Notifikasi

38+ Kumpulan Soal 3 DIMENSI | COMPUTERS Terlengkap dengan Kunci Jawaban

Selamat pagi.. sobat, Di website caktekno.com hari ini 30-Aug-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang 3 DIMENSI | COMPUTERS yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 10 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

38+ Soal 3 DIMENSI | COMPUTERS 2022/2023 Lengkap



1. Berikut ini adalah fungsi angka pada numpad, untuk tampak atas (front view) menggunakan angka?

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Benar]

d. 4
[Jawaban Salah]

e. 5
[Jawaban Salah]



2. Pada software blender, jika akan memutar objek searah sumbu Y, maka menggunakan tombol ?

a. [R]+[Y]
[Jawaban Benar]

b. [E]+[Y]
[Jawaban Salah]

c. [G]+[Y]
[Jawaban Salah]

d. [S]+[Y]
[Jawaban Salah]

e. [P]+[Y]
[Jawaban Salah]



3. ada software blender, jika akan mengeser objek searah sumbu Z, maka menggunakan tombol ?

a. [R]+[Z]
[Jawaban Salah]

b. [G]+[Z]
[Jawaban Benar]

c. [E]+[Z]
[Jawaban Salah]

d. [S]+[Z]
[Jawaban Salah]

e. [P]+[Z]
[Jawaban Salah]



4. Pada software blender fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yaitu dengan fitur

a. Mirror
[Jawaban Salah]

b. Bevel
[Jawaban Salah]

c. Smooth
[Jawaban Benar]

d. Solidify
[Jawaban Salah]

e. Subdivision surface
[Jawaban Salah]



5. Pada software blender efek solidify merupakan fitur untuk menambahkan ketegasan teks agar mempunyai....

a. Panjang
[Jawaban Salah]

b. 3Dimensi
[Jawaban Salah]

c. Tekstur
[Jawaban Salah]

d. Volume
[Jawaban Benar]

e. Halus
[Jawaban Salah]



6. Berikut ini adalah fungsi angka pada numpad, untuk tampak depan menggunakan angka?

a. 2
[Jawaban Salah]

b. 3
[Jawaban Salah]

c. 7
[Jawaban Salah]

d. 1
[Jawaban Benar]

e. 5
[Jawaban Salah]



7. Pada software blender fitur utama yang dikenalkan dalam latihan modeling adalah

a. Editing mode, vertex, edge, wireframe, extrude
[Jawaban Salah]

b. Editing mode, vertex, edge, face, extrude
[Jawaban Benar]

c. Editing mode, solidify, edge, face, extrude
[Jawaban Salah]

d. Editing mode, vertex, bevel, face, extrude
[Jawaban Salah]

e. Editing mode, vertex, edge, face, solid
[Jawaban Salah]



8. Tampilan software blender secara default adalah

a. Cube, camera, sun
[Jawaban Salah]

b. Camera, lamp, angle
[Jawaban Salah]

c. Cube, camera, lamp
[Jawaban Benar]

d. Lamp, cube, armature
[Jawaban Salah]

e. lamp, bone dan cursor
[Jawaban Salah]



9. Pada software blender fungsi fitur face untuk mengatur...

a. Tekstur
[Jawaban Salah]

b. Garis objek
[Jawaban Salah]

c. Sudut objek
[Jawaban Salah]

d. Permukaan objek
[Jawaban Benar]

e. Ketebalan (thickness)
[Jawaban Salah]



10. Pada software blender fungsi edge adalah....

a. Untuk mengatur kelengkungan objek
[Jawaban Salah]

b. Untuk mengatur permukaan objek
[Jawaban Salah]

c. Untuk mengatur garis tepi objek
[Jawaban Benar]

d. Untuk mengatur titik sudut objek
[Jawaban Salah]

e. Untuk mengatur segmen objek
[Jawaban Salah]



11. Pada software blender apa fungsi vertex adalah

a. Untuk mengatur kelengkungan objek
[Jawaban Salah]

b. Untuk mengatur permukaan objek
[Jawaban Salah]

c. Untuk mengatur titik sudut objek
[Jawaban Benar]

d. Untuk mengatur segmen objek
[Jawaban Salah]

e. Untuk mengatur garis objek
[Jawaban Salah]



12. Pada software blender apa fungsi extrude adalah

a. Proses penarikan bagian garis objek yang terseleksi
[Jawaban Benar]

b. Proses penarikan bagian sudut objek yang terseleksi
[Jawaban Salah]

c. Mengubah tampilan objek dari solid menjadi wireframe
[Jawaban Salah]

d. Proses penarikan bagian permukaan objek yang terseleksi
[Jawaban Salah]

e. Mengubah tampilan objek dari image render menjadi 3D view
[Jawaban Salah]



13. Pada software blender apa fungsi rigging adalah

a. Proses penulangan (pemberian tulang) yang tersusun dari beberapa potong tulang (Bone) yang saling berhubungan
[Jawaban Benar]

b. Proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
[Jawaban Salah]

c. Proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan.
[Jawaban Salah]

d. Proses pemberian material
[Jawaban Salah]

e. Proses memodifikasi objek
[Jawaban Salah]



14. Pada software blender bagaimana langkah manambahkan rigging (penulangan) adalah...

a. Add -> Lamp -> Sun
[Jawaban Salah]

b. Add -> Mesh -> Cube
[Jawaban Salah]

c. Add -> Mesh -> Monkey
[Jawaban Salah]

d. Add -> Armature -> Rigify
[Jawaban Benar]

e. Add -> Armature -> Single Bone
[Jawaban Salah]



15. Pada software blender apa fungsi dari pose mode adalah

a. Untuk dapat mencoba memutar tulang yang sudah dibuat
[Jawaban Salah]

b. Untuk dapat mencoba menngecilkan tulang yang sudah dibuat
[Jawaban Salah]

c. Untuk dapat mencoba menganimasikan tulang yang sudah dibuat
[Jawaban Benar]

d. Untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah diberi keyframe
[Jawaban Salah]

e. Untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang digabung dengan objek
[Jawaban Salah]



16. Pada software blender langkah untuk menggabungkan tulang dengan objek menjadi satu keutuhan, adalah menekan Ctrl+P kemudian pilih

a. Bone
[Jawaban Salah]

b. Object
[Jawaban Salah]

c. Armature deform
[Jawaban Salah]

d. Object (keep transform)
[Jawaban Salah]

e. With automatic Weights
[Jawaban Benar]



17. Tombol R pada software blender dipakai untuk

a. Skala
[Jawaban Salah]

b. Rotasi
[Jawaban Benar]

c. Kamera
[Jawaban Salah]

d. Perpindahan lokasi objek
[Jawaban Salah]

e. Perpindahan lokasi kamera
[Jawaban Salah]



18. Camera angle adalah

a. Sudut pengambilan gambar suatu objek
[Jawaban Benar]

b. Bidang pandangan
[Jawaban Salah]

c. Jarak pandang
[Jawaban Salah]

d. Luas bidang
[Jawaban Salah]

e. Titik hilang
[Jawaban Salah]



19. Rendering adalah

a. Proses memodifikasi objek
[Jawaban Salah]

b. Penambahan segment dalam edit mode
[Jawaban Salah]

c. Proses pembuatan tulang dan penggabungan penyatuan beberapa tulang
[Jawaban Salah]

d. Proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan
[Jawaban Salah]

e. Proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
[Jawaban Benar]



20. Format file hasil rekaman pada software blender yang dapat diimpor ke windows movie maker adalah

a. .avi
[Jawaban Benar]

b. .psd
[Jawaban Salah]

c. .cdr
[Jawaban Salah]

d. .fla
[Jawaban Salah]

e. .dox
[Jawaban Salah]



21. Sketsa gambar berbentuk thumbnail yang disusun berurutan sesuai dengan rangkaian jalan cerita disebut dengan...

a. Ide Cerita
[Jawaban Salah]

b. Storyboard
[Jawaban Benar]

c. Storyline
[Jawaban Salah]

d. Naskah
[Jawaban Salah]

e. Layout
[Jawaban Salah]



22. Berikut ini adalah fungsi angka pada numpad pada software blender, untuk tampak kanan menggunakan angka?

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 5
[Jawaban Benar]

e. 7
[Jawaban Salah]



23. Berikut ini adalah fungsi angka pada numpad di software blender, untuk tampak ortho graphic atau perspektif menggunakan angka?

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 5
[Jawaban Salah]

e. 7
[Jawaban Benar]



24. pada software blender, jika akan mengeser objek searah sumbu x, maka menggunakan tombol ?

a. [R]+[X]
[Jawaban Salah]

b. [E]+[X]
[Jawaban Salah]

c. [S]+[X]
[Jawaban Salah]

d. [G]+[X]
[Jawaban Benar]

e. [P]+[X]
[Jawaban Salah]



25. pada software blender, jika akan mengeser objek searah sumbu Y, maka menggunakan tombol ?

a. [G]+[Y]
[Jawaban Benar]

b. [R]+[Y]
[Jawaban Salah]

c. [E]+[Y]
[Jawaban Salah]

d. [S]+[Y]
[Jawaban Salah]

e. [P]+[Y]
[Jawaban Salah]



26. pada software blender, jika akan memutar objek searah sumbu x, maka menggunakan tombol ?

a. [E]+[X]
[Jawaban Salah]

b. [G]+[X]
[Jawaban Salah]

c. [S]+[X]
[Jawaban Salah]

d. [P]+[X]
[Jawaban Salah]

e. [R]+[X]
[Jawaban Benar]



27. Pada software blender, pada saat membuat gambar kubus terdiri dari 3 sisi, edge, face, dan vertex, apa yang dimaksud dengan vertex?

a. Garis tepi objek
[Jawaban Salah]

b. Permukaan objek
[Jawaban Salah]

c. Titik setiap sudut objek
[Jawaban Benar]

d. Titik objek
[Jawaban Salah]

e. Tengah2 objek
[Jawaban Salah]



28. ada software blender Jika akan memutar objek searah sumbu Z, maka menggunakan tombol ?

a. [E]+[Z]
[Jawaban Salah]

b. [R]+[Z]
[Jawaban Benar]

c. [G]+[Z]
[Jawaban Salah]

d. [S]+[Z]
[Jawaban Salah]

e. [P]+[Z]
[Jawaban Salah]



29. Apa fungsi keyboard F12 pada software blender?

a. Tampak samping
[Jawaban Salah]

b. Tampak depan
[Jawaban Benar]

c. Untuk mencetak
[Jawaban Salah]

d. Untuk preview
[Jawaban Salah]

e. Untuk log out
[Jawaban Salah]



30. Pengaturan latar belakang dan pencahayaan setelah pemodelan dilakukan, ini merupakan fungsi dari:

a. Setting toolsbar
[Jawaban Salah]

b. Setting mode
[Jawaban Salah]

c. Setting extrude
[Jawaban Salah]

d. Setting environment
[Jawaban Benar]

e. Setting Render
[Jawaban Salah]



31. Adding object merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan tombol....

a. SHIFT + A
[Jawaban Benar]

b. SHIFT + B
[Jawaban Salah]

c. SHIFT + C
[Jawaban Salah]

d. SHIFT + D
[Jawaban Salah]

e. SHIFT + E
[Jawaban Salah]



32. Apa yang dimaksud dengan teknologi animasi?

a. Gambar bergerak
[Jawaban Salah]

b. Teknik gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu
[Jawaban Salah]

c. Mengerakkan gambar dengan menggunakan bantuan computer.
[Jawaban Salah]

d. Teknik merancang dan membangkitkan gambar yang bergerak mengikuti pola tertentu
[Jawaban Benar]

e. Gambar yang bergerak di dalam computer
[Jawaban Salah]



33. Fungsi dari insert scane adalah..

a. Memasukkan tulisan/ text
[Jawaban Salah]

b. Menyisipkan suatu file
[Jawaban Salah]

c. Membuat obyek button
[Jawaban Salah]

d. Menambah scene baru
[Jawaban Benar]

e. Mengcopy scene baru
[Jawaban Salah]



34. Efek animasi pada slide presentasi pada saat pergantian slide presentasi satu ke slide presentasi yang lainnya disebut

a. Effect Transition
[Jawaban Salah]

b. Animation Transition
[Jawaban Benar]

c. Slide Transition
[Jawaban Salah]

d. Frame Transition
[Jawaban Salah]

e. Movie Transition
[Jawaban Salah]



35. Pengertian dari Slow Motion, yaitu...

a. Adegan atau bagian terkecil dari sebuah cerita
[Jawaban Salah]

b. Perpindahan gambar dari gelap ke terang secara perlahan
[Jawaban Salah]

c. Gerakan yang lebih lambat dari biasanya untuk menunjukkan hal yang dramatis
[Jawaban Benar]

d. Menunjukkan tempat pengambilan gambar di luar ruangan
[Jawaban Salah]

e. Sisipan adegan pendek tetapi penting dalam satu scene
[Jawaban Salah]



36. Tujuan di adakanya diskusi dalam pembuatan storyboard bertujuan untuk

a. Menemukan karakter orang
[Jawaban Salah]

b. Memperoleh cara praktis dan taktis dalam proses pengerjaan
[Jawaban Salah]

c. Membentuk organisasi
[Jawaban Salah]

d. Memperoleh banyak teman
[Jawaban Salah]

e. Menggali ide-ide yang ada
[Jawaban Benar]



37. Hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan storyboard adalah. . .

a. Gambar dan sketsa harus banyak
[Jawaban Salah]

b. Gambar dan sketsa harus unik dan lucu
[Jawaban Salah]

c. Warna background di haruskan cerah
[Jawaban Salah]

d. Sketsa sederhana tetapi mudah di fahami
[Jawaban Benar]

e. Sketsa dan gambar terlihat menarik
[Jawaban Salah]



38. Sebutkan 5 tahap-tahap pra produksi animasi. . .

a. Konsep,riset,karakter,tokoh,desain
[Jawaban Salah]

b. Riset,karakter,konsep,naskah,camera
[Jawaban Salah]

c. Konsep,riset,desain,naskah,storyboard
[Jawaban Benar]

d. Karakter,desain,konsep,camera
[Jawaban Salah]

e. Desain dan konsep
[Jawaban Salah]



39. Hal apa yang tidak dapat di pisahkan setelah hasil akhir dari Storyboard?

a. Frame
[Jawaban Salah]

b. Action pose
[Jawaban Salah]

c. Action Line
[Jawaban Salah]

d. Dialog dan Timing
[Jawaban Benar]

e. Ryboard
[Jawaban Salah]



40. Apa yang dimaksud resolusi gambar ?

a. Jumlah pixel per centimeter
[Jawaban Benar]

b. Jumlah pixel per meter
[Jawaban Salah]

c. Jumlah pixel per milimeter
[Jawaban Salah]

d. Jumlah pixel per inch
[Jawaban Salah]

e. Jumlah pixel per monitor
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal 3 DIMENSI | COMPUTERS Terlengkap dengan Kunci Jawaban, Semangat Belajar Sob

Kelas 10 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.