Notifikasi

8+ Kumpulan Soal NOVEL SEJARAH RM 2022/2023 dengan Kunci Jawaban

Hai, Apa kabar?.. teman, Di website caktekno.com hari ini 28-May-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang NOVEL SEJARAH RM yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 1st di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal NOVEL SEJARAH RM 2022/2023 Lengkap



1. Bacalah teks berikut!

Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950 dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari suatu kawasan tertentu dan operasinya bersifat bilatelaral, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kerja sama regional. Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat untuk memberikan dorongan pentingnya kerja sama regional Asia Tenggara dalam pertemuan konsultatif The Asia Union di Baguio, Filipina. Pertemuan dimaksudkan agar suara Asia lebih didengar di PBB dan mendorong kerja sama di bidang ekonomi dan sosial antarnegara di Asia. Namun, gagasan tersebut tidak berlanjut.


Ide pokok pada paragraf teks cerita sejarah di atas adalah ….

a. terbentuknya Colombo Plan
[Jawaban Benar]

b. Manfaat Colombo Plan
[Jawaban Salah]

c. Maksud terbentuknya Colombo Plan
[Jawaban Salah]

d. Kerja sama dalam Colombo Plan
[Jawaban Salah]

e. Peningkatan kerjasama dengan Colombo Plan.
[Jawaban Salah]



2. Cermati penggalan teks novel sejarah berikut!

Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.


Kutipan tersebut termasuk bagian struktur …


a. orientasi
[Jawaban Benar]

b. pengungkapan peristiwa
[Jawaban Salah]

c. abstraksi
[Jawaban Salah]

d. menuju konflik
[Jawaban Salah]

e. resolusi
[Jawaban Salah]



3. Cermati penggalan teks novel sejarah berikut!

Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.


Penggalan teks novel sejarah di atas mengandung nilai ….

a. estetis
[Jawaban Salah]

b. sosial
[Jawaban Salah]

c. agama
[Jawaban Benar]

d. budaya
[Jawaban Salah]

e. moral
[Jawaban Salah]



4. Pak Dirman memerintahkan agar istrinya menjual perhiasan untuk modal perjuangan. Pak Dirman dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu memimpin perang gerilya dari atas tandu. Bersama para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan kita anak cucu mereka. Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara. Gerilya berdasar pada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.


Latar waktu yang tampak pada penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah …


a. zaman kemerdekaan
[Jawaban Salah]

b. masa penjajahan
[Jawaban Benar]

c. era gerilya
[Jawaban Salah]

d. di Yogayakarta
[Jawaban Salah]

e. pagi hari
[Jawaban Salah]



5. Pak Dirman memerintahkan agar istrinya menjual perhiasan untuk modal perjuangan. Pak Dirman dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu memimpin perang gerilya dari atas tandu. Bersama para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan kita anak cucu mereka. Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara. Gerilya berdasar pada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.


Peristiwa pada penggalan teks di atas adalah …


a. Taktik hit and run, ini ampuh untuk

merontokkan moral Belanda.
[Jawaban Salah]

b. Soedirman pejuang yang patut diteladani
[Jawaban Salah]

c. Soedirman memimpin pasukannya bergerilya berjuang

keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan anak cucu
[Jawaban Benar]

d. Istri Paak Dirman menjual perhiasan untuk modal

perjuangan.
[Jawaban Salah]

e. Sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu.
[Jawaban Salah]



6. Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Kutipan tersebut merupakan struktur …

a. Reorientasi.
[Jawaban Benar]

b. Orientasi.


[Jawaban Salah]

c. Peristiwa.


[Jawaban Salah]

d. Sumber.


[Jawaban Salah]

e. Kesimpulan.
[Jawaban Salah]



7. Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.


Ide pokok yang terdapat dalam kutipan paragraf tersebut adalah …

a. Konvensi tersebut merupakan pengakuan internasional yang tak langsung.


[Jawaban Salah]

b. Delapan jam per hari ditetapkan menjadi standar perburuhan oleh ILO.


[Jawaban Benar]

c. Penetapan 8 jam per hari merupakan ketentuan pokok perburuhan.


[Jawaban Salah]

d. Kaum buruh akan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk hidup
[Jawaban Salah]

e. Industri perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa.
[Jawaban Salah]



8. Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe “uang” yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).


Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah …

a. Orientasi.
[Jawaban Salah]

b. Reorientasi.


[Jawaban Salah]

c. Peristiwa.


[Jawaban Benar]

d. Sumber Berita.
[Jawaban Salah]

e. Abstraksi.
[Jawaban Salah]



9. Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe “uang” yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).


Informasi yang disampaikan oleh kutipan teks tersebut adalah …

a. Rupiah merupakan mata uang yang digunakan sejak zaman dahulu kala.
[Jawaban Salah]

b. Kerajaan Mataram lama, Sriwijaya, dan Majapahit menggunakan mata uang gulden.
[Jawaban Salah]

c. Hindia Belanda menggunakan “uang” berupa logam.


[Jawaban Salah]

d. Tiap masa dalam sejarah Indonesia menggunakan jenis alat tukar atau uang yang berbeda-beda
[Jawaban Benar]

e. Penggunaan Rupiah ditetapkan pada zaman penjajahan Belanda
[Jawaban Salah]



10. Struktur teks cerita sejarah orientasi terdapat kutipan teks …

a. Gempa terjadi pada waktu tepatnya jam 7:58:53 WIB. Pusat gempa terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini berkekuatan 9,3 menurut skala Richter dan dengan ini merupakan gempa Bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.
[Jawaban Salah]

b. Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang, dapat dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kita Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebenarnya “ada udang di balik batu” sebenarnya dibalik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.
[Jawaban Salah]

c. Gempa bumi tersebut telah menyebabkan sedikitnya 1100 orang meninggal, 2180 orang luka-luka dan 2650 bangunan rumah rusak berat/ringan termasuk gedung-gedung kantor, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, pasar, jalan, jembatan dengan kerusakan paling parah sepanjang pantai Barat Sumatera Barat juga telah menyebabkan jaringan listrik dan komunikasi terputus, sebagian besar korban disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan dikarenakan kontruksi bangunan yang tidak aman,akibat gempa juga terjadi eksodus besar-besaran warga yang tinggal disekitar pantai ke tempat lain karena adanya isu akan datangnya gelombang tsunami.
[Jawaban Salah]

d. Kini setelah 6 tahun berlalu kejadian itu masih teringat pada sebagian besar masyarakat Sumatera Barat karena disamping diantaranya menjadi korban reruntuhan bangunan yang disebabkan oleh gempabumi juga sebagian dari mereka kehilangan keluarga dan harta bendanya dan mereka juga masih trauma dengan kejadian gempabumi 30 September 2009.
[Jawaban Salah]

e. Peristiwa yang sangat memilukan terjadi di bumi serambi Mekkah Aceh. Gempa bumi dan Tsunami Aceh pada hari Minggu pagi, 26 Desember 2004. Kurang lebih 500.000 nyawa melayang dalam sekejab di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Di daerah Aceh merupakan korban jiwa terbesar di dunia dan ribuan banguan hancur lebur, ribuan pula mayat hilang dan tidak di temukan dan ribuan pula mayat yang di kuburkan secara masal.
[Jawaban Benar]



Demikian Kumpulan Soal NOVEL SEJARAH RM 2022/2023 dengan Kunci Jawaban, Semoga membantu

Kelas 1st Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.