Notifikasi

19+ Kumpulan Soal SOAL BAHASA INDONESIA PIDATO KELAS 9 Kelas 9th Sederajat dengan Kunci Jawaban

 Selamat pagi.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 26-Jan-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban  tentang SOAL BAHASA INDONESIA PIDATO KELAS 9 yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk KELAS 9th di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

19+ Soal SOAL BAHASA INDONESIA PIDATO KELAS 9 2022/2023 Lengkap

1. OSIS SMP Terbuka melaksanakan program penyuluhan dengan tema "Kenakalan Remaja". Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pihak kepolisian. Sebagai ketua OSIS, Naomi menyampaikan pidatonya.

a. Selamat pagi saya ucapkan kepada sekolah, narasumber, bapak-ibu guru dan teman-teman yang telah hadir pada acara itu.

[Jawaban Salah]

b. Bapak, Ibu dan teman-teman, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini.

[Jawaban Salah]

c. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini bermaksud agar kita mampu menjaga diri dari perbuatan yang tercela dan berbahaya.

[Jawaban Salah]

d. Demikian teman-teman,sesuai dengan program yang telah kita sepakati bersama, mari kita ikuti kegiatan ini sampai selesai. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.

[Jawaban Benar]


2. Bacalah kutipan pidato berikut!

a. Pemuda yang bersekolah tinggi harapan semua bangsa.

[Jawaban Salah]

b. Banyak pemuda yang terlibat pada hal-hal yang bersifat negatif.

[Jawaban Salah]

c. Pemimpin bangsa saat ini berasal dari pemuda-pemuda pada masa lalu.

[Jawaban Salah]

d. Gambaran bangsa di masa depan akan terlihat pada keadaan pemudanya saat ini.

[Jawaban Benar]


3. Bacalah kutipan pidato berikut!

a. Kami atas nama panitia mengucapkan selamat datang untuk melaksanakan pesantren kilat.

[Jawaban Benar]

b. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada kita.

[Jawaban Salah]

c. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, sehingga kegiatan ini bermanfaat.

[Jawaban Salah]

d. aya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan pesantren kilat ini

[Jawaban Salah]


4. Bacalah ilustrasi berikut!

a. Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME karena kita masih dilimpahkan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan pelantikan OSIS.

[Jawaban Benar]

b. Saya berharap kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan. Dengan begitu akan tercipta suasana yang kondusif.

[Jawaban Salah]

c. Saya menyampaikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu serta teman-teman.

[Jawaban Salah]

d. Bapak dan Ibu yang kami hormati, puji syukur kepada Tuhan karena kita dipertemukan dalam suasana yang bahagia ini. Tujuan kami datang ingin memberikan bingkisan.

[Jawaban Salah]


5. Bacalah ilustrasi berikut!

a. Tidak ada bagi kita untuk tidak memperingati hari Ibu. Hari Ibu akan jatuh setiap tanggal 22 Desember. Kami pun akan memperingatinya,

[Jawaban Salah]

b. Perjuangan seorang ibu untuk membersarkan anak-anaknya tidak cukup hanya dibalas dengan peringatan hari ibu. Jauh lebih dalam peringatan ini dimaksud untuk mengenang, menghargai, dan menghormati seorang ibu.

[Jawaban Salah]

c. Demikian pidato ini. Semoga peringatan Hari Ibu ini dapat dijadikan momen rasa cinta kita kepada Ibu. Jika ada yang kurang berkenan, mohon maaf.

[Jawaban Benar]

d. Tugas seorang ibu memang berat. Dari mengurus kebutuhan sehari-hari keluarga sampai mencuci pakaian. Tiap pagi ibu akan bangun lebih awal dan istirahat tidur terakhir.

[Jawaban Salah]


6. Bacalah ilustrasi berikut!

a. Kompos rumah tangga adalah sampah atau limbah yang berasal dari taman, halaman maupun meja makan maupun limbah rumah tangga lainnya, tidak selalu harus dibuang.

[Jawaban Salah]

b. Puji syukur kita sampai Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat berkumpul dalam rangka menyampaikan perlunya pengolahan sampah. Jangan disangka sampah itu tidak ada manfaatnya. Kalau kita jeli sustru sampah bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia.

[Jawaban Benar]

c. ebagai masyarakat yang peduli lingkungan, kita dapat mengelola sampah sehingga lebih bermanfaat. Langkah pertama yang dapat kita lakukan ialah memisahkan antara sampah organik dengan sampah non-organik.

[Jawaban Salah]

d. Demikian yang dapat saya sampaikan, bahwa cara pembuatan dan pengolahan kompos cukup sederhana, dengan membuat lubang galian di tanah dan menyimpan sampah organik dari rumah tangga selama kurun waktu tertentu.

[Jawaban Salah]


7. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

a. Akirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran seni dan kreativitas ini.

[Jawaban Salah]

b. Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.

[Jawaban Salah]

c. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panita, semoga pameran seni dan kreativitas siswa ini bermanfaat bagi semua.

[Jawaban Benar]

d. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan osis dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.

[Jawaban Salah]


8. Petugas pengelola pariwisata Taman Seroja memprediksikan terdapat sekitar 27 ribu pelancong yang datang ke tempat ini pada saat liburan akhir semester di tahun ini. Prediksi ini tentu saja tidak berlebihan karena berkaca pada jumlah pelancong yang datang pada saat musim liburan di tahun lalu. Dalam rangka menambah minat dan daya tarik pelancong, petugas pengelola akan mempersiapkan beberapa item hiburan baru speerti misalnya wahana air, pertunjukan musik, sulap, dan masih banyak lagi.

a. Adanya tambahan wahana air di tempat wisata taman seroja

[Jawaban Salah]

b. Prediksi peningkatan jumlah pelancong pariwisata taman seroja di tahun ini

[Jawaban Benar]

c. Taman seroja adalah tempat wisata terbaik di Indonesia

[Jawaban Salah]

d. Beberapa wahana baru taman seroja akan menarik minat para pelancong

[Jawaban Salah]


9. Petugas pengelola pariwisata Taman Seroja memprediksikan terdapat sekitar 27 ribu pelancong yang datang ke tempat ini pada saat liburan akhir semester di tahun ini. Prediksi ini tentu saja tidak berlebihan karena berkaca pada jumlah pelancong yang datang pada saat musim liburan di tahun lalu. Dalam rangka menambah minat dan daya tarik pelancong, petugas pengelola akan mempersiapkan beberapa item hiburan baru speerti misalnya wahana air, pertunjukan musik, sulap, dan masih banyak lagi.

a. Dari mana sajakah asal pelancong yang mengunjungi wisata taman seroja?

[Jawaban Salah]

b. Berapa jumlah nomonal pelancong yang telah diprediksikan oleh pengelola wisata taman seroja?

[Jawaban Benar]

c. Diantara beberapa wahana yang tersedia, bentuk hiburan jenis apa yang paling diminati oleh pelancong wisata taman seroja?

[Jawaban Salah]

d. Apakah prediksi yang dilakukan oleh pengelola taman seroja dirasa amat berlebihan?

[Jawaban Salah]


10. Dalam acara pelepasan siswa SMP Cempaka, Ahmad memberikan pidato sambutan mewakili siswa Kelas VII dan VIII.

a. Pertahankan prestasi kalian, agar orang tua kalian semakin bangga. Harapan saya, kalian lebih sukses pada masa mendatang.

[Jawaban Salah]

b. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.

[Jawaban Salah]

c. Berjuanglah terus sampai titik darah penghabisan. Seperti kata bijak, di mana ada kemauan, pasti ada jalan kesuksesan.

[Jawaban Salah]

d. Kami mengucapkan selamat dan sukses untuk Kakak. Semoga di jenjang yang lebih tinggi, Kakak lebih sukses.

[Jawaban Benar]


11. Dalam acara pengukuhan Pengurus OSIS SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua OSIS yang baru memberikan pidato sambutan.

a. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.

[Jawaban Salah]

b. Tingkatkan kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun program kerja yang jelas dan terarah.

[Jawaban Salah]

c. Selamat kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu menjadi tim yang solid dan saling mendukung.

[Jawaban Salah]

d. Terima kasih kepada semua yang telah memilih saya. Untuk menjalankan amanah ini, saya berharap dukungan dari semua pihak.

[Jawaban Benar]


12. SMP Pembina melaksanakan program OSIS penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba dengan mendatangkan narasumber kondang. Sebagai ketua OSIS, Rehan menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

a. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, narasumber, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini.

[Jawaban Salah]

b. Bapak ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga bisa melaksanakan program ini.

[Jawaban Salah]

c. eman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.

[Jawaban Benar]

d. Teman-teman, sesuai dengan program yang telah disepakati mari ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya.

[Jawaban Salah]


13. Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah…

a. “Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.

[Jawaban Benar]

b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”

[Jawaban Salah]

c. . “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur ulang".

[Jawaban Salah]

d. “Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.

[Jawaban Salah]


14. “Di sini anda adalah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan, wartawan, atau politisi. Akan tetapi, sebenarnya anda adalah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua adalah anak dari seseorang”.

a. Etika

[Jawaban Salah]

b. Logika

[Jawaban Salah]

c. Emosi

[Jawaban Benar]

d. Persuasi

[Jawaban Salah]


15. “Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di negara yang kita cintai ini.”

a. Merebut perhatian audiens

[Jawaban Salah]

b. Menunjukan kelayakan berbicara

[Jawaban Salah]

c. Menunjukan kelayakan berbicara

[Jawaban Salah]

d. Menunjukkan hubungan dengan audiens

[Jawaban Benar]


16. Mari kita lanjutkan perjuangan, beri dukungan pada komitmen pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.

a. Pembuka

[Jawaban Salah]

b. Penutup

[Jawaban Benar]

c. Isi

[Jawaban Salah]

d. Tujuan

[Jawaban Salah]


17. (1)Saya merasa takut berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan ozon. (2)Saya merasa takut untuk bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya, hingga Beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya hilang selamanya.

a. 1 dan 2

[Jawaban Benar]

b. 2 dan 3

[Jawaban Salah]

c. 3 dan 4

[Jawaban Salah]

d. 2 dan 4

[Jawaban Salah]


18. Pada hari ini kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pada kesempatan ini saya ingin mengemukakan Beberapa hal yang menurut saya penting untuk kalian. Pendidikan sangat penting dalam hidup ini.

a. Pentingnya pendidikan bagi manusia dalam hidup.

[Jawaban Benar]

b. Pentingnya hari pendidikan bagi seluruh siswa sekolah.

[Jawaban Salah]

c. Cara memanfaatkan kesempatan untuk belajar.

[Jawaban Salah]

d. Pentingnya menuntut ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

[Jawaban Salah]


19. Pernyataan berikut yang termasuk kalimat aktif intransitif adalah ....

a. Riko tertidur di rumah Rayhan.

[Jawaban Benar]

b. Ani menendang bola dengan kakinya.

[Jawaban Salah]

c. Rina membaca majalah Panjebar Semangat.

[Jawaban Salah]

d. Dina makan nasi goreng buatan ibunya.

[Jawaban Salah]


20. Bacalah teks kutipan pidato berikut!

a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.

[Jawaban Salah]

b. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

[Jawaban Benar]

c. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.

[Jawaban Salah]

d. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.

[Jawaban Salah]


Demikian Kumpulan Soal SOAL BAHASA INDONESIA PIDATO KELAS 9 Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob


Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.