Notifikasi

Apa Pengertian Teks Deskripsi [Lengkap]

Apa itu teks deskriptif? Dalam KBBI, deskripsi adalah penjelasan atau uraian dengan kata-kata. Objek adalah hal yang akan dideskripsikan. Bahasa deskriptif menggambarkan hal-hal yang dapat ditangkap oleh panca indera.

Berdasarkan hal tersebut, teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan suatu hal secara mendalam, memungkinkan pembaca untuk melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami apa yang digambarkan oleh penulis. Jadi, saat menulis esai deskriptif, gunakan item yang dapat dilihat pembaca.

"Kasih contoh objek teks deskripsinya, dong!"

Oke, Seperti kata-kata deskriptif yang saya buat, Anda dapat menggambarkan orang tua, teman, hewan peliharaan, tanaman, atau idola Anda. Objek termasuk lemari, kotak pensil, dan bahkan alat musik.

Anda juga dapat mendeskripsikan kamar, bangunan tradisional, gunung, pantai, banjir, protes, pertunjukan seni, dll. Apakah Anda tidak yakin lagi harus mendeskripsikan apa?

Teks deskriptif menjelaskan sesuatu secara real time. Sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang penulis gambarkan.

Sebuah teks deskriptif menggambarkan lokasi atau hal secara rinci. Menurut modul Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan Kontekstual Ary Kristiyani, teks deskriptif menggambarkan suatu peristiwa atau benda melalui penglihatan, suara, sentuhan, dan penciuman.

Penulis dapat membangun kalimat teks dengan frase menggunakan sensasi sensorik ini. Mendeskripsikan tempat wisata alam atau rumah tinggal.

Baca Juga: Teks Eksplanasi Bertujuan Untuk

Ciri-Ciri Teks Deskriptif

Ciri-ciri teks deskriptif dapat disimpulkan dari artinya, Maksud, dan substansi penulisan deskriptif dapat diketahui. Tujuan dari bahasa deskriptif adalah untuk menggambarkan item seakurat mungkin dari sudut pandang penulis.

Kenapa selalu seperti itu? Karena pembaca akan dapat membayangkan item yang dideskripsikan seolah-olah dia telah mengalaminya secara pribadi. Dengan demikian, prosa deskriptif akan mencakup panca indera penulis dan pembaca.

Teks deskripsi berbeda dari jenis teks lainnya. Berikut ini adalah beberapa kualitas umum teks deskriptif:

  • Mendefinisikan atau memperjelas sesuatu
  • Penjelasan terperinci yang menggabungkan kelima indra
  • Mencoba untuk mendapatkan respon emosional dari pembaca dan pendengar pada adegan atau kejadian dalam teks
  • Memanfaatkan kelima indera untuk membantu pembaca dalam memahami
  • Menurut penjelasannya, frasa tersebut terfokus pada satu titik.

Selain kualitas generik, terdapat karakteristik objek, tujuan, dan isi teks deskripsi. 

1. Karakteristik objek teks deskriptif

Karena teks deskripsi unik, item yang dibahas mungkin berbeda dari objek lain. Contoh kalimat deskriptif tentang burung merak dan ciri-cirinya, serta tulisan deskriptif tentang pantai-pantai Jawa Timur yang dianggap unik dan berbeda dengan pantai-pantai di lokasi lain.

2. Ciri-ciri tujuan teks deskriptif

Tujuan dari bahasa deskriptif adalah untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu item atau sensasi sedemikian rupa sehingga pembaca dapat memahami apa yang sedang dijelaskan.

3. Ciri-ciri teks deskriptif

Teks deskripsi berisi informasi tentang komponen objek. Bahasa deskriptif menggunakan istilah-istilah tertentu untuk menggambarkan tempat wisata yang dimaksud, seperti ramah, hijau cemerlang, biru, dan kuning keemasan.

Konten deskripsi bersifat pribadi dan menggunakan bahasa yang kuat seperti deburan ombak, ibu saya kasar, dan anak kucing saya menggemaskan.


Struktur Teks Deskripsi

Menurut buku teks deskripsi, teks deskriptif memiliki tiga bagian yang berbeda: identifikasi, deskripsi, dan kesimpulan.

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan langkah awal dimana penulis memberikan gambaran tentang hal yang dikomunikasikan. Misalnya, mencari barang berdasarkan lokasi, riwayat, arti nama, dan komentar umum.

2. Deskripsi rinci

Bagian kedua ini menawarkan fakta-fakta tentang tulisan berdasarkan reaksi subjektif penulis. Teks deskriptif ini merangkum hal yang dilihat, meliputi bagiannya, komposisi warna, dan persepsi pengarang terhadap objek tersebut.

Misalnya, penulis membandingkan suara burung merak dengan suara spesies burung lain. Selain itu, penulis melakukan pengamatan pada item.

Ada berbagai macam pengembangan teks deskriptif, antara lain yang didasarkan pada ruang, anggota bagian objek, proses terjadinya sesuatu, dan tujuan penulisan.

3. Kesimpulan

Langkah terakhir adalah kesimpulan di mana penulis mengungkapkan kesan keseluruhan dari hal yang disajikan. Bagian terakhir ini opsional; itu mungkin atau mungkin tidak disertakan.


Berbagai Jenis Teks Deskriptif

Teks deskriptif selanjutnya diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori berdasarkan isinya. Berikut ini adalah macam-macam teks deskriptif.

  • Deskripsi subyektif: teks deskriptif subyektif adalah teks yang menggambarkan suatu item berdasarkan persepsi penulis.

  • Teks deskripsi spasial adalah tulisan deskriptif yang terbatas untuk menggambarkan hal-hal fisik seperti lokasi, ruangan, atau barang.

  • Teks deskripsi objektif adalah bahasa deskriptif yang menggambarkan sesuatu dalam konteks yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat skenario tanpa memperhatikan sudut pandang penulis.

  • Teks deskriptif yang bersifat imajinatif adalah teks yang memuat gambar atau lukisan tentang suatu tempat terjadinya suatu peristiwa. Deskripsi harus dilihat dari berbagai perspektif untuk memastikan bahwa lokasi terwakili dengan jelas dalam pikiran dan emosi pembaca.
  • Deskripsi faktual: Teks deskripsi faktual adalah teks deskriptif yang menjelaskan suatu hal, baik hukum maupun manusia, dengan mengungkapkan identitas aslinya agar pembaca dapat membayangkan keadaan yang sebenarnya.

Pemakaian Bahasa Teks Deskripsi

Bahasa deskriptif menggunakan istilah umum, istilah khusus, dan frasa penjelas. Kata-kata umum adalah kata-kata yang mencakup berbagai topik dan memiliki keluasan yang besar. Misalnya, istilah amati dan bawa

Kata-kata khusus memiliki kosakata yang lebih terbatas. Misalnya, istilah khusus termasuk membawa, menatap, melihat, indah, dan fantastis.

Frasa penjelasan dalam tulisan deskriptif bermanfaat untuk menjelaskan atau membujuk pembaca untuk memahami suatu item secara lebih lengkap. Kalimat bawahan ini berfungsi untuk menjelaskan pernyataan sebelumnya.

Ibuku adalah orang yang sangat sabar, sebagai contoh kalimat mayor. Kemudian ada pernyataan-pernyataan yang tepat, seperti "Ibu tidak pernah mengungkapkan ketidakpuasan dengan situasi ini. Sejak ayah meninggal, ibu adalah satu-satunya pemberi nafkah bagi kami."


Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.