VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

23+ Kumpulan Soal TEKS NEGOSIASI Sederajat dengan Kunci Jawaban

Hai, Apa kabar?.. sobat, Di website caktekno.com hari ini 30-Jun-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang TEKS NEGOSIASI yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 1st di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

23+ Soal TEKS NEGOSIASI 2022/2023 Lengkap



1. Berikut ini yang bukan tujuan negosiasi yaitu....

a. mengatasi perbedaan
[Jawaban Salah]

b. memperoleh sesuatu yang tidak dipaksakan
[Jawaban Salah]

c. mencapai kesepakatan
[Jawaban Salah]

d. mendapat hak orang lain
[Jawaban Benar]



2. Unsur-unsur pembangun teks negosiasi diantaranya....

a. partisipasi
[Jawaban Salah]

b. persamaan kepentingan
[Jawaban Salah]

c. adanya pengajuan dan penawaran
[Jawaban Benar]

d. tidak adanya persetujuan
[Jawaban Salah]



3. Struktur teks negosiasi yang tepat yaitu....

a. orientasi-pengajuan-penawaran-persetujuan
[Jawaban Benar]

b. pembuka-isi-penutup
[Jawaban Salah]

c. orientasi-penawaran-pengajuan-persetujuan
[Jawaban Salah]

d. salam pembuka-isi-salam penutup
[Jawaban Salah]



4. Negosiasi salah satunya dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak dalam melakukan transaksi. kata transaksi memiliki arti....

a. persetujuan jual beli
[Jawaban Benar]

b. pertukaran barang
[Jawaban Salah]

c. bertukar pikiran
[Jawaban Salah]

d. pertemuan partisipan
[Jawaban Salah]



5. Pihak yang menyampaikan pengajuan, pihak yang menawar dan pihak yang yang berperan sebagai perantara dalam teks negosiasi disebut....

a. partisipan
[Jawaban Benar]

b. tokoh
[Jawaban Salah]

c. pelaku
[Jawaban Salah]

d. partisipasi
[Jawaban Salah]



6. Surat yang digunakan dalam kegiatan perdagangan disebut....

a. surat niaga
[Jawaban Benar]

b. surat penawaran
[Jawaban Salah]

c. surat pemesanan
[Jawaban Salah]

d. surat negosiasi
[Jawaban Salah]



7. Penulisan kop surat yang tepat yaitu....

a. menggunakan huruf kapital
[Jawaban Benar]

b. menggunakan huruf bercetak tebal
[Jawaban Salah]

c. berada di pojok kanan atas
[Jawaban Salah]

d. ditulis seperti judul karangan
[Jawaban Salah]



8. Penulisan alamat penerima surat yang tepat adalah....

a. Kepada Yth. Mayra Bakery
[Jawaban Salah]

b. Kpd. Yth. Mayra Bakery
[Jawaban Salah]

c. Yth. Mayra Bakery
[Jawaban Benar]

d. YTH. MAYRA BAKERY
[Jawaban Salah]



9. Tindakan saling memberi pesan dan merespon pesan dalam negosiasi disebut....

a. pasangan tuturan
[Jawaban Benar]

b. pasangan penawaran
[Jawaban Salah]

c. pasangan berbagi
[Jawaban Salah]

d. pasangan negosiasi
[Jawaban Salah]



10. Kop surat berisi....

a. alamat pengirim
[Jawaban Benar]

b. alamat penerima
[Jawaban Salah]

c. nomor surat
[Jawaban Salah]

d. tanggal surat
[Jawaban Salah]



11. Kata-kata yang digunakan untuk menunjukkan kesopanan disebut....

a. santun
[Jawaban Benar]

b. baku
[Jawaban Salah]

c. formal
[Jawaban Salah]

d. lembut
[Jawaban Salah]



12. Bagian tubuh surat pemesanan barang berisi tentang hal berikut, kecuali....

a. ketertarikan pengirim untuk memesan barang
[Jawaban Salah]

b. daftar barang yang ingin dipesan
[Jawaban Salah]

c. cara pembayaran
[Jawaban Salah]

d. salam pembuka
[Jawaban Benar]



13. Kedua belah pihak yang bersangkutan didalam negosiasi memiliki ... untuk menentukan kesepakatan atau hasil akhir.

a. kewajiban
[Jawaban Salah]

b. wewenang
[Jawaban Salah]

c. tanggung jawab
[Jawaban Salah]

d. hak yang sama
[Jawaban Benar]

e. kekuatan bersama
[Jawaban Salah]



14. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.


Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....

a. debat
[Jawaban Benar]

b. diskusi
[Jawaban Salah]

c. seminar
[Jawaban Salah]

d. argumen
[Jawaban Salah]

e. simposium
[Jawaban Salah]



15. Suatu wujud interaksi sosial yang berfungsi untuk mendapatakan penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang terlibat.


Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....

a. eksplanasi
[Jawaban Salah]

b. negosiasi
[Jawaban Benar]

c. deskriptif
[Jawaban Salah]

d. argumentasi
[Jawaban Salah]

e. narasi
[Jawaban Salah]



16. Perhatikan kalimat berikut!

"Terima kasih telah berbelanja di toko kami, ditunggu kedatangannya kembali."


Kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur ....

a. orientasi
[Jawaban Salah]

b. pengajuan
[Jawaban Salah]

c. penawaran
[Jawaban Salah]

d. persetujuan
[Jawaban Salah]

e. penutup
[Jawaban Benar]



17. Bu Ike : Selamat pagi,Pak.

Pak Kiki : Selamat pagi juga, Bu Ike.


Dialog tersebut termasuk ke dalam pasangan tuturan ....

a. mengucapkan salam-membalas salam
[Jawaban Benar]

b. meminta-memenuhi/menolak permintaan
[Jawaban Salah]

c. mengusulkan-menerima/menolak usulan
[Jawaban Salah]

d. memerintah-mematuhi/menolak perintah
[Jawaban Salah]

e. membujuk-menyuruh/memberi perintah melakukan sesuatu
[Jawaban Salah]



18. Berikut ini yang merupakan kalimat persuasif adalah ....

a. Bisa, tetapi harus bayar uang muka Rp 5juta rupiah
[Jawaban Salah]

b. Harga pasnya sudah Rp 75.000,00
[Jawaban Salah]

c. Masih kemahalan harganya
[Jawaban Salah]

d. Biasanya harganya Rp 50.000,00, buat langganan jadi Rp 40.000,00
[Jawaban Benar]

e. Iya, belum bisa kurang harganya, Neng.
[Jawaban Salah]



19. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!


Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!

Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!

Pengusaha: Alasan apa?

Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!


Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah ....

a. kekesalan karyawan terhadap kenaikan upah.
[Jawaban Salah]

b. kemarahan karyawan terhadap pengusaha.
[Jawaban Salah]

c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
[Jawaban Salah]

d. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
[Jawaban Salah]

e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
[Jawaban Benar]



20. Bagian teks negosiasi yang berisikan pernyataan mengenai barang atau masalah yang sedang dihadapi adalah ....

a. uraian
[Jawaban Salah]

b. permintaan
[Jawaban Benar]

c. interaksi
[Jawaban Salah]

d. penawaran
[Jawaban Salah]

e. kesepakatan
[Jawaban Salah]



21. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah ....

a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?

Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?
[Jawaban Salah]

b. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.

Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagaimana?
[Jawaban Salah]

c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.

Penjaga: ini bukunya.
[Jawaban Benar]

d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.

Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.
[Jawaban Salah]

e. Anak: Selamat siang, Pak.

Penjaga: selamat siang.
[Jawaban Salah]



22. Cermati kalimat berikut!


Pembeli : “Sembilan puluh ribu kemahalan, Bu. Tujuh puluh lima ribu saja, ya? Saya beli dua baju, Bu.”


Dalam kegiatan jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam struktur ….

a. permintaan
[Jawaban Salah]

b. pemenuhan
[Jawaban Salah]

c. persetujuan
[Jawaban Salah]

d. penawaran
[Jawaban Benar]

e. pembelian
[Jawaban Salah]



23. Cermati dialog berikut!


(1) Anak : “Ayah, setelah lulus nanti, aku mau sekolah di SMA.”

(2) Ayah : “Kenapa di SMA, Nak? Padahal, Ayah ingin kamu sekolah di SMK.”

(3) Ayah : “Kok di SMK? Kenapa memangnya Ayah, jika aku sekolah di SMK?”

(4) Ayah : “Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung bekerja.”

(5) Anak : “Oh, gitu yah, iya aku setuju.”

(6) Ayah : “Baguslah kalau kamu setuju.”


Dialog yang menyatakan penawaran ditunjukkan oleh nomor ….

a. (1), (2), (3), (4)
[Jawaban Salah]

b. (2), (3), (4), (5)
[Jawaban Salah]

c. (2), (3), (4)
[Jawaban Benar]

d. (2), (3), (5)
[Jawaban Salah]

e. (1), (2), (3), (5)
[Jawaban Salah]



24. 1) Penumpang : “Bang, ke Pasar Wage berapa?”

2) Ojek : “20ribu, Mas.”

3) Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di situ, 10 ribu aja ya.”

4) Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh.”

5) Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 2 ribu biar jadi. 12ribu ya. Bagaimana?”

6) Ojek : “Tambah 3 ribu lagi deh, langsung capcusss.”

7) Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke Pasar Wage.”


Partisipan dalam teks negosiasi tersebut adalah ….

a. tukang ojek
[Jawaban Salah]

b. tukang becak
[Jawaban Salah]

c. tukang becak dan penumpang
[Jawaban Salah]

d. penumpang
[Jawaban Salah]

e. tukang ojek dan penumpang
[Jawaban Benar]



25. Surat penawaran suatu barang atau jasa kepada seseorang atau perusahaan disebut surat jual. Surat tersebut mempunyai sifat sebagai berikut. Manakah yang bukan menunjukkan sifat surat dagang atau surat jual ….

a. Berbahasa tidak resmi
[Jawaban Benar]

b. Mengungkapkan sebuah penyaluran atau distribusi barang
[Jawaban Salah]

c. Mudah dipahami isinya
[Jawaban Salah]

d. Menggunakan kalimat efektif
[Jawaban Salah]

e. Bahasanya menarik
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal TEKS NEGOSIASI Sederajat dengan Kunci Jawaban, Raih Mimpimu Sob

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar