Notifikasi

Apa Pengertian Tangga Nada Mayor

Pengertian Tangga Nada Mayor

Hal-hal yang penting dalam kegiatan bermusik bukan hanya tentang kesatuan komposisi suara, atau alat musiknya saja. Kegiatan ini juga membutuhkan kesinambungan nada tertentu yang perlu dipikirkan lebih matang.

Tangga nada diatonis mayor juga sangat mudah dipahami, karena tangga nada jenis ini sudah banyak dibicarakan dan didengar oleh banyak orang. Tangga nada mayor adalah tangga nada yang memiliki jarak antar nada 1-1-1/2-1-1-1-1/2-1-1-1/2-1-1-1/2.

Selain itu, tangga nada jenis ini unik karena memiliki banyak nada yang berbeda di dalamnya. Tangga nada tipe mayor akan memiliki 8 nada. Nantinya, urutan interval nada akan didasarkan pada seberapa jauh jarak nada di atas satu sama lain.

Ada contoh tangga nada C mayor yang memiliki C, D, E, F, G,... C'. Ini akan membantu Anda lebih memahami apa yang saya katakan di atas. Tangga nada mayor biasanya digunakan dalam lagu-lagu yang ceria dan menyenangkan.

Untuk pola interval nada tangga nada mayor memiliki pola 1 1 1/2 1 1 1/2 1 1 1/2 Hal ini sejalan dengan gagasan jenis tangga nada ini. Jadi, bisa dikatakan untuk memahami skala seperti ini tidak perlu banyak informasi.

Apa Pengertian Tangga Nada Mayor

Baca juga:

Tangga Nada Musik Tradisional Menggunakan Tangga Nada

Rumus Tangga Nada Mayor Yang Benar

Pengertian Seni Musik

Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor

a. Bersifat riang gembira

b. Bersemangat

c. Biasanya diawali dan diakhiri nada do

Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Contoh lagu yang menggunakan tangga nada diatonis mayor:

1. Bangun Pemudi Pemuda

2. Berkibarlah Benderaku

3. Gebyar Gebyar

4. Bintang Kecil

5. Balonku

Rumus untuk Skala Mayor

Rumus skala semacam ini juga akan berbeda dari yang lain. Rumus dasar tangga nada mayor adalah 1-1-1/2-1-1-1-1-1/2. Hal ini sesuai dengan pola interval nada yang digunakan.

Sementara itu, jika Anda penasaran dengan rumus tangga nada C mayor, berikut ini penjelasannya:

C, D, E, F, G, A, B, C'

Catatan urutan: 1-1-1/2-1-1-1-1-1/2

C mayor terdiri dari not-not berikut: C, D, E, F, G, A, B, dan C' (sama seperti not-not musik)

Dengan memeriksa ketiga rumus di atas, maka dapat ditentukan bahwa rumus dasar tangga nada mayor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'.

Cara membedakan tangga nada mayor dan minor

Pembedaan kedua jenis tangga nada yang sama-sama terdapat pada jenis tangga nada diatonis ini cukup lugas dan lugas. Karena kedua jenis timbangan ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan sebagian orang masih belum bisa membedakan kedua jenis timbangan tersebut. Oleh karena itu, kami juga akan memberikan beberapa saran tentang cara membedakan tangga nada diatonis mayor dan minor, khususnya:

1. Mengamati Karakter Internal

Sifat dari kedua jenis tangga nada ini benar-benar berbeda, seperti yang terlihat dari kualitas yang dijelaskan di atas. Saat Anda mendengarkan lagu atau karya musik yang membuat Anda merasa ceria dan menyenangkan, Anda dapat yakin bahwa lagu atau karya musik tersebut menggunakan nada diatonis mayor.

Namun, ini tidak terjadi jika lagu atau musik yang Anda dengarkan memiliki nada suram dan sangat sedih; dalam hal ini, Anda dapat yakin bahwa lagu atau musik tersebut menggunakan nada diatonis minor.

Cukup dengan mengamati sifat lagu atau musik yang Anda dengarkan, Anda dapat menyimpulkan skala yang digunakan.

2. Mengamati Pola Interval yang Digunakan

Memang, pola interval pada tangga nada diatonis mayor dan minor berbeda. Jika nada diatonic mayor memiliki pola nada 1-1-1/2-1-1-1-1/2, tangga nada minor akan memiliki pola nada 1-1/2-1-1-1/2 -1.

Jadi, saat memainkan lagu atau musik tertentu, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan pola interval nada yang digunakannya. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui tangga nada yang akan digunakan dalam lagu atau musik.

Semua penjelasan di atas sangat penting untuk memahami dunia musik, dan karenanya tidak boleh diabaikan ketika mencoba memahami perbedaan antara tangga nada mayor dan minor.

Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.