 1957-1961
[Jawaban Salah]

e. 1957-1962
[Jawaban Salah]



3. Pada 9 April 1957, dibentuklah Kabinet baru bernama Kabinet Karya Djuanda di bawah komando seorang non-partai, yaitu Ir. Djuanda Kartawidjaja sebagai Perdana Menteri. Ir. Djuanda juga didampingi oleh 3 orang wakil, yaitu Mr. Hardi, Idham Chalid, dan dr. Leimana. Kabinet Djuanda saat itu bekerja di bawah bayang-bayang transisi antara Demokrasi Liberal menuju Demokrasi Terpimpin.

a. Memperjuangkan Irian Barat
[Jawaban Salah]

b. Membentuk Dewan Nasional
[Jawaban Salah]

c. Melanjutkan pembatalan KMB
[Jawaban Salah]

d. Normalisasi keadaan Republik Indonesia
[Jawaban Salah]

e. Meningkatkan ekonomi rakyat
[Jawaban Benar]



4. Dalam rentangan masa kerja Kabinet Djuanda banyak masalah yang muncul baik pertahanan keamanan di berbagai daerah dan juga geografi di wilayah Indonesia. Akhirnya langkah Kabinet Djuanda mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) untuk mengatasi beberapa pergolakan di berbagai daerah yang saat itu tidak stabil. Apa 3 isi pembahasan pada Musyawarah Nasional tersebut?

a. Pembangunan Nasional dan Daerah , Mengukur Batas Teritorial Laut , Memperbaiki Pemeritah
[Jawaban Salah]

b. Pembangunan Nasional dan Daerah , Membangun Angkatan Perang , Pembagian Wilayah RI
[Jawaban Benar]

c. Penstabilan Mata Uang , Pembebasan Irian Barat , Perundingan Penolakan Hasil KMB
[Jawaban Salah]

d. Penstabilan Mata Uang , Pengurangan Penduduk Jawa , Meredakan Pertentangan di berbagai daerah
[Jawaban Salah]

e. Perbaikan Program Kerja , Meningkatkan Ekonomi , Mempersiapan Orde Baru
[Jawaban Salah]



5. Djuanda Kartawidjaja merupakan tokoh yang tidak berpartai..Kabinet ini ditunjuk oleh Presiden Soekarno atas usul Ali Sastroamidjojo.Kabinet inilah yang kemudian disebut kabinet karya dan menunjuk Djuanda sebagai perdana menteri.Menurut statement diatas apa latar belakang Soekarno membentuk kabinet Djuanda?

a. Soekarno ingin mengganti demokrasi liberal ke arah demokrasi terpimpin
[Jawaban Benar]

b. Soekarno ingin menunjuk Djuanda menjadi perdana menteri
[Jawaban Salah]

c. Usaha Soekarno untuk membentuk kabinet akibat kegagalan Kabinet Ali
[Jawaban Salah]

d. Ali ingin menunjuk Djuanda untuk mengisi kekosongan kabinet
[Jawaban Salah]

e. Presiden berharap masalah akibat kabinet terdahulu terselesaikan
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal KABINET DJUANDA | HISTORY Terbaru dengan Kunci Jawaban, Semangat Belajar Sob

Kelas 5 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.