Notifikasi

Apa itu ISK Pada Bayi

 Apa itu ISK Pada Bayi

ISK merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum menyerang bayi baru lahir, terutama yang berusia di bawah 1 tahun. Gangguan ini sering disebabkan oleh kuman yang terbawa feses yang masuk ke alat kelamin bayi, naik ke kandung kemih, dan berkembang biak di sana.

Gejala ISK pada bayi

Dibandingkan dengan bayi laki-laki, bayi perempuan lebih mungkin mengalami ISK. Ini karena saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria. Akibatnya, kuman akan lebih mudah masuk ke kandung kemih.

ISK bayi seringkali sulit didiagnosis. Ini karena ketidakmampuan bayi untuk mengomunikasikan gejalanya. Oleh karena itu, Bunda harus mewaspadai perubahan yang dialami Si Kecil.

Perhatikan gejala infeksi saluran kemih pada bayi berikut ini:

  1. Menangis saat buang air kecil
  2. Buang air kecil lebih sering dan bertahap
  3. Sering rewel
  4. Urine berbau busuk dan keruh atau berdarah.
  5. Penurunan nafsu makan
  6. sakit dan muntah
  7. Terlihat lamban
  8. Demam
  9. Sulit untuk menambah berat badan

Cara Mencegah ISK pada Bayi

Jika Anda yakin bahwa anak Anda menderita ISK, Anda harus segera membawanya ke dokter. Iya Bun, masalah ini harus segera ditangani. Tanpa pengobatan, diyakini bahwa kuman dalam sistem saluran kemih akan menyebar dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Dokter akan menguji urin anak Anda untuk mengetahui adanya kuman. Dokter akan meresepkan obat untuk mengobati dan mencegah infeksi ginjal jika hal ini terjadi. Dalam kebanyakan kasus, bayi dengan ISK sembuh setelah minum antibiotik selama tiga sampai tujuh hari.

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa anak Anda mengonsumsi cairan yang cukup, bukan? Hal ini dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan. Namun, Anda sebaiknya tidak memberi makan anak Anda minuman berkafein seperti soda atau teh.

Jika bayi di bawah enam bulan menderita ISK, dokter mungkin merekomendasikan rawat inap. Kondisi tambahan yang memerlukan rawat inap meliputi:

  1. Penularan patogen ke dalam darah
  2. Demam yang tidak kunjung sembuh
  3. Dehidrasi
  4. muntah
  5. Sulit untuk memberikan obat secara oral.

ISK bayi tidak boleh diremehkan. Penggantian popok secara teratur diperlukan untuk menghindari perkembangan bakteri. Pastikan juga Anda membersihkan alat kelamin dengan benar, terutama untuk bayi perempuan.

Untuk menghindari masuknya kuman tinja ke sistem kemih, alat kelamin harus dibersihkan sebelum anus. Hindari mencuci alat kelamin dengan sabun yang mengandung pewangi.

ISK pada bayi harus segera diidentifikasi dan diobati. Jika anak Anda mengalami tanda-tanda infeksi saluran kemih (ISK), segera temui dokter, terutama jika infeksi terjadi berulang kali atau jika anak Anda tampak sangat lemah.


Yang Sering Di Tanyakan > Page 2

Apakah pake pampers bisa menyebabkan infeksi saluran kencing?

Kebiasaan memakai popok atau popok dalam waktu lama hingga penuh biasanya dilakukan oleh para ibu. Tanpa disadari, perilaku tidak sehat ini dapat menimbulkan masalah kesehatan utama bagi si kecil, seperti infeksi saluran kemih hingga gagal ginjal.

Apakah ISK pada bayi berbahaya?

Jika Anda yakin bahwa anak Anda menderita ISK, Anda harus segera membawanya ke dokter. Iya Bun, masalah ini harus segera ditangani. Tanpa pengobatan, diyakini bahwa kuman dalam sistem saluran kemih akan menyebar dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Kenapa anak bisa kena ISK?

Bakteri Eschericia coli memasuki sistem kemih melalui uretra dan menginfeksi kandung kemih (sistitis) serta ginjal, menyebabkan ISK ini pada anak-anak (pielonefritis). Namun, sebagian besar kasus ISK pada anak-anak dapat diobati dengan obat-obatan.

Apakah ISK pada bayi mempengaruhi berat badan?

Bayi dengan ISK berjuang untuk menambah berat badan karena sebagian dari energi mereka diperlukan untuk melawan infeksi. Penyakit tersebut menyebabkan bayi mengalami demam berulang.

Kesehatan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.