Notifikasi

Ini Dia Alasan Kenapa Langit Berwarna Biru


Rona langit di siang hari sebenarnya berwarna ungu. Namun demikian, karena gelombang ungu merambat lebih jauh daripada gelombang biru, maka cahaya yang mencapai mata kita berwarna biru. Jadi, jika mata kita lebih peka, kita akan melihat bahwa langit benar-benar berwarna ungu, bukan biru sepanjang hari.

Menurut situs web resmi NASA, rona biru yang dirasakan oleh mata manusia di langit disebabkan oleh sinar matahari yang mencapai atmosfer bumi dan disebarkan ke segala arah oleh semua gas dan partikel di udara.

Faktor Penyebab Warna Biru Langit

Sinar matahari
Yang pertama disebabkan oleh sinar matahari. Sinar matahari tampak putih kekuningan apabila dilihat dengan mata telanjang. Pada kenyataannya, sinar matahari beraneka warna, seperti pelangi.

Sinar matahari memiliki beberapa spektrum warna dengan panjang gelombang yang berbeda. Apabila dibandingkan dengan warna lainnya, warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang

Atmosfer Bumi
Atmosfer Bumi juga dapat menyebabkan langit menjadi biru. Atmosfer Bumi terdiri atas banyak partikel, yang paling banyak adalah oksigen (O2) dan nitrogen (N2). Kandungan nitrogen di udara sekitar 78%, sedangkan kandungan oksigen sekitar 21%; sisanya adalah karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur oksida, dan partikel lainnya.

Ketika cahaya dari matahari mengenai atmosfer bumi, cahaya tersebut berinteraksi dengan partikel-partikel di atmosfer. Hamburan cahaya Rayleigh adalah hasil dari interaksi ini.

Cahaya biru dan ungu panjang gelombang pendek lebih mudah diserap oleh molekul udara. Akibatnya, cahaya biru dan ungu menjadi lebih tersebar dan tersebar. Juga harus disebutkan bahwa cahaya biru lebih terlihat daripada cahaya ungu karena intensitas cahaya ungu atau ungu yang lebih rendah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penglihatan Manusia
Warna biru diyakini lebih sensitif bagi mata manusia daripada violet. Akibatnya, biru langit mungkin lebih terlihat daripada violet atau ungu.

Hamburan oleh Rayleigh
Menurut penjelasan di simdos.unud.ac.id, langit berwarna biru karena adanya hamburan sinar matahari oleh molekul udara. Hamburan Rayleigh adalah nama yang diberikan untuk jenis hamburan ini.

Hamburan Rayleigh didefinisikan sebagai hamburan elastis sinar matahari (gelombang elektromagnetik) saat bergerak melalui partikel. Hamburan panjang gelombang pendek diketahui lebih efektif.

Intensitas cahaya yang dihamburkan berbanding terbalik dengan pangkat empat dari panjang gelombang yang dihamburkan, menurut persamaan hamburan Rayleigh.



Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.