Notifikasi

23+ Kumpulan Soal UN BAHASA INDONESIA HWOOOTS Sederajat dengan Kunci Jawaban

Selamat Malam.. sobat, Di website caktekno.com hari ini 11-Jul-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang UN BAHASA INDONESIA HWOOOTS yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 12 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

23+ Soal UN BAHASA INDONESIA HWOOOTS 2022/2023 Lengkap



1. Q.Cermati teks berikut!


Teks 1 Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh. Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami-istri itu lalu menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka memberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel agar si kakek tak menghamburkan makanan lagi.


Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati semua kejadian di dalam diam. Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu. “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jika aku besar nanti.” Ayah anak kecil itu langsung terdiam. Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan saat piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.


Teks 2


Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa masalah yang dibicarakan Tono itu tidak penting.


Namun, Tono tetap meminta agar Udin mau menerka teka-tekinya.


“Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia berdiri sebab takut kursinya diambil orang lain.”


Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen dan pejabat. “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.


Persamaan kedua teks cerita tersebut adalah . . .

a. menggunakan sudut pandang orang ketiga
[Jawaban Benar]

b. menguraikan watak tokoh kakek dan dosen yang lugu
[Jawaban Salah]

c. konflik tentang masa depan tokoh kakek dan dosen
[Jawaban Salah]

d. latar cerita di rumah tokoh utama
[Jawaban Salah]

e. tema cerita tentang kesabaran tokoh
[Jawaban Salah]



2. 2.

Cermati kutipan berikut!

Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat masalah itu.


Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan tersebut adalah . . .

a. Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
[Jawaban Salah]

b. Nenek selalu menjaga wibawanya
[Jawaban Salah]

c. Cucu nenek sering membuat masalah.
[Jawaban Salah]

d. Nenek tidak bisa mengatur keluarga
[Jawaban Salah]

e. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
[Jawaban Benar]



3. 3.

Cermati kutipan cepen berikut!


Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman karena kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”

Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah . . .

a. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
[Jawaban Salah]

b. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
[Jawaban Salah]

c. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
[Jawaban Salah]

d. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
[Jawaban Benar]

e. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
[Jawaban Salah]



4. 4.

Cermati kalimat berikut!


Jika kecelakaan menimpa Anda saat sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama saat masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.


Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...

a. Sudahkan Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?
[Jawaban Benar]

b. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?
[Jawaban Salah]

c. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?
[Jawaban Salah]

d. Mengapa handuk ataus sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?
[Jawaban Salah]

e. Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?
[Jawaban Salah]



5. 5.

Cermati paragraf berikut!


Diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan. …, biji kopi dipilih dengan memisahkan biji kopi yang segar dan busuk dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, … yang busuk akan mengapung, … biji kopi teresbut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai peran yang sangat penting karena indera penciumannya hanya akan memilih biji kopi sempurna.


Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .

a. kemudian, karena, sementara
[Jawaban Salah]

b. sementara , bahkan, kemudian
[Jawaban Salah]

c. kemudian, bahkan, selanjutnya
[Jawaban Salah]

d. selanjutnya, sedangkan, kemudian
[Jawaban Benar]

e. jika, sementara, kemudian
[Jawaban Salah]



6. 6.

Cermati paragraf berikut!


Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF) pada bulan Maret 2017. JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang baru yang mana berupa “Fashion Show” busana pria dengan memiliki tema Mystique Man. Peragaan busana ini akan menjadi salah satu daya tarik pada kegiatan yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun memiliki gaya busana yang tidak kalah menariknya dengan gaya busana wanita.


Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . .

a. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang baru yang berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
[Jawaban Salah]

b. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan memiliki tema Mystique Man.
[Jawaban Salah]

c. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa busana pria dengan tema Mystique Man.
[Jawaban Benar]

d. JFF ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
[Jawaban Salah]

e. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show dengan bertema Mystique Man.
[Jawaban Salah]



7. 7.

Cermati paragraf berikut!


(1) Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali dibandingkan tahun lalu. (2) Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang maupun ikan. (3) Ada pula yang berubah fungsi menjadi wilayah indusrti maupun permukiman. (4) selain itu, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagain besar digunakan untuk kayu bakar. (5) Hal ini juga menambah parahnya hutan bakau.


Perbaikan kalimat yang salah dan alasannya yang tepat adalah . . .

a. Perbaikan: Berdasarkan penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali di banding tahun lalu.Alasan: Kata penelitian sudah menyatan hasil.
[Jawaban Salah]

b. Perbaikan: Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang dibandingkan tahun lalu. Alasan: Kata sangat sudah bermakna intensitas, tidak perlu kata sekali.
[Jawaban Benar]

c. Perbaikan: Namun, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. Alasan: Konjungsi selain itu menyatakan penambahan hal lain, seharusnya pertentangan.
[Jawaban Salah]

d. Perbaikan: Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang dan ikan. Alasan: Konjungsi maupun seharusnya berkait dengan konjungsi baik yang menyatakan pilihan.
[Jawaban Salah]

e. Perbaikan: Selain itu, terjadi penebangan hutan bakau dan sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. Alasan: Konjungsi yang tidak menyatakan penguhung antarklausa.
[Jawaban Salah]



8. 8.

Cermati paragraf berikut!


Aku menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan agar membentuk corong di sekitar mulut, aku berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, aku bisa lebih dari kalian. Aku bisa, aku pasti bisa!!” Semua orang melihatku, tapi aku tidak peduli. Aku lebih memilih melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, aku berbisik pada diriku sendiri.


Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . . .

a. keras-keras
[Jawaban Salah]

b. sekeras-keras
[Jawaban Salah]

c. mengeras-keras
[Jawaban Salah]

d. sekeras-kerasnya
[Jawaban Benar]

e. keras-kerasan
[Jawaban Salah]



9. 9.

Cermati paragraf berikut!


Pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini mulai dikembangkan dengan pendekatan komunikasi.Penerapan metode ini akan memberikan tambahan wawasan, baik kepada siswa maupun guru. Peran guru di dalam kelas hanya sebagai fasilitas dan motivitas, bukan lagi menjadi sumber informasi satu-satunya.


Perbaikan kata serapan yang tepat untuk kata bercetak miring tersebut adalah . . .

a. komunikasi, fasilitas, motivatior
[Jawaban Salah]

b. komunikan, fasilitas, motivasi
[Jawaban Salah]

c. komunikatif, fasilitator, motivasi
[Jawaban Salah]

d. komunikatif, fasilitator, motivator
[Jawaban Benar]

e. komunikan, fasilitas, motivator
[Jawaban Salah]



10. 10.

Cermati kalimat berikut!


Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 1,732 meter persegi biaya sebesar Rp2,95 triliun.


Keselahan tanda baca koma (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya adalah . . .

a. Penulisan Rp 2,95 triliun karena menyatakan jumlah uang menggunakan tanda koma dan angka 00 di belakang jumlah.
[Jawaban Salah]

b. Penuliisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah digunakan tanda titik setiap tiga angka dari belakang.
[Jawaban Benar]

c. Penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukan jumlah tidak diperlukan tanda baca apapun.
[Jawaban Salah]

d. Penulisan Rp 2,95 triliun karena hanya terdiri atas tiga angka sehingga tidak memerlukan tanda baca.
[Jawaban Salah]

e. Penulisan Rp 2,95 triliun karena kata rupiah merupakan singkatan harus diikuti tanda titik.
[Jawaban Salah]



11. Q11.


Ketika Upah Minimum Kabupaten (UMK) naik, serta merta daya beli warga dan buruh meningkat. Pemerintah bertugas menjaga agar permintaan melonjak cepat disikapi dengan persediaan yang cukup. Pemerintah harus bekerja sama dengan pebisnis. Pebisnis barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang. Bila mereka enggan untuk menambah stok barang, pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk. Pemerintah jangan sampai kalah dengan mafia, kartel, spekulan, atau sejenisnya yang memanfaatkan situasi kenaikan upah dengan menaikkan harga. Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi. Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah.


Fakta yang dikemukakan dalam artikel tersebut adalah …

a. Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi.
[Jawaban Salah]

b. Bila mereka enggan untuk menambah stok barang, pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk.
[Jawaban Salah]

c. Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah
[Jawaban Salah]

d. Pebisnis barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang.
[Jawaban Benar]



12. Q12.


1) Pendidikan kesenian di sekolah hingga kini masih belum mendapat perhatian serius. 2) Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya. 3) Pihak sekolah masih memandang kesenian dengan sebelah mata dibandingkan dengan bidang lain, seperti olahraga. 4) Banyak sekolah menganggap dirinya mampu mencetak atlet yang hebat. 5) Sekolah-sekolah tersebut lebih bersemangat memajukan bidang olahraga.


Inti kalimat pertama teks tersebut adalah…

a. Hingga kini masih belum mendapat perhatian serius
[Jawaban Salah]

b. Masih belum mendapat perhatian serius
[Jawaban Salah]

c. Pendidikan kesenian belum mendapat perhatian serius
[Jawaban Salah]

d. Pendidikan kesenian di sekolah
[Jawaban Salah]

e. Pendidikan kesenian di sekolah belum medapat perhatian serius
[Jawaban Benar]



13. Q13.


(1) Bukan cuma pemerintah yang perlu berpikir tentang masalah pendidikan.

(2) Masyarakat pun diharapkan berperan serta.

(3) Karena, pendidikan adalah tanggung jawab kita semua.

(4) Peningkatan kecerdasan bangsa merupakan cita-cita bangsa.

(5) Hal ini jelas terdapat dalam undang-undang negara kita

Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah kalimat nomor ...

a. 1
[Jawaban Benar]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 4
[Jawaban Salah]

e. 5
[Jawaban Salah]



14. Q14.


Penduduk Batam baru jutaan saja tentu masih lebih mudah dilakukan langkah pensejahteraan saat ini. (2) Batam menjadi sebuah kawasan investasi yang pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata, pertumbuhan ekonomi nasional. (3) Kelak jumlah penduduk akan terus bertambah, tentu di masa itu akan lebih susah. (4) Bila ingin menyejahterakan rakyat, hanya satu kuncinya, itikad dan kemauan. (5) Dengan demikian, desakan harus senantiasa dilakukan agar Pemda Kota selalu ingat, bukan gaji yang diminta, tetapi kesejahteraan.


Kalimat yang kurang efektif dalam kutipan teks editorial tersebut terdapat pada kalimat ....

a. 1
[Jawaban Benar]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 4
[Jawaban Salah]

e. 5
[Jawaban Salah]



15. Q15.


”Sukri! Jaga mulutmu. Kau ini apa-apaan. Pemuda tanpa modal. Jangan kau permainkan anakku. Apa yang telah kau beri kepadanya sebagai rasa kasih dan cintamu? Datang hampir tiap malam dengan janji-janji. Jangan kau memberi harapan-harapan yang tidak pasti kepada kami. Pergi kau! Biarkan anakku mencari jodoh yang lebih sempurna daripada kau.”


“Orang tua terkutuk! Mata duitan. Apa bedanya kau dengan orangtua lain kalau kau berpikir seperti itu? Anakmu akan kau jual belikan?”


“Sukri! Sumarni adalah anakku. Berhak memilih yang terbaik untuknya.” “Apakah kau telah menganggap pemuda itu cukup baik?”


“Dia punya skuter. Dia punya modal untuk anakku, dan kau? Hanya janji-janji yang tidak terbukti.” “Kalau begitu, kau adalah orangtua yang memandang benda-benda.”


“Semua orang tua akan bersikap begitu untuk kebahagiaan anak gadisnya.” “Tidak semua.”


“Kalau begitu, aku tidak termasuk orangtua yang kamu harapkan.”


Sukri Membawa Pisau Belati karya Hamsad Rangkuti


Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

a. Pengharapan orangtua terhadap seorang pemuda kekasih anaknya.
[Jawaban Salah]

b. Perasaan marah Sukri kepada orang tua Sumani karena dirinya dihina.
[Jawaban Salah]

c. Penolakan cinta seorang pemuda terhadap seorang gadis yang dicintaiinya.
[Jawaban Salah]

d. Penolakan orangtua terhadap lamaran pemuda bernama Sukri.
[Jawaban Salah]

e. Sikap orangtua yang ingin membahagiakan anaknya dengan orang kaya.
[Jawaban Benar]



16. Q16.

Dengan Kasih Sayang


dengan kasih sayang

kita simpan bedil dan kelewang

punahlah gairah dan darah


jangan!

jangan di bunuh para lintah darat

cumlah mesra anak jadah tak berayah

dan sumbatkan jarimu pada mulut peletupan

karena darah para bajak dan perampok

akan mudah mendidih oleh pelor

...


(WS. Rendra)


Makna langbang dari kata anak jadah pada puisi tersebut adalah ....

a. anak yang tak beribu
[Jawaban Salah]

b. anak kesayangan
[Jawaban Salah]

c. anak yang tak sah
[Jawaban Benar]

d. anak yang terbuang
[Jawaban Salah]

e. anak yang membutuhkan kasih sayang
[Jawaban Salah]



17. Q17.

"Kalau Paman tidak mengizinkan, kami tidak akan memaksa," kata Sawitri lembut, sambil memberikan gelas air putih itu. Paman Kanjeng tersenyum, tetapi lalu menggeleng.

"Si Midas sudah nekat. Lihatlah, besok orang-orang kampung akan datang kemari, mulai memasak dan mempersiapkan upacra itu ..." kata Paman dengan suara lemah.

"Tapi ...", sawitri menukas, Hatinya gusar. Kebencian pada kakaknya kembali membersit di hatinya.

"Jangan gusar anakku. Biarlah semua terjadi. Kamu tidak mungkin akan mengendorkan niat kakakmu. Sebab ia dalam keadaan tidak tahu. Dan orang yang belum mengalami akan selalu bisa keliru ..." Paman Kanjeng meneguk lagi air putih itu. Dengan lembut Sawitir mengusap air di bibir Paman dengan sapu tangannya.


Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerita tersebut adalah ...

a. Kenekatan Sawitri untuk melaksanakan niatnya .
[Jawaban Salah]

b. Kemarahan paman kepada MIdas karena ia tidak menuruti anjuran pamannya.
[Jawaban Benar]

c. Kemarahan Midas kepada Sawitri karena niatnya dihalang-halangi.
[Jawaban Salah]

d. Kenekatan Midas untuk melaksanakan niatnya
[Jawaban Salah]

e. kebencian Sawitri pada kakaknya, Midas kembali membersit di hatinya
[Jawaban Salah]



18. Q18.

Cermati kutipan berikut!

Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat masalah itu.


Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan tersebut adalah . . .

a. Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
[Jawaban Salah]

b. Nenek selalu menjaga wibawanya.
[Jawaban Salah]

c. Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
[Jawaban Salah]

d. Cucu nenek sering membuat masalah
[Jawaban Salah]

e. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
[Jawaban Benar]



19. Q19. Cermati kutipan cepen berikut!


Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman karena kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”


Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah . . .

a. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
[Jawaban Salah]

b. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan
[Jawaban Salah]

c. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
[Jawaban Salah]

d. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
[Jawaban Benar]

e. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
[Jawaban Salah]



20. Q20.


Kerasnya upaya kami dalam memperjuangkan nasib para buruh akhirnya sedikit membuahkan hasil yang signifikan.


Kesalahan penggunaan kata yang tidak tepat dalam kalimat tersebut ialah …

a. Kerasnya, seharusnya sekerasnya
[Jawaban Salah]

b. Memperjuangkan, seharusnya memerjuangkan
[Jawaban Benar]

c. Sedikit, seharusnya sesedikit mungkin
[Jawaban Salah]

d. Membuahkan, seharusnya membuahi
[Jawaban Salah]



21. Q.21


Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini :

(1). Pemberian penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda.

(2). Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.

(3). Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.

(4). Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.


Kalimat tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 4
[Jawaban Benar]



22. Q22.


SAWAH

Sawah tersusun di lereng gunung

Berpagar dengan bukit barisan

Sayup-sayup ujung ke ujung

Padi mudanya hijau berdandan

Di dangau perawan duduk menyulam

Matanya memandang padi huma

Sekali-sekali ia bermalam

Dipetik dari hati mudanya

Kalau turun pipit berkawan

Merayap hinggap di mayang padi

Terdengar teriak suara perawan

Menyuruh pipit menjauhkan diri

Kalau pipit sudah terbang

Melayang hilang pulang ke rimba

Perawan menyanyi menembang tembang

Menyesal pipit tak tahu iba

Mengapa engkau aduhai pipit

Tak tau diiba kasihan

Badanku payah menanggung sakit

Mencucur keringat sepanjang zaman

Padi ku pupuk sejak semula

A. Hasjmy


Makna kata pipit pada puisi tersebut adalah ….

a. penipu
[Jawaban Salah]

b. penjajah
[Jawaban Benar]

c. penghasut
[Jawaban Salah]

d. pemberani
[Jawaban Salah]

e. pemberontak
[Jawaban Salah]



23. SAWAH


Sawah tersusun di lereng gunung

Berpagar dengan bukit barisan

Sayup-sayup ujung ke ujung

Padi mudanya hijau berdandan

Di dangau perawan duduk menyulam

Matanya memandang padi huma

Sekali-sekali ia bermalam

Dipetik dari hati mudanya

Kalau turun pipit berkawan

Merayap hinggap di mayang padi

Terdengar teriak suara perawan

Menyuruh pipit menjauhkan diri

Kalau pipit sudah terbang

Melayang hilang pulang ke rimba

Perawan menyanyi menembang tembang

Menyesal pipit tak tahu iba

Mengapa engkau aduhai pipit

Tak tau diiba kasihan

Badanku payah menanggung sakit

Mencucur keringat sepanjang zaman

Padi ku pupuk sejak semula

A. Hasjmy


Kalimat bermajas personifikasi puisi di atas terdapat pada ...

a. Bait kedua larik kedua
[Jawaban Salah]

b. Bait kelima larik ketiga
[Jawaban Salah]

c. Bait ketiga larik pertama
[Jawaban Salah]

d. Bait pertama larik keempat
[Jawaban Benar]

e. Bait keempat larik keempat
[Jawaban Salah]



24. >

  • Cerai-Berai Negeriku
  • Si Jamin dan Si Johan
  • Narkoba Merusak Masa depan anak Muda
  • Dahulu Kaya, kemudian Miskin: Sebuah Antologi Kisah
  • Pengalamanku Menyembelih biri-biri di Hari Raya Kurban

  • Penulisan judul yang benar terdapat pada nomor ….

    a. (1) dan (2)
    [Jawaban Salah]

    b. (2) dan (4)
    [Jawaban Benar]

    c. (3) dan (5)
    [Jawaban Salah]

    d. (4) dan (5)
    [Jawaban Salah]

    e. (2) dan (3)
    [Jawaban Salah]



    25. Q.25


    1. Dosen ISBD adalah dr.Aas Kosasih.S.Ag.,M.SI.
    2. Ibu Lilis SKM. mengadakan kunjungan ke masyarakat yang kekurangan Gizi buruk.
    3. Santana, S.H., M.Si., baru saja menerima gelar kebangsawanan dari Kesultanan Yogyakarta.
    4. Acara peresmian gedung baru dihadiri oleh Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. selaku Rektor UNNES
    5. Di daerah yang subur diadakan penanaman pohon di bawah penelitian oleh Hadi Syahid Falahudin S.PT.


    Penulisan gelar yang tepat terdapat pada nomor....

    a. (1) dan (3)
    [Jawaban Salah]

    b. (2) dan (4)
    [Jawaban Salah]

    c. (2) dan (5)
    [Jawaban Salah]

    d. (3) dan (4)
    [Jawaban Benar]

    e. (4) dan (5)
    [Jawaban Salah]



    Demikian Kumpulan Soal UN BAHASA INDONESIA HWOOOTS Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semoga bermanfaat

    Kelas 12 Kumpulan Soal Pendidikan
    Gabung dalam percakapan
    Posting Komentar
    komentar teratas
    Terbaru dulu
    Daftar Isi
    Tautan berhasil disalin.