Notifikasi

Apa Pengertian Sepak Bola, Teknik Dasar Dan Manfaatnya

 Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia. Memang, game yang satu ini tidak diragukan lagi yang paling populer, mengingat tidak ada pertandingan tanpa penonton yang signifikan.

Selain sebagai olahraga, sepak bola berfungsi sebagai sumber hiburan bagi individu tertentu. Sebagai contoh, ada beberapa anak perempuan dan laki-laki yang tidak terlalu berbakat dalam sepak bola tetapi siap untuk berdesak-desakan ke stadion untuk menonton atau mendukung tim favorit mereka.

Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Sepak bola adalah olahraga tim yang terdiri dari 11 pemain di lapangan rumput, dengan tujuan utama mencetak gol ke gawang lawan. Sepanjang sejarah, peraturan sepak bola telah berkembang dari tahun ke tahun.

Secara internasional, sepak bola adalah olahraga tim yang terdiri dari 11 pemain. Pemain sepak bola diklasifikasikan sebagai penjaga gawang (goalkeeper), pemain bertahan (bek), gelandang (gelandang), dan penyerang (forwards) (menyerang). Secara alami, setiap posisi pemain memiliki tanggung jawab dan tanggung jawab sendiri berdasarkan instruksi pelatih.

Kita mungkin pernah berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola dengan teman-teman kita, dengan jumlah peserta yang terbatas dan waktu yang terbatas. Namun, segala sesuatu tentang sepak bola disusun dan didokumentasikan dengan cermat dalam skala global. Peraturan sepak bola internasional juga dimainkan selama periode dua jam standar dua babak 45 menit.

FIFA, sebagai badan sepak bola dunia, juga mengatur ukuran lapangan. Selain itu, ada dasar fundamental sepak bola tertentu yang perlu dipertimbangkan, seperti menendang dan menggiring bola. Meskipun ini adalah olahraga tim, penting untuk memiliki bakat dasar setiap orang.

Baca Juga : Pengertian Kebugaran Jasmani

Pandangan Para Ahli tentang Sepak Bola dan Sejarah Singkat 

1. Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli 

- Salim Agus

Sepak bola adalah olahraga beregu yang pemainnya menggunakan kakinya untuk memajukan bola sejauh mungkin ke arah gawang lawan dengan tetap berpegang pada peraturan yang telah ditentukan sebelumnya oleh organisasi sepak bola atau pihak lain yang disetujui.

- Soekatamsi Soekatamsi Soekatamsi Soekat (1994:3)

Sepak bola adalah olahraga tim yang terdiri dari 11 pemain, termasuk kiper.

- Muhajir Muhajir Muhajir Muhajir Mu (2007:22)

Sepak bola adalah permainan menendang yang tujuannya memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang lawan tidak menghasilkan bola.

- Luxbacher, Joseph A. (2008:2)

Sepak bola adalah olahraga tim yang terdiri dari dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Permainan ini dimainkan dengan menjaga gawang lawan dan berusaha membobol gawang lawan.

- Muchtar, Remmy (1992:27)

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan melalui pengolahan bola dan kontrol gerakan tubuh.

Sejarah Sepak Bola

Sepak bola awalnya mulai populer di Tiongkok pada abad kedua dan ketiga SM, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Orang Cina menggunakan bola kulit dan menendangnya ke jaring kecil pada saat itu.

Selain Cina, sepak bola populer di sejumlah negara lain, termasuk Jepang, Yunani, dan Roma. Pada saat itu, orang Jepang, Romawi, dan Yunani menikmati permainan ini.

Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan penerapan peraturan mendasar untuk memastikan popularitas permainan yang berkelanjutan. Meskipun olahraga ini dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola menjadi sangat populer di seluruh dunia.

FIFA (Fédération Internationale de Football Association) didirikan pada tahun 1904. FIFA adalah organisasi sepak bola dunia. Itu dibuat di Paris, Prancis, pada 21 Mei 1904.

Sepak bola kemudian berkembang menjadi olahraga di mana negara-negara bersaing untuk Piala Dunia. Uruguay menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia perdana pada tahun 1930, yang dimenangkan Uruguay.


Pengertian Sepak Bola Sepak Bola

Sepak bola secara umum adalah olahraga yang melibatkan penggunaan bola yang sering terbuat dari kulit dan dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 pemain inti dan banyak pemain cadangan

Sepak bola adalah olahraga beregu yang bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan cara menendang bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan persegi panjang berumput. Pihak yang menang dipilih dengan mencetak gol terbanyak selama waktu sepak bola, yaitu dua babak 45 menit.

Pengertian Sepak Bola menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sepak bola adalah permainan beregu yang dimainkan di lapangan dengan menggunakan bola sepak antara dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri dari sebelas pemain, selama dua babak selama 45 menit. Kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang dicetak oleh masing-masing tim.


Gol dalam Sepak Bola

Tujuan utama sepak bola adalah mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Selain itu, sepak bola melayani tugas lain dan mencapai tujuan tambahan, termasuk yang berikut ini.

  • Mencetak gol berlawanan dengan gawang lawan.
  • Mencegah serangan tim lawan untuk mencetak gol.
  • Kembangkan kolaborasi untuk membuat game lebih stabil.
  • Menjaga sportivitas antar pemain sepak bola dengan tetap berpegang pada prinsip fair play.
  • Tingkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.
  • Meraih status juara dalam olahraga sepak bola.


Teknik Dasar Sepak Bola

Secara umum, ada empat teknik dasar sepak bola: menendang bola, menggiring bola, menghentikan bola, dan menyundul.

  • Menendang bola dapat dilakukan dengan bagian luar atau bagian dalam kaki, atau dengan bagian belakang kaki.
  • Metode dribbling dapat dilakukan dengan bagian luar kaki, bagian dalam kaki, bagian belakang kaki, atau alternatif dengan kedua kaki.
  • Bola dapat dihentikan menggunakan bagian luar kaki, bagian dalam kaki, bagian belakang kaki, dada atau perut, atau kepala.
  • Menyundul bola adalah teknik yang dapat dilakukan dengan menggunakan kepala.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Menurut pedoman internasional, lapangan sepak bola harus memiliki panjang lapangan 90 hingga 120 meter dan lebar lapangan 45 hingga 90 meter. Tinggi gawang adalah 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

Kotak area gawang berjarak 5,5 meter dari garis gawang dan memiliki lebar sama dengan lebar gawang ditambah tambahan 5,5 meter di kedua sisi gawang. Sedangkan area kotak penalti 16,5 meter dari garis gawang, dengan lebar sama dengan lebar gawang ditambah 16,5 meter di kedua sisi gawang, luas totalnya sekitar 40,32 meter.

Titik pinalti terletak di posisi tengah, 11 meter atau 12 yard dari gawang. Sedangkan jarak antara titik tengah lapangan dengan garis lingkaran luar adalah 9,15 meter pada saat kick-off.

Durasi pertandingan sepak bola

Menurut standar internasional, permainan sepak bola harus berlangsung 2 x 45 menit. Ini berarti bahwa dua putaran permainan akan berlangsung, masing-masing berlangsung selama 45 menit, dengan total 90 menit. Istirahat 15 menit terjadi pada interval paruh waktu.

Pada akhir setiap babak, waktu tambahan atau injury time ditambahkan untuk mengkompensasi waktu yang hilang selama kompetisi. Secara umum, injury time berlangsung antara satu dan lima menit, tergantung pada situasi dan kondisi.

Perpanjangan waktu akan dimainkan dalam pertandingan sistem gugur yang membutuhkan pemenang jika pertandingan berakhir seri. Dalam sepak bola, perpanjangan waktu adalah dua periode 15 menit. Jika tidak ada tim yang menang dalam perpanjangan waktu, adu penalti akan diadakan sampai satu tim menang.

Aturan Dasar Sepak Bola

  • Jumlah Pemain Sepak Bola

Sebuah tim sepak bola terdiri dari 11 pemain, yang masing-masing memainkan posisi yang unik. Setiap posisi pemain sepak bola memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Penjaga gawang bertanggung jawab untuk mencegah bola agar tidak kebobolan.
  • Tugas bek (belakang) adalah menjaga lawan keluar dari area pertahanan.
  • Seorang gelandang atau gelandang, kadang-kadang disebut sebagai playmaker, bertanggung jawab untuk mengarahkan permainan timnya dan membantu bek dan striker.
  • Winger (pemain sayap), seorang pemain yang bertugas untuk mengarahkan permainan di sisi kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang (striker), seorang pemain yang bertugas dengan tanggung jawab memasukkan bola (gol) ke gawang lawan.

  • Peraturan Bermain Sepak Bola
Seluruh pertunjukan berlangsung selama 90 menit dan dibagi menjadi dua bagian. Setiap putaran berlangsung selama 45 menit, dengan istirahat 15 menit di antaranya. Jika skor imbang, tambahan 215 menit akan ditambahkan.

Kick off terjadi pada awal setiap babak atau ketika gol dicetak.

Ketika bola menembus dan melewati garis gawang, gol dinyatakan sah. Wasit menentukan apakah suatu gol sah atau tidak.

Offside terjadi ketika seorang pemain menerima bola lebih dekat ke gawang lawan daripada operan.

Ketika bola melewati garis lapangan, itu dianggap keluar. Jika ini terjadi, pemain dipaksa untuk melakukan lemparan ke dalam atau lemparan ke dalam.

Ketika bola keluar dan melewati garis gawang, tendangan sudut ini dilakukan. Sesuai dengan namanya, tendangan ini dilakukan oleh tim lawan di sudut lapangan yang dekat dengan gawang.

Penalti diberikan ketika seorang pemain bertahan melakukan pelanggaran di area kiper. Tim lawan mengambil tendangan ini dan memiliki peluang untuk mencetak gol. Jika permainan berakhir seri, hukuman juga diberikan.


Manfaat Bermain Sepak Bola

Permainan yang populer dan menghibur ini bersifat kompetitif; namun, beberapa individu berpartisipasi dalam aktivitas sepak bola ini untuk tujuan rekreasi. Meski motivasinya murni rekreasional, ternyata sepak bola memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari sepak bola:

a. Meningkatkan kebugaran jasmani dan stamina
Meningkatkan Stamina dengan campuran jogging, berjalan, berlari, dan menendang. Kombinasi ini dapat menghasilkan stamina yang lebih besar, kesehatan jantung yang lebih baik, menurunkan lemak tubuh, meningkatkan kekuatan dan tonus otot, meningkatkan kekuatan tulang, dan meningkatkan koordinasi.

b. Tingkatkan kerja tim dan interaksi sosial
Manfaat sosial sepak bola adalah sebagai berikut. Keuntungan sosial dari sepak bola termasuk meningkatkan kolaborasi, menghubungkan olahraga dengan keterampilan kepemimpinan, dan bertemu teman baru. Meningkatkan kemampuan kerja tim adalah keterampilan penting.

c. Bermanfaat untuk kesehatan mental
Menurut situs Footbal Talk, aktivitas fisik, khususnya sepak bola, dapat membantu kesehatan mental seseorang. Di mana olahraga teratur juga dianggap membantu masalah kesehatan mental seperti depresi dan stres, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, dan dapat membantu mengurangi kecemasan.

Sudah lama diketahui bahwa atlet memiliki rasa harga diri dan kepercayaan diri yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka. Ini sangat penting, terlebih lagi bagi remaja, yang sering mengalami perubahan suasana hati yang dramatis dan mungkin stres. Sepak bola dapat meredakan ketegangan dan kecemasan dengan meningkatkan kepercayaan diri.

d. Bermanfaat untuk kognisi
Hanya sedikit orang yang sadar, namun bermain sepak bola memiliki pengaruh besar pada kinerja kognitif seseorang. Sepak bola menumbuhkan keuletan, disiplin diri, dan fokus karena ini adalah permainan strategis yang melibatkan pengambilan keputusan yang cepat. Siswa yang terlibat dalam atletik berprestasi lebih baik secara akademis.
Pendidikan Penjaskes
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.