Notifikasi

Metabolisme Anabolisme Dan Katabolisme

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Biologi pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Bagaimanakah Kaitan Antara Katabolisme Dan Anabolisme

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Metabolisme Sel Katabolisme dan Anabolisme - Bagaimanakah Kaitan Antara Katabolisme Dan Anabolisme jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Bagaimanakah Kaitan Antara Katabolisme Dan Anabolisme Semangat Belajar Sob !!


Metabolisme Sel Katabolisme dan Anabolisme - Metabolisme Anabolisme Dan Katabolisme

Metabolisme sel dibagi menjadi dua yaitu katabolisme sel dan anabolisme sel. Katabolisme adalah pemecahan zat kompleks ...

Jawaban 1 : Bagaimanakah Kaitan Antara Katabolisme Dan Anabolisme


Anabolisme yaitu serangkaian reaksi kimia yang substrat awalnya merupakan molekul kecil dan produk akhir yang dihasilkan yaitu molekul besar. Anabolisme bertujuan untuk menyusun atau sintesis molekul. Proses anabolisme membutuhkan energi dari luar.
Energi yang dibutuhkan dalam proses anabolisme dapat berupa energi kimia dan energi cahaya yang nantinya akan digunakan untuk mengikat senyawa-senyawa yang sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Ada tiga tahapan dasar dalam anabolisme, tahapan pertama yaitu memproduksi prekusor, seperti asam amino, nukleotida, dan monosakarida. Tahapan kedua yaitu pengaktivasian senyawa-senyawa menjadi bentuk yang reaktif dengan menggunakan energi dari ATP. Tahapan ketiga yaitu penggabungan prekusor menjadi molekul kompleks, antara lain polisakarida, asam nukleat, lemak, dan protein.
Katabolisme yaitu serangkaian reaksi yang bertujuan untuk penguraian atau pembongkaran molekul - molekul. Berbeda dengan anabolisme, katabolisme menghasilkan energi. Fungsi katabolisme yaitu menyediakan energi kimia yang dibutuhkan untuk aktivitas kehidupan makhluk hidup, baik tingkat seluler maupun tingkat individu dan menyediakan bahan baku untuk sintesis terhadap molekul lain.
Tujuan dari reaksi yang dihasilkan oleh katabolisme yaitu membebaskan energi yang berada pada adenosin trifosfat atau ATP. Penguraian energi yang terjadi pada reaksi katabolisme disebut dengan proses respirasi.
Proses anabolisme dan katabolisme tidak dapat dipisahkan satu sama lain, mereka berlangsung secara berkelanjutan dan bersama-sama. Keduanya diperlukan dalam tubuh organisme untuk mengubah energi, sehingga energi yang ada dalam tubuh organisme tetap tersedia. Reaksi katabolisme memicu anabolisme, sebab dalam anabolisme cenderuang membutuhkan energi, sedangkan katabolisme melepaskan energi dan katabolisme menghasilkan ATP yang digunakan untuk anabolisme.
Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi katabolisme dan anabolisme? Ada dua faktor yang berpengaruh terhadap proses katabolisme dan anabolisme. Hal tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Proses katabolisme dan anabolisme dalam suatu organisme berlangsung secara kontinyu dan bersamaan. Keduanya merupkan proses pengubahan energi sehingga energi dalam tubuh organisme tersebut teap

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Biologi Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.