Notifikasi

8+ Kumpulan Soal BERPUISI KELAS VIII Terlengkap dengan Kunci Jawaban

Halo semuanya.. sahabat, Di website caktekno.com hari ini 09-Jul-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang BERPUISI KELAS VIII yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 8 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal BERPUISI KELAS VIII 2022/2023 Lengkap



1. Jelaskan pengertian puisi !

a. bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait serta penuh makna
[Jawaban Benar]



2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan majas !

a. bahasa kias yang dipergunakan untuk emnciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya.
[Jawaban Benar]



3. Sebutkan langkah - langkah yang perlu diperhatikan dalam memahami isi puisi !

a. 1. Menyingkap judul 2. Memahami makna - makna kata kunci 3. Mengusut rujukan kata ganti 4. Mempelajari konteks penciptaan 5. Meruumuskan kata utuh
[Jawaban Benar]



4. Tuliskan jenis - jenis puisi naratif dan lirik !

a. puisi naratif misalnya : epik, romansa, balada dan syair.puisi lirik misalnya : elegi, ode dan serenada
[Jawaban Benar]



5. Sebutkan unsur - unsur fisik puisi !

a. 1. Majas dan irama 2. Konotasi 3. Lambang 4. Pengimajian
[Jawaban Benar]



6. Jelaskan apa yang dimaksud

a. Tema

b. Amanat

c. Rasa (feeling)

a. 1. Tema (sense) adalah hal yang paling penting dalam puisi. tema dapat menjadikan puisi memiliki kesan dan arti mendalam bagi penulis atau pembacanya.2. Amanat (intention) adalah sebuah pesan yang terkandung di dalam puisi dan disampaikan kepada pembaca oleh penyair.3. Rasa (feeling) adalah sebuah sikap dari penyair mengenai pokok permasalahan yang berada dalam puisi.
[Jawaban Benar]



7. Sebutkan langkah - langkah menulis puisi berdasarkan konteks !

a. 1. Pencarian ide, dilakukan dengan mengumpulkan atau menggali informasi melalui membaca, melihat, dan merasakan terhadap kejadian / peristiwa dan pengalaman pribadi, sosial masyarakat ataupun universal (kemanusiaan dan ketuhanan)2. Perenungan yakni memilih atau menyaring informasi (/masalah, tema, ide, gagasan) yang menarik dari tema yang didapat. Kemudian memikirkan, merenungkan, dan menafsirkan sesuai dengan konteks, tujuan dan pengetahuan yang dimiliki. 3. Penulisan mrupakan proses yang paling genting dan rumit. Penulisan ini mengerahkan energi kreatifitas (kemampuan daya cipta), intuisi dan imajinasai (peka rasa dan cerdas membayangkan) serat pengalaman dan pengetahuan 4. Perbaikan atau revisi yaitu pembacaan ulang terhadap puisi yang telah diciptakan. Pembacaan puisi harus dilakukan dengan teknik dan cara - caranya. Kegiatan membaca puisi mengacu pada dua hal yaitu membaca puisi untuk diri sendiri dan membaca untuk orang lain.
[Jawaban Benar]



8. Apakah tujuan perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ?

a. Perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ini bertujuan supaya pendengar atau apresian lebih memahami maksud yang terkandung dalam puisi. Dengan kolaborasi ini juga diharapkan supaya apresian yang tidak memahami isi atau maksud yang terkandung dalam puisi menjadi paham.
[Jawaban Benar]



9. Sebutkan ciri - ciri teks puisi !

a. 1. Menggunakan bahasa yang bersifat konotatif 2. Unsur bahasa rapi, indah dan menghasilkan irama atau bunyi3. Mempunyai pemadatan kata dari seluruh unsur kemampuan bahasa4. Mengungkapkan isi pikiran dan perasaan penyairdari ruang lingkup
[Jawaban Benar]



10. Tuliskan hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi !

a. 1. Ekspresi merupakan pengungkapan atau suatu proses dalam mengutarakan maksud, persaan, gagasan dan sebagainya 2. Pelafalan merupakan suatu proses atau usaha untuk mengucapkan bunyi bahasa, baik itu suku kata,, frasa atau kalimat sesuai dengan jiwa dan tema puisi3. Tekanan atau nada ialah tinggi rendahnya pengucapan suatu kata. Dalam hal ini tekanan berfungsi untuk memberikan tekanan khusus pada kata - kata tertentu4. Intonasi adalah penyajian tinggi rendah irama puisi dengan memerhatikan jenis - jenis tekanan dinamik, tekanan nada dan tekanan tempo.
[Jawaban Benar]



Demikian Kumpulan Soal BERPUISI KELAS VIII Terlengkap dengan Kunci Jawaban, Semoga bermanfaat

Kelas 8 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.