Notifikasi

Apa yang Dimaksud Dengan Unsur Biotik suatu Lingkungan

 Apa yang Dimaksud Dengan Unsur Biotik suatu Lingkungan

Berdasarkan perspektif ini, lingkungan terdiri dari beberapa aspek yang saling terkait, termasuk komponen biotik, abiotik, dan sosial budaya.

1. Elemen Biotik

Unsur biotik adalah komponen organisme hidup atau benda mati yang menunjukkan ciri-ciri kehidupan, seperti respirasi, kebutuhan makanan, pertumbuhan, dan reproduksi. Faktor biotik meliputi manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.

Secara umum, komponen biotik terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai.

a. Produsen adalah makhluk yang mampu menciptakan makanannya sendiri dari zat anorganik dasar. Secara umum, produsen adalah tumbuhan hijau yang mampu menghasilkan makanan (senyawa organik) melalui fotosintesis.

b. Konsumen adalah makhluk yang tidak mampu memproduksi makanannya sendiri. Konsumen meliputi manusia dan hewan. Baik hewan maupun tumbuhan menyediakan makanan bagi manusia.

c. Pengurai atau dekomposer adalah makhluk yang mampu menguraikan zat organik spesies yang telah mati. Pengurai mengkonsumsi sebagian dari produk pemecahan dan melepaskan elemen dasar yang dapat digunakan oleh produsen. Pengurai adalah bakteri dan jamur.

2. Elemen Abiotik

Bahan abiotik adalah zat alami mati yang dapat menopang keberadaan organisme hidup. Yang termasuk komponen abiotik antara lain tanah, air, cuaca, angin, sinar matahari, dan bentuk bentang alam yang bervariasi.

3. Unsur Sosial Budaya

Aspek sosial budaya merupakan adaptasi atau pengaruh cipta, rasa, dan karsa manusia dalam menanggapi keadaan lingkungan setempat.

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tradisi dan inovasi manusia yang beragam merupakan aspek sosial budaya.


Yang Sering Di Tanyakan > Page 2

Apa yang termasuk unsur unsur lingkungan hidup?

Aspek lingkungan secara luas dipisahkan menjadi tiga kategori: biotik, abiotik, dan sosiokultural.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan abiotik?

Penting untuk diingat bahwa lingkungan dipisahkan menjadi dua kategori, abiotik dan biotik. Lingkungan abiotik ini terdiri dari segala sesuatu yang kurang atau memiliki kehidupan. Berbeda dengan komponen abiotik, komponen biotik semuanya hidup atau bergerak di lingkungan.

Apa saja contoh lingkungan biotik?

Lingkungan biotik adalah lingkungan yang berisi organisme hidup dan berbentuk organisme hidup. Hutan, sungai, gunung, dan sebagainya merupakan contoh habitat biotik. Manusia, hewan, dan tumbuhan terdiri dari lingkungan biotik, yang terdiri dari organisme yang ada di alam.

Apa yang dimaksud dengan unsur lingkungan hidup sosial budaya?

Sebuah aspek sosial budaya dari lingkungan hadir. Komponen sosial merupakan faktor yang abstrak dan tidak terlihat. Aspek sosial budaya meliputi sistem, nilai, kepercayaan, norma, dan konsep.

Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.