Notifikasi

Pengertian Antropologi Sosial, Bentuk dan Contohnya

Antropologi sosial merupakan perpaduan antara sosiologi dan antropologi yang mendalami gaya berpikir dalam kehidupan masyarakat di lingkungan sosialnya. Akibatnya, penting untuk menyadari bahwa banyak perubahan akan terjadi dalam kehidupan sosial, yang tidak diragukan lagi akan memberikan keuntungan dan kerugian dalam kehidupan.

Antropologi sosial dapat dilihat dari berbagai perspektif atau pola pikir manusia dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan sebagai akibat dari perkembangan tersebut.

Pengertian Antropologi Sosial

Pengertian Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan sosial masyarakat dan bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain, sehingga kajiannya dikaitkan dengan perkembangan unsur-unsur budaya dan masyarakat modern.

Contoh Antropologi Sosial

  • Pola perilaku manusia

Perilaku manusia dalam situasi sosial tentu saja berbeda-beda. Setiap pola perilaku manusia dapat ditelaah dan dijadikan contoh antropologi sosial. Setiap individu yang terlibat dalam proses sosial dan interaksi sosial dengan orang lain akan menunjukkan pola perilaku yang berbeda, yang dapat dievaluasi atau diteliti.

  • Pemahaman budaya manusia

Definisi budaya atau definisi tradisi yang ada dalam suatu komunitas adalah contoh lain dari antropologi sosial. Banyak hal yang dapat dipelajari tentang kehidupan sosial dalam masyarakat, hubungan individu satu sama lain, dan sebagainya dengan mempelajari adat atau budaya yang berbeda.

  • Pertumbuhan atau penurunan populasi

Populasi dalam kehidupan masyarakat adalah contoh lain dari antropologi sosial yang dapat dipelajari. Karena keberadaan populasi ini, setiap orang mampu melakukan proses hubungan sosial satu sama lain. sedemikian rupa sehingga dapat berdampak pada berbagai penyesuaian dalam pemikiran setiap orang

Menurut definisi yang diberikan, antropologi sosial adalah studi yang menganalisis budaya hidup orang-orang dari etnis tertentu. Antropologi ini akan mengkaji berbagai karakteristik manusia mulai dari tradisi, konvensi, dan nilai-nilai kehidupan lainnya.

Akibatnya, antropologi sosial dapat didefinisikan sebagai ilmu yang menyelidiki beragam situasi atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Antropologi Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.