Notifikasi

3+ Kumpulan Soal BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 Sederajat dengan Kunci Jawaban

Selamat Sore.. teman, Di website caktekno.com hari ini 20-Apr-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 | Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 2nd di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

3+ Soal BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 | Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 2022/2023 Lengkap



1. Setiap tahun disekolah saya diadakan perkenalan bersama (Persama) dari berbagai kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4-15 September 2004 di perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal. Kalimat berisi tujuan pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

a. A. Kegiatan OSIS ini sudah disusun dalam program jangka panjang sehingga harus dilaksanakan sesuai dengan program yang ada.
[Jawaban Salah]

b. B. Kegiatan ini dilaksanakan di Cidahu, Sukabumi dan pesertanya adalah seluruh siswa kelas X dan pengurus OSIS.
[Jawaban Salah]

c. C. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 4-5 September 2004, untuk itu segera daftarkan diri ke ruang secretariat OSIS
[Jawaban Salah]

d. D. Kegiatan persama ini diadakan untuk mengakrabkan dan menjalin kerja ama antara anggota OSIS dari berbagai ekstrakulikuler yang ada di sekolah
[Jawaban Benar]

e. E. Kegiatan ini memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, setiap peserta dikenakan biaya Rp. 50.000.00
[Jawaban Salah]



2. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….

a. A. R. A. Kartini. 1987. Habis Gelap terbitlah Terang. Jakarta: balai Pustaka.
[Jawaban Salah]

b. B. Keraf, Gorrys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
[Jawaban Benar]

c. C. Gorrys, Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
[Jawaban Salah]

d. D. Kridalaksana, Harimukti dan Kentjano, Joko, Seminar Bahasa Indonesia 1968, Ende Flores: Nusa Indah, 1971
[Jawaban Salah]

e. E. Rosidi Ayip, 1977. Laut Biru Langit Biru, Pustaka Jaya, Jakarta
[Jawaban Salah]



3. Identitas Buku

Judul Buku: Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia Pengarang: Harimurti Kridalaksana dan Haris Maulana Tahun Terbit: 2013

Tempat Terbit: Banda Aceh Penerbit: Cahaya Ilmu.


3. Penulisan daftar pustaka yang benar untuk data buku tersebut adalah …

a. A. Harimurti Kridalaksana dan haris maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya ILmu
[Jawaban Salah]

b. B. Kridalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu
[Jawaban Benar]

c. C. Kridalaksana, Harimurti dan Maulana, Haris. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu
[Jawaban Salah]

d. D. Kridalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. (2013). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Cahaya Ilmu: Banda Aceh.
[Jawaban Salah]

e. E. Krisdalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu.
[Jawaban Salah]



4. Judul Buku : Laskar Pelangi

Pengarang : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta

Keunggulan : Hubungan antara satu bagian dari bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.

Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.


4. Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah ….

a. A. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari empat karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
[Jawaban Salah]

b. B. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran
[Jawaban Salah]

c. C. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dari bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
[Jawaban Benar]

d. D. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.
[Jawaban Salah]

e. E.. Buku ni ditulis oleh Andrea Hirata di Jakarta. Setelah kita membaca novel ini akan banyak kata-kata ilmiah yang kita dapat.
[Jawaban Salah]



5. (1) Herman : (jadi geli dan ketawa senang) … Bagaimana sih, kau ini? Jalan sudah cukup peringatanmu, yang aku maksud dengan perkatanyaku tadi ialah di mana aku dapat membantumu, disekolahmu atau di perpustakaan kota …(2) Wiji : di rumahku saja tidak usah jauh-jauh.

(3) Herman : [ …. ] (rasa takut) di rumahmu, aku takut.

(4) Wiji : Takut? Mengapa takut? Oh, … ya rumahku jelek, taka da TV-nya, minumnya air sumur banyak kutunya lagi …. Ya sudah (berlalu)

(5) Herman : Hee, tunggu dulu, kau ini bagaimana sih, kok sudah ngambek … aku maksudkan di sekolah atau di perpustakaan kota karena aku takut ayahmu.

(6) Wiji : (ketawa riang) …. Hiiih, Herman, kau ini pemuda apa sih, bertamu ke rumah orang kok takut?


5. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog nomor 3 tersebut adalah ….

a. A. Wah, saya setuju
[Jawaban Salah]

b. B. Ja, … ja, … jangan
[Jawaban Benar]

c. C. Tapi sebentar saja
[Jawaban Salah]

d. D. Oh, sepertinya cocok
[Jawaban Salah]

e. E. Baiklah
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 | Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob

Kelas 2nd Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.