Notifikasi

Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia ?

Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia ?

Menurut buku Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tahun 2012, istilah Indonesia berasal dari kata Latin indus dan nesos, yang berarti India dan kepulauan.

Indonesia, berasal dari nama bahasanya, adalah istilah yang diberikan kepada pulau-pulau di Samudera Hindia yang merupakan kesatuan pulau yang disebut Indonesia.

Periode I : Masa Sebelum Pergerakan Nasional

Sejak zaman dahulu, monarki yang otonom dan berdaulat telah menguasai nusantara.

Periode Kedua: Gerakan Nasional

Sebelum konflik pada masa pergerakan nasional, konflik bersifat regional.

Periode Ketiga: Proklamasi dan Perang Kemerdekaan

Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Periode Keempat: Perjuangan Kemerdekaan

Perjuangan periode ini tidak terikat waktu karena berusaha untuk mencapai tujuan nasional yang akhirnya dinyatakan dalam UUD 1945.

Karena banyak pengorbanan yang telah dilakukan untuk mempertahankan bangsa ini sebagai negara kesatuan, maka sudah sewajarnya bangsa ini mengabdikan diri pada kenyataan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki harga yang telah ditentukan.


Yang Sering Di Tanyakan > Page 2

Apa yang dimaksud NKRI harga mati?

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki harga yang ditetapkan, yang berarti bahwa bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat diubah atau dirusak sesuai dengan aturan Undang-Undang Dasar.

Siapa yang membuat slogan NKRI harga mati?

“Kami menggelar apel di sini karena K.H. Muslim Rifai Imampuro (Mbah Liem) selaku pencetus slogan 'NKRI Harga Mati, Pancasila Jaya'.

Apa fungsi dan tujuan NKRI?

Maksud dan Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian, dan keadilan sosial.

Apa saja ciri ciri negara kesatuan?

Hanya ada satu konstitusi, kepala negara, dewan menteri, dan dewan perwakilan rakyat dalam negara kesatuan. Kedaulatan negara terdiri dari kedaulatan internal dan kedaulatan eksternal yang ditandatangani oleh otoritas pusat.

Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.