Notifikasi

Daerah Mesosfer Yang Mengalami Ionisasi Disebut

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Geografi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Lapisan Atmsofer Berdasarkan Temperaturnya ​

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Lithosfer - Lapisan Atmsofer Berdasarkan Temperaturnya ​ jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Lapisan Atmsofer Berdasarkan Temperaturnya ​ Semangat Belajar Sob !!


Lithosfer - Daerah Mesosfer Yang Mengalami Ionisasi Disebut

Jawaban 1 : Lapisan Atmsofer Berdasarkan Temperaturnya ​


Jawaban:

1. lapisan trosposfer Troposfer merupakan suatu lapisan udara yang menempel di permukaan bumi. Lapisan ini adalah seuah lapisan terendah dari seluruh lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi.
Pada bagian atas khatulistiwa, lapisan ini mencapai hingga ketinggian 19 km. Sementara di atas kutub, lapisan ini mencapai ketinggian hingga 8 km.- Ciri-ciri dari lapisan troposfer adalah sebagai berikut:
Pada umumnya, lapisan ini merupakan lapisan yang paling tipis dengan memiliki ketebalan sekitar 12 km dari permukaan tanah.
Ketinggian dari troposfer berbeda-beda di setiap tempat. Pada daerah kutub, ketinggian lapisan ini sekitar 8 km serta di daerah khatulistiwa atau daerah ekuator dapat mencapai hingga ketinggian 16 km.
Lapisan troposfer merupakan lapisan yang berkaitan langsung dengan permukaan bumi serta dipakai sebagai tempat tinggal untuk berbagai jenis makhluk hidup.
Tempat berlangsungnya peristiwa cuaca serta iklim, seperti hujan, angin, petir, dan juga awan.
Di dalam lapisan roposfer terdapat lapisan tropopause yang merupakan lapisan antara troposfer serta stratosfer.

2.) Lapisan stratosferterletak di atas tropopause hingga pada ketinggian 50 km.
Di dalam lapisan ini berlangsung angin berhembus sangat kencang serta mempunyai pola aliran tertentu.
Pada lapisan stratosfer inilah merupakan tempat terbangnya pesawat.
Di dalam stratosfer ada bagian lapisan yang sangat penting yang tak lain merupakan lapisan ozon.
Pada lapisan stratosfer terbagi menjadi dua lapisan, diantaranya yaitu: lapisan isothermal serta lapisan inversi. Berikut penjelasannya:
Lapisan isothermal merupakan berasal dari kata iso yang artinya sama serta term yang artinya panas.
Sehingga dalam lapisan ini merupakan temperatur udaranya tetap, yakni sekitar -600 . Lapisan ini terletak pada ketinggian 11-20 km.
Lapisan invesi terletak di ketinggian 20-50 km. Makin ke atas temperaturnya akan semakin meningkat serta di ketinggian 50 km temperaturnya akan masih di bawah beku (-50 C).
Kenaikan temperatur udara yang terjadi pada lapisan ini dikarenakan adanya gas ozon. Puncak stratosfer di batasi oleh lapisan stratopause yang merupakan batas antara stratosfer dengan mesosfer.
Ciri-ciri dari lapisan stratosfer adalah sebagai berikut:
Lapisan stratosfer adalah lapisan yang berada di ketinggian sekitar 12-60 km.
Suhu dalam lapisan ini akan meningkat dengan bertambahnya ketinggian, yaitu dari -60°C (pada tropopause) sampai 10°C pada puncaknya.
Dalam lapisan ini terdapat lapisan ozon (ozone layer) yang memiliki tugas untuk melindungi bumi dari radiasi ultraviolet matahari dengan cara menyerap sinar yang berlebih.
Serapan dari radiasi matahari oleh ozon inilah yang dapat mengakibatkan suhu udara naik pada setiap bertambahnya ketinggian .
Dalam lapisan ini idak mengandung uang air, awan, ataupun debu. Sehingga udara di dalam lapisan ini kering.
Terdapat lapisan stratopause yang merupakan lapisan antara stratosfer dengan mesosfer.- Lapisan stratosfer terdiri atas:- Lapisan isotherm- Lapisan panas- Lapisan campuran atas

3.
Lapisan Mesosfer
Ketinggian dari lapisan mesosfer antara 50-85 km dengan karakteristik di mana makin ke atas, maka temperatur udara akan makin rendah.
Tiap kenaikan 1000 m, temperatur udara turun menjadi 2,50-30 C. Dalam lapisan mesosfer di bagian atas, temperaturnya mencapai hingga -900 C. Puncak mesosfer telah dibatasi oleh lapisan mesopause.
Di dalam lapisan yang satu ini adalah lapisan di mana terdapat bagian yang bisa mengikis benda-benda langit yang masuk ke dalam permukaan bumi.
Benda langit tersebut dapat berupa komet, meteor, debu angkasa, atau benda-benda asing angkasa yang lainnya.


Proses dari pengikisan berbagai benda itu adalah dengan cara terkikis sedikit demi sedikit dan kemudian akan terbakar sebab telah bergesekan dengan udara yang terkandung di dalam lapisan ini.
Ciri-ciri dari lapisan mesosfer adalah sebagai berikut:
Ketinggiannya berada di sekitar 60-80 km.
Suhu pada lapisan mesosfer sekitar -50°C hingga -70°C.
Lapisan mesosfer adalah lapisan yang melindungi bumi dari berbagai ancaman benda luar angkasa seperti meteor dan benda-benda langit lainnya yang akan jatuh ke bumi.
Terdapat lapisan mesopause yang merupakan lapisan antara mesosfer dengan termosfer.

4. Lapisan Termosferlapisan atmosfer yang mampu memantulkan gelombang radio adalah lapisan
Lapisan termosfer ini berada di ketinggian 85-500 km. -
Ciri-ciri dari lapisan termosfer adalah sebagai berikut:
Lapisan termosfer ini berada di ketinggian 85-500 km.
Lapisan ini juga sering disebut seabgai lapisan panas (hot layer).
Lapisan ionosfer memiliki fungsi sebagai penyebaran gelombang radio.5.
Lapisan Eksosfer
Lapisan eksosfer ini adalah suatu lapisan dari atmosfer yang berada di bagian paling luar. Lapisan eksosfer terletak di ketinggian 500 km ke atas.- Ciri-ciri dari lapisan eksosfer adalah sebagai berikut:
Lapisan eksosfer terletak di ketinggian 500 km ke atas.
Lapisan atmosfer berada di bagian paling luar, sehingga pengaruh gaya gravitasi sangatlah kecil. maaf kalau salah...

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Pembahasan :
Didalam planet bumi, memiliki 5 lapisan atmosfer, diantaranya Lapisan Troposfer, Lapisan Stratosfer, Lapisan Mesosfer, Lapisan Termosfer, dan lapisan Eksosfer.1. Lapisan Troposfer (
Kisaran suhu 17 sampai -52 derajat celcius), merupakan atmosfer yang paling dasar, atmosfer yang berjarak sekitar 0-12 km dari permukaan tanah, dan berguna sebagai penyeimbang suhu udara. 
Pada lapisan ini memiliki suhu yang tidak menentu, suhunya bergantung ketinggian permukaan tanah, apabila semakin tinggi ketinggian tanahnya maka suhu di atmosfer akan lebih dingin, begitu juga sebaliknya.2. Lapisan Stratosfer (
Kisaran suhu -52 sampai 18 derajat celcius), merupakan lapisan atmosfer setelah lapisan Troposfer yang jarak lapisannya berkisar 12 - 60km dari permukaan tanah, karena didalam lapisan ini mengandung senyawa gas O3, peran penting dari lapisan ini sebagai penyerap sinar ultraviolet.3. Lapisan Mesosfer (
Kisaran suhu -50 sampai 70 derajat celcius), merupakan lapisan ketiga yang memiliki jarak dari permukaan berkisar 60 sampai 80 km. Peran penting dari lapisan mesosfer ini sebagai pelindung bumi dari jatuhnya meteor meteor yang masuk kedalam bumi. Pada lapisan ini, meteor yang masuk akan dibakar habis sebelum memasuki lapisan atmosfer yang kedua.4. Lapisan Termosfer (
Kisaran suhu 40 sampai 1982 derajat celcius), merupakan lapisan keempat yang memiliki jarak dari permukaan bumi berkisar 80 - 100km. Suhu yang tinggi dilapisan ini disebabkan karena semakin besar jumlah paparan radiasi ultraviolet yang diserap. Didalam lapisan ini memiliki muatan listrik, sehingga pada masa dahulu digunakan untuk membantu memancarkan sinyal radio dan perangkat sejenisnya.5. Lapisan Eksosfer (
Kisaran suhu bisa mencapai 2.200 derajat Celcius), meupakan lapisan terakhir yang jaraknya paling jauh dari permukaan bumi, berkisar dari 800 - 3.260 Km dari permukaan bumi. Lapisan terluar ini fungsi utamanya sebagai refleksi sinar matahari (memantulkan sinar matahari).

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Geografi Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.