Notifikasi

Apa Pengertian Komik

 Ini berubah seiring berjalannya waktu, dan definisi komik juga berubah seiring waktu. Memang benar bahwa definisi baru hanya menambah yang lama.

Menurut Scott McCloud, yang berbicara tentang komik, "komik terdiri dari gambar dan simbol lain yang ditempatkan bersebelahan atau bersebelahan dengan cara tertentu, yang bertujuan untuk memberikan informasi atau membuat pembaca merasakan sesuatu."

Komik disebut juga buku bergambar. Orang menggunakan komik untuk menyampaikan informasi dan karena mudah dipahami, komik bisa sangat berguna. Dalam buku ini, gambar dan teks bekerja sama untuk menceritakan sebuah kisah yang menarik dan menyenangkan.

Kata "komik" berasal dari kata Yunani "comicos," yang berarti "bercanda atau bersenang-senang." Komik bisa dikaitkan dengan komedi karena masih ada tautannya. Walaupun dulu komik selalu membicarakan hal-hal yang lucu, sekarang komik tidak selalu membicarakan hal-hal yang lucu. Masyarakat suka membaca dan membuat komik tentang hal-hal yang penting, sehingga mereka melakukannya. 

Buku Indiria Maharsi mengatakan bahwa komik adalah kumpulan gambar atau simbol yang disatukan dengan cara tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dan membuat pembaca merasa nyaman dengan apa yang mereka lihat. Akan ada banyak ruang bagi komikus atau komikus untuk menempatkan gambar dalam urutan tertentu, sehingga mereka dapat membuat jalan cerita yang mereka inginkan.

apa pengertian komik

Komponen yang membentuk komik

Saat Anda membaca komik, cobalah untuk memperhatikan. Apa saja bagian-bagiannya? Mari simak uraian berikut agar kalian bisa lebih memahami bagian-bagian apa saja yang menyusun sebuah komik.

1. Bagian-bagian panel

Panel adalah kotak yang memiliki gambar dan teks di dalamnya. Mereka dapat digunakan untuk membaca alur cerita yang jelas. Panel juga bisa disebut bingkai. Mereka datang dalam berbagai bentuk, bukan hanya kotak persegi. Dalam komik, McCloud mengatakan bahwa cara terbaik untuk membaca panel adalah dari kiri ke kanan, atas ke bawah, atau berlawanan arah dengan jam.

2. Bagian Parit

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan ruang antara panel. Itu disebut parit. Terserah komikus untuk memutuskan apakah ada parit dalam komik. Namun, memiliki parit dalam komik bisa menjadi semacam "lem" untuk panel cerita.

3. Bagian Balon Kata

Di panel komik, kata-kata atau tulisan digunakan untuk berbicara tentang cerita. Jenis balon yang disebut "balon kata" juga disebut "balon ucapan". Kata balon datang dalam tiga jenis berbeda: balon ucapan, balon pikiran, dan teks.

A. Balon ucapan diisi dengan kata-kata atau dialog karakter.

Seolah-olah mereka sedang berbicara, orang dalam balon bicara biasanya ditunjukkan dengan ekor panjang yang menunjuk ke arah mereka. Saat karakter berbicara, bentuk balon bicara tidak selalu harus berupa lingkaran besar. Itu berubah berdasarkan apa yang dikatakan karakter.

B. Balon pikiran

Pikiran adalah sesuatu yang dipikirkan, tetapi tidak diucapkan. Itulah yang buku ini adalah tentang. Bentuk balon pikiran biasanya lingkaran yang tidak melingkar. Mereka juga menggambar balon pikiran dengan latar belakang putih dan hanya teks pemikiran karakter di atasnya. Ini disebut "balon pikiran putih".

C. Kotak judul

Antara lain memiliki penjelasan naratif non-dialog yang biasanya berbentuk kotak. Agar pembaca lebih memahami apa yang terjadi dalam alur cerita, seorang komikus datang dengan penjelasan naratif.


Ciri-Ciri Komik

Ini adalah hal-hal yang membuat komik unik. Ada lima hal utama yang membuat komik unik, kata Ricky W. Putra dalam buku Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Aplikasi (2020).

  • Proporsional artinya membaca komik bisa membuat pembaca merasa menjadi bagian dari cerita. Ketika orang membaca buku komik, mereka merasa seperti menjadi bagian dari cerita.

  • Bahasa percakapan menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang.

  • Ada rasa kepahlawanan. Alasannya, komik bisa membuat pembacanya merasa seperti pahlawan.
  • Penggambaran bagaimana orang bertindak. Karakter buku komik digambar secepat dan sesederhana mungkin sehingga pembaca dapat lebih memahami mereka dan karakter mereka. Artinya beginilah cara menggambar karakter buku komik.
  • Humor ditemukan dalam buku ini. Selera humor membantu membuat cerita menjadi ringan dan mudah dipahami orang dalam komik.

Manfaat Membaca Komik

Di masa yang lebih maju seperti sekarang ini, media komik dikatakan dapat digunakan dalam banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Menyikapi kehidupan sosial masyarakat dengan hadirnya berbagai tema cerita dalam komik yang dapat dibaca atau ditonton masyarakat Namun, masih banyak komik bertema mistis atau spiritual yang masih dibuat hingga saat ini.

Jenis Buku Komik 

1. Kartun :Jenis buku komik ini seluruhnya terdiri dari grafik, gambar, dan balon. Biasanya mengandung sindiran atau humor lucu tentang sebuah perayaan.

2. Comic-Strip: Komik strip seringkali terdiri dari fragmen-fragmen dari keseluruhan panel komik yang dibuat secara terus menerus atau tidak langsung.

3. Buku Komik Tahunan
Seperti namanya, komik jenis ini hanya dirilis sekali atau dua kali dalam setahun.

4. Komik Online
Komik Web sering ditemukan menggunakan software pembaca komik online seperti Line Webtoon, MangaToon, dan lain-lain. Komik jenis ini populer di media sosial dan banyak dicari oleh pengguna internet.

5. Komic Book
Komik adalah sejenis buku komik yang dijilid dengan buku nyata. Komik ini biasanya bisa didapatkan di toko buku terdekat.

Baca Juga:

Perkembangan Komik Kontemporer


Pada awal 2010, seiring kemajuan teknologi, penggemar komik fisik mulai bermigrasi ke komik digital. Hal ini didukung dengan hadirnya serial komik bernama Si Juki yang muncul di banyak website dan platform media sosial. Selain itu, situs-situs khusus seperti Webtoon, Ciayo Comics, bahkan platform jejaring sosial seperti Instagram seringkali menyertakan komik digital yang diposting langsung melalui akun komikus tersebut.

Komik digital ini memiliki keunggulan dapat diakses melalui berbagai gadget mereka, sehingga tidak perlu lagi bagi para pecinta komik untuk mengunjungi toko buku untuk membeli komik asli. Bahkan komik digital dibuat dengan cara yang canggih menggunakan program yang menggabungkan musik dan gerakan.

Nurfadli Mursyid, komikus Tahilalats, adalah salah satu pelopor komik digital Indonesia. Banyak orang terus menikmati kartun digital Tahilalats, yang "dipublikasikan" melalui akun media sosial Instagram dan Twitter. Seperti penggunaan komik tradisional, terutama sebagai alat pemasaran produk, komik digital Tahilalats sering digunakan sebagai "tanah" promosi.

Namun, bukan berarti komik berwujud tidak laku. Penggemar dan kolektor buku komik, di sisi lain, terus menghargai ketersediaan komik asli karena mereka percaya bahwa membaca komik fisik meningkatkan pengalaman nostalgia. Dengan demikian, kehadiran komik digital dan fisik seimbang dalam kontribusinya terhadap pertumbuhan bisnis komik.

Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.