Inilah Sejarah Perang Dunia I Terlengkap

Post a Comment
Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I (1914-1918)
Permulaan abad ke-20, dunia dikagetkan terjadinya perang yang melibatkan banyak negara. Perang yang diawali tahun 1914 dan berakhir pada tahun 1918 tersebut dikenal dengan Perang Dunia I. Beberapa faktor lazim yang menyebabkan terjadinya Perang Dunia I yakni sebagai berikut:

Timbulnya Persekutuan Militer
Rasa takut dari beberapa negara akan ancaman dari negara kompetitornya memunculkan usaha mencari kawan. Usaha mencari kawan ini menyebabkan timbulnya persekutuan militer yang bertujuan bersama-sama menghadapai ancaman atau serangan bangsa lain.

Berawal Jerman bersekutu dengan Austria untuk menghadapi tenaga Rusia pada tahun 1878. Kemudian Italia masuk ke persekutuan tersebut agar kedudukannya terhadap Prancis menjadi kuat. Dengan hal tersebut, terbentuklah Triple Alliance. Ketiga negara anggtoa persekutuan tersebut acap kali disebut dengan negara Sentral, sebab ketiga negara tersebut berlokasi di tengah Eropa.


Sedangkan, Inggris dan Prancis akan menyiapkan konfrontasi atas Triple Alliance tersebut. Saat menghadapi Jerman kedua negara tersebut ditambah negara Rusia menyusun persekutuan yang disebut dengan Triple Entente (1907). Ketiga negara beranggota persekutuan tersebut disebut dengan negara Sekutu (Allie Power).

  • Timbulnya Perlombaan Senjata

Kecurigaan dan ketakutan akan ancaman dari lawan membuat negara-negara Barat memperkuat diri dengan pertahanan dan persenjataan. Kaum Industrialis menciptakan senjata-senjata modern dan dijual kepada negara yang bermusuhan. Sikap saling mencurigai akibat perlombaan persenjataan menyebabkan keadaan semakin tegang dan panas.

Kronologi Perang Dunia I

Perang Dunia I – Faktor terjadinya Perang Dunia I akibat peristiwa penempakan putra mahkota Autria, Franz Ferdinand oleh anggota gerakan Serbia. Peristiwa tersebut menewaskan Franz Ferdinand terjadi pada tanggal 28 Juni 1914 Di Sarajevo (di kota Bosnia). Setelah insiden tersebut, Austria menyeruhkan Ultimatum kepada Serbia dan disususl dengan perang. Karena adanya persekutuan militer, perang ini dengan cepat meluas ke berbagai negara sehingga menjadi perang dunia. Negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I digolongkan dalam dua bagian besar saling berperang, yaitu sebagai berikut:
  • Negara blog Sentral, yaitu Jerman, Austria, Hongaria, Bulgaria dan Turki.
  • Negara blog Sekutu, yaitu Serbia, Rusia, Prancis, Inggris, Amerika Serikat, Italia dan Jepang.
Perang Dunia I berakhir dengan ditandatanganinya berbagai perjanjian di anatar negara-negara berperang. Jerman menyerah pada tanggal 1 November 1918. Negara lain seperti Turki, Austria dan lainnya lebih dahulu menyerah kepada pihka Sekutu.
Pihak Sekutu mengadakan perjanjian dengan Turki, yaitu:
  • Perjanjian Sevres yang kemudian diubah menjadi berjanjian Lausanne.
  • Jerman Mengadakan perjanjian damai dengan pihak Sekutu di Versailles pada tahun 1919. Perjanjian tersebut mengubah sebagian besar peta Eropa yang mengakibatkan Jerman kehilangan daerah narat dan daerah Elzes-Lotharingen diserahlan kepada Prancis.

Terbentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

Menjelang berakhirnya Perang Dunia I, Presiden Amerika Seriat Woodrow Wilson mengusulkan agar bangsa-bangsa di Dunia membentuk organisasi untuk meelihara perdamaian dunia. Usul itu terdiri dari 14 pasal yang terkenal dengan nama Wilson’s Fourteen Points. Atas dasar usul Presiden Wilson tersebut kemudian dibentuk organisasi Liga Bangsa-Bangsa (LBB).
Gagasan perdamaian Wilson yang terdiri atas 14 pasal perdamaian mengandung emapt hal yang penting, yaitu:
  1. Pembentukan Liga Bangsa-Bangsa
  2. Pembatasan Persenjataan
  3. Perjanjian ataupun diplomasi rahasia tidak diperbolehkan
  4. Setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri.
Liga Bangsa-Bangsa (LBB) merupakan lembaga kerja sama Internasional yang pertama. Tujuan dari pembentuan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yaitu menjalin kerja sama antarbangsa di berbagai bidang dan berusaha menciptakan suasana dunia yang aman dan damai. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) berdiri setelah Konferensi Perdamaian Paris, tepatnya pada tanggal 10 Januari 1920 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss yang merupakan negara netral. Pada mulanya, Liga Bangsa-Bangsa (LBB) terdiri dari 28 negara negara Sekutu dan 14 negara Sentral. Akan tetapi setelah berkembang menjadi 60 negara.
Dasawarsa sejak berdirinya Liga Bangsa-Bangsa (LBB), dunia diliputi dengan suasana aman dan damai. Akan tetapi dalam dasawarsa selanjutnya, dunia kembali diliputi suasaan tidak aman dan damai. Hal tersebut munculnya persekutuan negara untuk menghimpun kekuatan militer mereka, diantaranya Jepang, Jerman dan Italia yang terbentuk pada tahun 1939. Ketiga negara tersebut membuat negara yang Ekstrem (Fasisme).

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter