Notifikasi

48+ Kumpulan Soal PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ Terbaru dengan Kunci Jawaban

Selamat pagi.. sahabat, Di website caktekno.com hari ini 21-Jun-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 1st di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

48+ Soal PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ 2022/2023 Lengkap



1. 1. Langkah pertama yang dilakukan untuk menyusun sebuah program adalah :

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membuat Algoritma
[Jawaban Benar]

c. Membeli komputer
[Jawaban Salah]

d. Proses
[Jawaban Salah]

e. Memproses Listing Algoritma
[Jawaban Salah]



2. Langkah-langkah logis untuk memecahkan sebuah masalah dalam pemrograman adalah . . . .

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Step by step
[Jawaban Salah]

e. Probability
[Jawaban Salah]



3. Bahasa Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :

a. Bahassa Inggris
[Jawaban Salah]

b. Bahasa Puitis
[Jawaban Salah]

c. Bahasa yang lebih ringkas dari algoritma
[Jawaban Benar]

d. Sembarang bahasa asal terstruktur
[Jawaban Salah]

e. Bahasa
[Jawaban Salah]



4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :

a. Sebelum pembuatan program
[Jawaban Benar]

b. Pada saat program dibuat
[Jawaban Salah]

c. Sesudah pembuatan program
[Jawaban Salah]

d. Pada saat verifikasi program
[Jawaban Salah]

e. Sebelum menulis ide
[Jawaban Salah]



5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
[Jawaban Benar]

e. Model-masalah-algoritma-hasil-eksekusi
[Jawaban Salah]



6. Dalam Penulisan Alur pemrograman, terdapat tiga langkah diantaranya Psedocode. Pseucocode merupakan tampilan. . . .

a. alir Program
[Jawaban Salah]

b. Tampilan Program
[Jawaban Salah]

c. Imitasi Program
[Jawaban Benar]

d. Flowchart
[Jawaban Salah]

e. Tiruan Algoritma
[Jawaban Salah]



7. simbol flowchart yang berfungsi untuk percabangan atau pilihan adalah . . . .



8. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.

Untuk melengkapi peryataan diatas adalah . . . .

a. Input
[Jawaban Benar]

b. File
[Jawaban Salah]

c. Database
[Jawaban Salah]

d. Masalah
[Jawaban Salah]

e. Rekayasa
[Jawaban Salah]



9. Perhatikan penggalan Psedocode Luas trapesium !

program luas_Trapesium;

Deklarasi

x: real

artinya . . . .

a. x variabel real
[Jawaban Salah]

b. x sama
[Jawaban Salah]

c. x tidak memiliki arti
[Jawaban Salah]

d. x tipe data real
[Jawaban Benar]

e. x tidak sama dengan Real
[Jawaban Salah]



10. Didalam pembuatan algoritma Pseudocode, terdapat nilai input, proses maupun output dari suatu Algoritma. Yang memiliki nilai sama dengan declarasi input bernilai integer pada algoritma volume balok adalah . . .

a. nilai Panjang, Lebar dan Volume
[Jawaban Salah]

b. nilai Volume, Lebar dan Tinggi
[Jawaban Salah]

c. nilai Panjang, Lebar dan Tinggi
[Jawaban Benar]

d. nilai Panjang, Tinggi dan Volume
[Jawaban Salah]

e. semua jawanaban benar
[Jawaban Salah]



11. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis merupakan deskripsi dari...

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Konstanta
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Flowchart
[Jawaban Salah]

e. Tipe data
[Jawaban Salah]



12. Flowchart memiliki nama lain...

a. Tree
[Jawaban Salah]

b. Alur
[Jawaban Salah]

c. Diagram
[Jawaban Salah]

d. Algoritma
[Jawaban Salah]

e. Bagan alir
[Jawaban Benar]



13. Urutan langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut dengan...

a. Array
[Jawaban Salah]

b. Tipe data
[Jawaban Salah]

c. Variabel
[Jawaban Salah]

d. Algoritma
[Jawaban Benar]

e. Konstanta
[Jawaban Salah]



14. Dalam membuat algoritma harus memiliki konsep, salah satu konsep algoritma adalah...

a. Peubah
[Jawaban Salah]

b. Pertukaran
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Salah]

d. Urutan
[Jawaban Benar]

e. Peubah dan pertukaran
[Jawaban Salah]



15. Sebuah algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk tertentu merupakan deskripsi dari...

a. Array
[Jawaban Salah]

b. Terminator
[Jawaban Salah]

c. Konstanta
[Jawaban Salah]

d. Flowchart
[Jawaban Benar]

e. Pseudocode
[Jawaban Salah]



16. Algoritma seharusnya dapat dijangkau oleh akal pikiran kita. dengan pertimbangan tersebut berarti algoritma memiliki sifat...

a. Logis
[Jawaban Benar]

b. Cepat
[Jawaban Salah]

c. Akurat
[Jawaban Salah]

d. Trending
[Jawaban Salah]

e. Realistis
[Jawaban Salah]



17. Simbol flowchart berikut berfungsi untuk...

a. Menunjukan pengolahan
[Jawaban Salah]

b. Pemulan dan akhiran
[Jawaban Salah]

c. Penyimpanan pada storage
[Jawaban Salah]

d. pemilihan proses berdasarkan kondisi
[Jawaban Salah]

e. menjalankan proses input atau output
[Jawaban Benar]



18. Berikut ini merupakan nama simbol flowchart...

a. Terminal
[Jawaban Salah]

b. Proses
[Jawaban Salah]

c. Dokumen
[Jawaban Benar]

d. Decision
[Jawaban Salah]

e. Penghubung
[Jawaban Salah]



19. Nama simbol flowchart berikut adalah...

a. Terminal
[Jawaban Salah]

b. Proses
[Jawaban Benar]

c. Input/output
[Jawaban Salah]

d. Decision
[Jawaban Salah]

e. Document
[Jawaban Salah]



20. Sebelum mulai melakukan kode program, sebaiknya diingat bahwa C++ bersifat Case Sensitive yang artinya adalah....

a. Huruf besar dan kecil dibedakan
[Jawaban Benar]

b. Angka besar dan kecil dibedakan
[Jawaban Salah]

c. Spasi dan jarak
[Jawaban Salah]

d. Run Program
[Jawaban Salah]

e. Compiler Program
[Jawaban Salah]



21. Suatu tipe data yang nilainya tidak dapat diubah - ubah (TETAP) adalah....

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Identifier
[Jawaban Salah]

c. Real
[Jawaban Salah]

d. Konstanta
[Jawaban Benar]

e. Operator
[Jawaban Salah]



22. Bilangan komputer berbasis 16 yang terdiri dari angka 0 sampai 9, A, B, C, D, E, F disebut dengan....

a. Bilangan decimal
[Jawaban Salah]

b. Bilangan octal
[Jawaban Salah]

c. Bilangan biner
[Jawaban Salah]

d. Bilangan qwerty
[Jawaban Salah]

e. Bilangan hexa decimal
[Jawaban Benar]



23. Perhatikan potongan script program berikut ini !

#include

script diatas dinamakan dengan....

a. Function
[Jawaban Salah]

b. Algoritma
[Jawaban Salah]

c. Variabel
[Jawaban Salah]

d. Header
[Jawaban Benar]

e. Main Program
[Jawaban Salah]



24. Pada gambar diatas terdapat fungsi IF yang disimbolkan dengan symbol Decision/Percabangan, manakah yang tidak termasuk pernyataan yang benar !

a. Anak yang berusia lebih dari 18 tahun boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

b. Anak yang berusia tepat 18 tahun tidak boleh membuat SIM
[Jawaban Benar]

c. Anak yang berusia tepat 18 tahun boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

d. Anak yang berusia 17 tahun tidak boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

e. Untuk dapat membuat SIM haruslah anak yang berusia diatas 17 tahun
[Jawaban Salah]



25. Merupakan tempat dimaana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilai dan memanggil kembali apabila dibutuhkan adalah pengertian dari

a. Tipe data
[Jawaban Salah]

b. Konstanta
[Jawaban Salah]

c. Operator
[Jawaban Salah]

d. String
[Jawaban Salah]

e. Variabel
[Jawaban Benar]



26. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari

a. Dxdiag
[Jawaban Salah]

b. Begin
[Jawaban Salah]

c. Flowchart
[Jawaban Benar]

d. Sistem Operasi
[Jawaban Salah]

e. Sl
[Jawaban Salah]



27. Suatu tipe data yang nilainya tidak dapat diubah - ubah (TETAP) adalah....

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Identifier
[Jawaban Salah]

c. Real
[Jawaban Salah]

d. Konstanta
[Jawaban Benar]

e. Operator
[Jawaban Salah]



28. Dalam sebuah algoritma, langkah-langkah tidak boleh ambigu. Manakah di antara langkah langkah dalam sebuah algoritma berikut yang ambigu?

a. “Masukkan satu gelas air putih”
[Jawaban Salah]

b. “Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan”
[Jawaban Salah]

c. “Jika kue sudah matang, keluarkan kue dari oven”
[Jawaban Benar]

d. “Kukus adonan selama 20 menit”
[Jawaban Salah]

e. “Sajikan selagi panas”
[Jawaban Salah]



29. Istilah-istilah yang biasanya muncul pada bagian deskripsi algoritma yang berkenaan installasi software adalah sebagai berikut, kecuali ...

a. Tunggu hingga proses installasi selesai
[Jawaban Salah]

b. Tekan Tombol Next
[Jawaban Salah]

c. Masukkan serial Number
[Jawaban Salah]

d. Matikan Komputer
[Jawaban Benar]

e. Klik ganda icon
[Jawaban Salah]



30. Berikut ini alasan mengapa langkah-langkah algoritma tidak boleh ambigu?

1. Agar algoritma memberikan output yang sama untuk input yang sama

2. Agar algoritma dapat dimengerti oleh pengguna

3. Agar langkah-langkah algoritma menjadi terbatas atau mempunyai titik henti

Manakah di antara pernyataan dia tas yang benar?

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 1 dan 2
[Jawaban Salah]

c. 1 dan 3
[Jawaban Salah]

d. 1, 2 dan 3
[Jawaban Benar]

e. Tidak ada yang benar
[Jawaban Salah]



31. Manakah dari pernyataan tentang algoritma ini yang benar

a. Algoritma merupakan deskripsi urutan pelaksanaan suatu proses.
[Jawaban Salah]

b. Algoritma tersusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis
[Jawaban Salah]

c. Tiap langkah instruksi akan mengerjakan suatu tindakan (aksi).
[Jawaban Salah]

d. Bila aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian akan dikerjakan oleh CPU
[Jawaban Salah]

e. semua pernyataan diatas benar
[Jawaban Benar]



32. untuk inisial printf maka header yang harus ada adalah

a. <stdio.h>
[Jawaban Benar]

b. <conio.h>
[Jawaban Salah]

c. <iostream.h>
[Jawaban Salah]

d. <string.h>
[Jawaban Salah]



33. Bahasa c++ adalah....

a. Sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi
[Jawaban Benar]

b. Sebuah bahasa pemrograman tingkat atas
[Jawaban Salah]

c. Sebuah bahasa pemrograman tingkat menengah
[Jawaban Salah]

d. Sebuah bahasa pemrograman tingkat rendah
[Jawaban Salah]

e. Sebuah bahasa pemrograman tingkat OOP
[Jawaban Salah]



34. Apakah fungsi dari tanda // pada bahasa c++?

a. Memberikan syarat pada program
[Jawaban Salah]

b. Memberikan kritik pada program
[Jawaban Salah]

c. Memberikan komentar pada program
[Jawaban Benar]

d. Memberikan nilai pada program
[Jawaban Salah]

e. Memberikan variabel pada program
[Jawaban Salah]



35. Apakah fungsi dari tanda {} pada c++?

a. Mengkompile program
[Jawaban Salah]

b. Mengeksekusi program
[Jawaban Salah]

c. Memberikan Komentar
[Jawaban Salah]

d. Memblok Program
[Jawaban Benar]

e. Memasukkan nilai
[Jawaban Salah]



36. Dibawah ini yang merupakan tipe data dalam c++...

a. Int,float,char,double,const
[Jawaban Salah]

b. Float,int,double,const
[Jawaban Salah]

c. Int,float,char,double
[Jawaban Benar]

d. Const,main,void,double
[Jawaban Salah]

e. Const,main,void,double, int
[Jawaban Salah]



37. Penulisan kode program untuk identifier yang benar adalah...

a. Long 4000;
[Jawaban Salah]

b. Float?2;
[Jawaban Salah]

c. Long break;
[Jawaban Salah]

d. Int a,b,c;
[Jawaban Benar]

e. Char a,b,c
[Jawaban Salah]



38. Apakah perbedaan dari cout dan cin?

a. Masukkan dan masukkan
[Jawaban Salah]

b. Masukkan dan keluaran
[Jawaban Salah]

c. Keluaran dan keluaran
[Jawaban Salah]

d. Keluaran dan masukkan
[Jawaban Benar]

e. In dan Out
[Jawaban Salah]



39. Apakah perbedaan dari endl dan ends?

a. Pindah spasi dan pindah baris
[Jawaban Salah]

b. Pindah data dan tidak pindah program
[Jawaban Salah]

c. Pindah karakter dan penambah spasi
[Jawaban Salah]

d. Pindah baris dan penambah karakter null
[Jawaban Benar]

e. Pindah nilai dan penambah karakter null
[Jawaban Salah]



40. Mengapa program bahasa c++ bersifat case sensitive?

a. Huruf besar dan kecil sama-sama
[Jawaban Salah]

b. Huruf besar dan kecil dianggap beda
[Jawaban Benar]

c. Huruf besar dan kecil berbeda-beda tetapi tetap satu
[Jawaban Salah]

d. Huruf besar dan kecil sama
[Jawaban Salah]

e. Huruf besar dan kecil tidak dianggap
[Jawaban Salah]



41. Apakah fungsi dari tipe data char?

a. Menulis karakter
[Jawaban Benar]

b. Memberi warna
[Jawaban Salah]

c. Menulis nilai huruf
[Jawaban Salah]

d. Memberikan efek
[Jawaban Salah]

e. Memasukkan nilai
[Jawaban Salah]



42. Dibawah ini merupakan operator aritmatika, kecuali....

a. +
[Jawaban Salah]

b. -
[Jawaban Salah]

c. /
[Jawaban Salah]

d. >/
[Jawaban Benar]

e. **
[Jawaban Salah]



43. Increase atau Incremen adalah....

a. Proses pengurangan satu
[Jawaban Salah]

b. Proses penambahan satu
[Jawaban Benar]

c. Proses pembagian satu
[Jawaban Salah]

d. Proses perkalian satu
[Jawaban Salah]

e. Proses perpangakatan satu
[Jawaban Salah]



44. Merupakan fungsi masukkan yang digunakan untuk menyimpan data dalam suatu variabel adalah....

a. cout
[Jawaban Salah]

b. cin
[Jawaban Benar]

c. cint
[Jawaban Salah]

d. clrscr
[Jawaban Salah]

e. getch
[Jawaban Salah]



45. Merupakan sebuah file yang digunakan untuk mendefinisikan berbagai file makro, fungsi, variabel ,dan konstanta disebut...

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Define
[Jawaban Salah]

c. Debug
[Jawaban Salah]

d. Header file
[Jawaban Benar]

e. compile
[Jawaban Salah]



46. Apakah keistimewaan dari bahasa pemrograman c++?

a. Mendukung OPP(Object Oriented Programming)
[Jawaban Benar]

b. Mudah dalam membuat aplikasi
[Jawaban Salah]

c. Merupakan bahasa tingkat tinggi
[Jawaban Salah]

d. Mendukung penerjemah semua bahasa
[Jawaban Salah]

e. Mendukung base test
[Jawaban Salah]



47. Merupakan proses menerjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa yang dimengerti komputer disebut?

a. Debug
[Jawaban Salah]

b. Compile
[Jawaban Benar]

c. Header
[Jawaban Salah]

d. Library
[Jawaban Salah]

e. variabel
[Jawaban Salah]



48. Suatu tempat untuk menampung nilai atau data yang dapat berubah-ubah disebut?

a. Variabel
[Jawaban Benar]

b. Define
[Jawaban Salah]

c. Nilai
[Jawaban Salah]

d. Header
[Jawaban Salah]

e. Library
[Jawaban Salah]



49. Untuk melihat hasil dari program yang dikerjakan tekan tombol...

a. Ctrl+F9
[Jawaban Benar]

b. Ctrl+F4
[Jawaban Salah]

c. Ctrl+F10
[Jawaban Salah]

d. Ctrl+F12
[Jawaban Salah]

e. Ctrl+F11
[Jawaban Salah]



50. Method next digunakan untuk inputan bertipe....

a. String
[Jawaban Benar]

b. Integer
[Jawaban Salah]

c. Float
[Jawaban Salah]

d. Tex
[Jawaban Salah]

e. Bolean
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ Terbaru dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob

Kelas 1st Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.