Teknik Peleburan Sudah Dikenal Oleh Masyarakat Praaksara Pada Masa

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran IPS pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Mengapa Masa Perundagian Merupakan Akhir Masa Praaksara Di IndonesiaDikumpulkan Besok

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara - Mengapa Masa Perundagian Merupakan Akhir Masa Praaksara Di IndonesiaDikumpulkan Besok jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Mengapa Masa Perundagian Merupakan Akhir Masa Praaksara Di IndonesiaDikumpulkan Besok Semangat Belajar Sob !!


Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara - Teknik Peleburan Sudah Dikenal Oleh Masyarakat Praaksara Pada Masa

Zamanpraaksara #Sejarah #History.

Jawaban 1 : Mengapa Masa Perundagian Merupakan Akhir Masa Praaksara Di IndonesiaDikumpulkan Besok


Jawaban:

karena perundagian itu menggambarkan orang yang bercocok tanam dan memburu sehingga pada saat akhir praaksara disebut dengan perundagian. 


Penjelasan : 

Masa perundagian merupakan salah satu pembabakan kehidupan manusia pra-aksara berdasarkan teknologi yang digunakan. Para ahli meyakini bahwa era perundagian terjadi pada tahun 500 sebelum masehi. Manusia yang hidup di zaman ini sudah dapat mengolah bijih logam menjadi peralatan sehari-hari melalui teknik peleburan.

Namun teknik ini belum sempurna dan sehebat sekarang, melainkan masih menggunakan peralatan yang seadanya. Meski demikian, hasilnya luar biasa dan justru bisa bertahan hingga ribuan tahun kemudian.
Dimulainya masa perundagian ditandai dengan mulai dikenalnya bijih logam dan teknik peleburan logam oleh manusia primitif.
Pada masa ini pula terjadi pembaruan beberapa ras manusia prasejarah yang menjalani kehidupan secara berkelompok, yaitu ras austromelanesia dan ras mongoloid.
Kemampuan kelompok ini dalam menciptakan peralatan logam menjadi mula munculnya teknologi undagi. Peralatan logam ini pun meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka dibandingkan dengan manusia purba lain yang masih menggunakan peralatan batu.

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..


Jawaban:
Periode perundagian dimulai pada zaman logam, yaitu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Pada masa perundingan (undagi = tukang) atau yang lebih dikenal dengan masa mengolah logam ini, manusia purba sudah mengenal bijih logam. Mereka sudah lebih berpengalaman sehingga dapat mengenali bijih-bijih logam yang dijumpai meleleh di permukaan tanah. Bijih logam yang ditemukan terutama berasal dari tembaga. Kemudian mereka membuat alat-alat yang diperlukan dari bahan bijih logam yang ditemukan. Pada masa ini juga telah terjadi pembauran antara manusia purba, ras mongoloid, dan ras austromelanesia. Kemampuan mengolah logam muncul setelah alat-alat dari batu tidak dapat diandalkan dan cepat mengalami kerusakan.
Penjelasan:semoga membantu

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter