Sumber Data Untuk Menyusun Jurnal Pembalik Berasal Dari

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Akuntansi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Sebutkan Dan Jelaskan Tahapan Penyusunan Siklus Akuntansi Laporan Keuangan(20)

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang JURNAL PEMBALIK DAN NERACA SALDO SETELAH PEMBALIK - PERUSAHAAN DAGANG - Sebutkan Dan Jelaskan Tahapan Penyusunan Siklus Akuntansi Laporan Keuangan(20) jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Sebutkan Dan Jelaskan Tahapan Penyusunan Siklus Akuntansi Laporan Keuangan(20) Semangat Belajar Sob !!


JURNAL PEMBALIK DAN NERACA SALDO SETELAH PEMBALIK - PERUSAHAAN DAGANG - Sumber Data Untuk Menyusun Jurnal Pembalik Berasal Dari

materi ini ditujukan bagi siswa kelas XII IPS maupun siwa kelas XII MIPA Mapel lintas minat ekonomi yang berisi materi tentang cara menyusun Jurnal Pembalik ...

Jawaban 1 : Sebutkan Dan Jelaskan Tahapan Penyusunan Siklus Akuntansi Laporan Keuangan(20)


Jawaban :
Tahapan penyusunan siklus akuntansi laporan keuangan adalah 

1. Melakukan analisis transaksi keuangan dan mencatat ke jurnal umum dan jurnal khusus. 

2. Memindahkan (posting) transaksi tersebut ke buku besar. 

3. Menyiapkan neraca saldo belum disesuaikan. 

4. Menyiapkan dan menganalisis data penyesuaian. 

5. Menyiapkan kertas kerja/neraca lajur akhir periode (optional). 

6. Membuat ayat jurnal penyesuaian dan posting ke buku besar. 

5. Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian 

7. Penyusunan Jurnal Penutup 

8  Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan (Opsional) 

9. Penyusunan Jurnal Pembalik (Opsional)
Penjelasan :

 
Siklus akuntansi adalah urutan proses di suatu perusahaan atau entitas yang dimulai dari menganalisa transaksi-transaksi, mencatat, menyusun laporan keuangan, dan ditutup dengan proses mempersiapkan aktivitas akuntansi pada periode selanjutnya.
Pembukuan berbeda dengan akuntansi. Pada pembukuan, pekerjaan hanya sebatas sampai pada siklus saja. Namun pekerjaan akuntansi memiliki lingkup yang lebih luas, dimana didalamnya termasuk pemeriksaan (auditing), akuntansi manajemen, penyusunan sistem akuntansi, sampai perpajakan.
Fungsi buku besar dalam proses siklus akuntansi cukup penting, yaitu menyiapkan proses pada tahap berikutnya dalam penyusunan laporan keuangan.
Transaksi-transaksi yang dicatat di dalam jurnal umum dan jurnal khusus secara periodik dipindahkan (posting) sesuai dengan akun-akun di buku besar.
Posting adalah proses pemindahan saldo-saldo dari jurnal ke buku besar, termasuk mencatat tanggal transaksi, jumlah debit atau kredit dan referensi jurnal dalam akun.


Detil Jawaban  
Kelas : XII (SMA)  
Mapel : Ekonomi
Bab : Konsep Persamaan Dasar Akuntansi
Kode : 12.12.2
Kata kunci : siklus akuntansi

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter