Notifikasi

48+ Kumpulan Soal PM PROGRAM DASAR Terbaru dengan Kunci Jawaban

Hai, Apa kabar?.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 14-Jul-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang PM PROGRAM DASAR yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas KG di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

48+ Soal PM PROGRAM DASAR 2022/2023 Lengkap



1. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus di lakukan adalah :

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membuat Algoritma
[Jawaban Benar]

c. Membeli komputer
[Jawaban Salah]

d. Proses
[Jawaban Salah]

e. Mempelajari program
[Jawaban Salah]



2. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
[Jawaban Benar]

e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]



3. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :

a. 15 dan 0
[Jawaban Salah]

b. 0 dan 15
[Jawaban Salah]

c. 15 dan 15
[Jawaban Benar]

d. 0 dan 10
[Jawaban Salah]

e. 10 dan 15
[Jawaban Salah]



4. struktur pertama dalam pascal adalah . .

a. Char;
[Jawaban Salah]

b. String
[Jawaban Salah]

c. End.
[Jawaban Salah]

d. Writeln
[Jawaban Salah]

e. Uses crt;
[Jawaban Benar]



5. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari...

a. Flowchart
[Jawaban Benar]

b. Dxdiag
[Jawaban Salah]

c. Begin
[Jawaban Salah]

d. SI
[Jawaban Salah]

e. Sistem oprasi
[Jawaban Salah]



6. Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut....

a. Natural Language
[Jawaban Salah]

b. Bahasa narasi
[Jawaban Salah]

c. Bahasa alami
[Jawaban Salah]

d. Pseudocode
[Jawaban Salah]

e. Flowchart
[Jawaban Benar]



7. Yang termasuk ke dalam jenis algoritma percabangan adalah...

a. Main
[Jawaban Salah]

b. For do
[Jawaban Salah]

c. Repeat Until
[Jawaban Salah]

d. If else
[Jawaban Benar]

e. Void
[Jawaban Salah]



8. Yang termasuk ke dalam jenis algoritma perulangan adalah...

a. Main
[Jawaban Salah]

b. For do
[Jawaban Benar]

c. Repeat until
[Jawaban Salah]

d. If else
[Jawaban Salah]

e. Void
[Jawaban Salah]



9. Istilah "Perulangan" dalam pemograman C++ dikenal dengan...

a. Repeating
[Jawaban Salah]

b. Looping
[Jawaban Benar]

c. Again
[Jawaban Salah]

d. Funtion
[Jawaban Salah]

e. Replay
[Jawaban Salah]



10. Gambar flowchart disamping ini disebut

a. proses
[Jawaban Salah]

b. decision
[Jawaban Salah]

c. terminator
[Jawaban Salah]

d. Data
[Jawaban Benar]

e. awal akhir
[Jawaban Salah]



11. gambar flowchart ...

a. proses
[Jawaban Benar]

b. data
[Jawaban Salah]

c. decision
[Jawaban Salah]

d. awal akhir
[Jawaban Salah]

e. penghubung
[Jawaban Salah]



12. Bilangan yang mengandung pecahan, paling sedikit harus ada satu digit angka sebelum dan sesudah titik decimal termasuk dalam tipe data...

a. Riil
[Jawaban Benar]

b. Boolean
[Jawaban Salah]

c. Integer
[Jawaban Salah]

d. Longint
[Jawaban Salah]

e. Byte
[Jawaban Salah]



13. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika, adalah pengertian …..

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Konstanta
[Jawaban Salah]

c. Numerik
[Jawaban Benar]

d. String
[Jawaban Salah]

e. Boolean
[Jawaban Salah]



14. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.

a. input
[Jawaban Benar]

b. File
[Jawaban Salah]

c. Database
[Jawaban Salah]

d. Masalah
[Jawaban Salah]

e. Proses
[Jawaban Salah]



15. Siswa mampu Menyimpulkan hasil dari algoritma percabangan 1 kondisi

If nilai >75 then

Write “Lulus”

Jika diberikan nilai = 80, maka hasilnya adalah ....

a. TIDAK Lulus
[Jawaban Salah]

b. Lulus
[Jawaban Benar]

c. Nilai 80
[Jawaban Salah]

d. Nilai >75
[Jawaban Salah]

e. Nilai diatas 75
[Jawaban Salah]



16. #**# merupakan karakter yang terdapat pada type data

a. text
[Jawaban Salah]

b. password
[Jawaban Benar]

c. radio
[Jawaban Salah]

d. submit
[Jawaban Salah]

e. file
[Jawaban Salah]



17. Gambar disamping hasil pilihan ...

a. Radio button
[Jawaban Salah]

b. Checkbox
[Jawaban Benar]

c. List
[Jawaban Salah]

d. Submid
[Jawaban Salah]

e. Resume
[Jawaban Salah]



18. Gambar disamping hasil pilihan ...

a. Submit
[Jawaban Salah]

b. Reset
[Jawaban Salah]

c. Radio button
[Jawaban Benar]

d. Password
[Jawaban Salah]

e. Text
[Jawaban Salah]



19. penulisan dengan list

a. Checkbox
[Jawaban Salah]

b. Submit
[Jawaban Salah]

c. File
[Jawaban Salah]

d. Ordered
[Jawaban Benar]

e. Unordered
[Jawaban Salah]



20. Pilihan menggunakan list

a. ordered
[Jawaban Salah]

b. unordered
[Jawaban Benar]

c. list
[Jawaban Salah]

d. radio button
[Jawaban Salah]

e. checklist
[Jawaban Salah]



21. Sebutkan perintah untuk melakukan break pada pembuatan situs HTML!

a. HR
[Jawaban Salah]

b. LI
[Jawaban Salah]

c. BR
[Jawaban Benar]

d. UL
[Jawaban Salah]

e. OL
[Jawaban Salah]



22. Perintah manakah yang membuat Bullets dalam pembuatan situs?

a. OL
[Jawaban Salah]

b. UL
[Jawaban Benar]

c. BR
[Jawaban Salah]

d. HR
[Jawaban Salah]

e. Bullet
[Jawaban Salah]



23. Tag <SELECT> digunakan untuk

a. memilih beberapa opsi
[Jawaban Salah]

b. menentukan ukuran
[Jawaban Salah]

c. menandai beberapa opsi
[Jawaban Salah]

d. menampilkan opsi pilihan
[Jawaban Benar]

e. membatalkan opsi
[Jawaban Salah]



24. Perintah HTML untuk membuat teks berjalan adalah…

a. Form
[Jawaban Salah]

b. Body
[Jawaban Salah]

c. Marquee
[Jawaban Benar]

d. Tr
[Jawaban Salah]

e. &nbsp
[Jawaban Salah]



25. Apa perintah yang paling pertama dalam mengawali pembuatan HTML?

a. <body>
[Jawaban Salah]

b. </body>
[Jawaban Salah]

c. </html>
[Jawaban Salah]

d. <tr>
[Jawaban Salah]

e. <html>
[Jawaban Benar]



26. Gambar flowchart disamping ini disebut

a. proses
[Jawaban Salah]

b. decision
[Jawaban Benar]

c. terminator
[Jawaban Salah]

d. Data
[Jawaban Salah]

e. awal akhir
[Jawaban Salah]



27. Microsoft Windows merupakan sistem operasi komputer yang berbasis ….

a. Graphical Universal Interface
[Jawaban Salah]

b. Picture User Interface
[Jawaban Salah]

c. Text User Interface
[Jawaban Salah]

d. Graphical and Picture Interface
[Jawaban Salah]

e. Graphic User Interface
[Jawaban Benar]



28. Bilangan biner adalah bilangan yang berbasis ….

a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2
[Jawaban Salah]

b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
[Jawaban Benar]

c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
[Jawaban Salah]

d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
[Jawaban Salah]

e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15
[Jawaban Salah]



29. Manusia dengan tenaga dan ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengoperasikan serta mengatur system komputer adalah ....

a. Brainware
[Jawaban Benar]

b. Mailware
[Jawaban Salah]

c. Hardware
[Jawaban Salah]

d. Software
[Jawaban Salah]

e. Spyware
[Jawaban Salah]



30. Yang bukan merupakan perangkat masukan (input device) dari kumpulan nama perangkat keras berikut ini adalah ....

a. Keyboard
[Jawaban Salah]

b. Mic
[Jawaban Salah]

c. Scanner
[Jawaban Salah]

d. Mouse
[Jawaban Salah]

e. Monitor
[Jawaban Benar]



31. Apakah kepanjangan dari USES .....

.

a. Unit secure
[Jawaban Salah]

b. Unit syntax
[Jawaban Salah]

c. Unit system
[Jawaban Benar]

d. Up software
[Jawaban Salah]

e. Unit semiconductor
[Jawaban Salah]



32. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :

a. Bahassa Inggris
[Jawaban Salah]

b. Bahasa Puitis
[Jawaban Salah]

c. Bahasa pemograman
[Jawaban Benar]

d. Sembarang bahasa asal terstruktur
[Jawaban Salah]

e. Bahasa Mesin
[Jawaban Salah]



33. Gambar disamping adalah struktur dasar algoritma .......

a. Sekuensial
[Jawaban Benar]

b. Seleksi
[Jawaban Salah]

c. Perulangan
[Jawaban Salah]

d. Penggandaan
[Jawaban Salah]

e. Pembagian
[Jawaban Salah]



34. Struktur pertama dalam pascal adalah . .

a. Char;
[Jawaban Salah]

b. String
[Jawaban Salah]

c. End.
[Jawaban Salah]

d. Writeln
[Jawaban Salah]

e. Uses crt;
[Jawaban Benar]



35. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah...

a. String
[Jawaban Salah]

b. Char
[Jawaban Salah]

c. Boolean
[Jawaban Benar]

d. Byte
[Jawaban Salah]

e. Real
[Jawaban Salah]



36. Perintah untuk menutup program dalam pascal adalah...

a. End.
[Jawaban Benar]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Uses crt;
[Jawaban Salah]

d. Finish
[Jawaban Salah]

e. End;
[Jawaban Salah]



37. Gambar diatas adalah struktur dasar algoritma .......

a. Sekuensial
[Jawaban Salah]

b. Seleksi
[Jawaban Salah]

c. Perulangan
[Jawaban Benar]

d. Penggandaan
[Jawaban Salah]

e. Pembagian
[Jawaban Salah]



38. Proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program Komputer disebut........

a. Programmer
[Jawaban Salah]

b. Pemrograman
[Jawaban Benar]

c. Algoritma
[Jawaban Salah]

d. Program
[Jawaban Salah]

e. Desain
[Jawaban Salah]



39. Gambar diatas ini merupakan simbol .......

a. Terminator
[Jawaban Salah]

b. Proses
[Jawaban Salah]

c. Preparation
[Jawaban Salah]

d. flow line
[Jawaban Benar]

e. Decision
[Jawaban Salah]



40. Gambar diatas ini merupakan simbol .......

a. Terminator
[Jawaban Benar]

b. Proses
[Jawaban Salah]

c. Preparation
[Jawaban Salah]

d. flow line
[Jawaban Salah]

e. Decision
[Jawaban Salah]



41. Sistem bilangan berbasis sepuluh disebut dengan bilangan .......

a. Desimal
[Jawaban Benar]

b. Biner
[Jawaban Salah]

c. Oktal
[Jawaban Salah]

d. Hexadesimal
[Jawaban Salah]

e. Genap
[Jawaban Salah]



42. Sistem bilangan berbasis delapan disebut dengan bilangan ....

a. Desimal
[Jawaban Salah]

b. Biner
[Jawaban Salah]

c. Oktal
[Jawaban Benar]

d. Hexadesimal
[Jawaban Salah]

e. Genap
[Jawaban Salah]



43. Data yang berisi sederet karakter disebut….

a. Array
[Jawaban Salah]

b. Boolean
[Jawaban Salah]

c. Float
[Jawaban Salah]

d. Integer
[Jawaban Salah]

e. String
[Jawaban Benar]



44. Istilah “perulangan” dalam pemrograman pascal dikenal sebagai .....Algoritma

a. Repeating
[Jawaban Salah]

b. Again
[Jawaban Salah]

c. Function
[Jawaban Salah]

d. Replay
[Jawaban Salah]

e. Looping
[Jawaban Benar]



45. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagi …...

a. Byte
[Jawaban Salah]

b. Boolean
[Jawaban Salah]

c. Char
[Jawaban Salah]

d. Integer
[Jawaban Benar]

e. String
[Jawaban Salah]



46. Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah...

a. Begin
[Jawaban Salah]

b. Clrscr
[Jawaban Benar]

c. Readln
[Jawaban Salah]

d. Write
[Jawaban Salah]

e. Writeln
[Jawaban Salah]



47. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…

a. Tipe data
[Jawaban Salah]

b. Variable
[Jawaban Benar]

c. Record
[Jawaban Salah]

d. Prosedur
[Jawaban Salah]

e. Read
[Jawaban Salah]



48. Gambar diatas adalah struktur dasar algoritma .......

a. Sekuensial
[Jawaban Salah]

b. Seleksi
[Jawaban Benar]

c. Perulangan
[Jawaban Salah]

d. Penggandaan
[Jawaban Salah]

e. Pembagian
[Jawaban Salah]



49. Operator yang digunakan untuk membandingkan satu nilai dengan nilai yang lain, untuk mendapatkan hasil benar atau salah adalah jenis ….

a. Operator aritmatika
[Jawaban Salah]

b. Operator penugasan
[Jawaban Salah]

c. Operator perbandingan
[Jawaban Salah]

d. Operator logika
[Jawaban Benar]

e. Operator string
[Jawaban Salah]



50. Jika P = 10 dan L = 20 Manakah yang disebut variable …..

a. P dan 20
[Jawaban Salah]

b. L dan P
[Jawaban Benar]

c. P = L
[Jawaban Salah]

d. L dan 20
[Jawaban Salah]

e. A. L = 10
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal PM PROGRAM DASAR Terbaru dengan Kunci Jawaban, Semangat Sob

Kelas KG Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.